Tanda-tanda & Jenis Batu Kalimaya Asli

1059
Advertisement

Batu Kalimaya Asli memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda dengan batu kalimaya buatan. Kalimaya buatan disebut juga dengan nama dublet yang memiliki warna mencolok.

Mengetahui batu kalimaya asli sangat penting untuk diketahui bagi pencinta Batu akik agar tidak tertipu oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Batu kalimaya merupakan batu akik yang terdapat dan berasal dari daerah Banten. Batu kalimaya ini sendiri banyak beredar di sejumlah negara, termasuk negara Australia dan Indonesia. Meskipun batu kalimaya dari Indonesia sendiri tak sebagus batu kalimaya atau black opal dari Australia, batu kalimaya dari Indonesia dipercaya termasuk batu kalimaya berkualitas dan banyak diincar kolektor dari mancanegara khususnya. Yang membedakan batu akik kalimaya yang ada di Australia ini terdapat pada kadar karatnya yang tergolong lebih bagus.

Advertisement

Batu kalimaya asli dari Indonesia sendiri merupakan golongan batu yang masih mudah sehingga masih belum waktunya diolah menjadi batu permata. Pasalnya untuk dapat diolah menjadi batu permata layaknya permata di Australia, batu kalimaya ini membutuhkan waktu terpendam hingga ratusan tahun lamanya. Jarang sekali batu kalimaya dari Indonesia mempunyai kadar karat tinggi, walaupun ada tentunya cukup langka dan harganya pun dibanderol dengan cukup fantastis. Walaupun begitu, batu cincin kalimaya asli Indonesia tetap memiliki kualitas yang patut diperhitungkan di kancah internasional.

Batu kalimaya asli sendiri memiliki sifat dan karakteristiknya yang begitu khas seperti beberapa sifat dan karakter berikut ini:

  1. Batu kalimaya yang berasal dari Indonesia asli ini memiliki ketahanan terhadap api yang begitu kuat. Bahkan jika batu ini dibakar, maka batu kalimaya akan cepat dingin dengan sendirinya.
  2. Ciri batu kalimaya asli berikutnya adalah tahan terhadap kotoran, seperti bahan kimia pada cat ataupun pada minyak. Anda bisa membuktikan keasliannya dengan menempelkan cat pada batu tersebut lalu usap. Jika batu tersebut tidak berbekas, maka batu kalimaya ini tergolong asli. Namun, apabila sebaliknya maka batu kalimaya ini tergolong palsu.
  3. Batu kalimaya asli juga memiliki serat yang begitu nampak. Berbeda halnya jika kita menjumpai kalimaya yang palsu yang tidak mempunyai serat sama sekali.
  4. Batu kalimaya memiliki bobot yang begitu berat jika dibandingkan batu kalimaya palsu.

Batu kalimaya asli sendiri dibanderol dengan kisaran harga yang bervariasi, sesuai dengan kualitas maupun ukuran batu tersebut. Batu ini dibanderol mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika Anda termasuk salah satu orang yang memburu batu kalimaya, jangan sampai tertukar dengan batu yang dinamakan Dablet ataupun Dublet. Hal ini dikarenakan jenis bebatuan ini termasuk batu sintetis, dengan kondisi fisik yang sama dengan jenis batu kalimaya. Adapun ciri yang membedakannya adalah warna dasar yang menyelimutinya, warna dasar Dublet ini lebih gelap jika dibandingkan warna kalimaya asli. Dublet sendiri memiliki warna yang begitu mencolok berbeda dengan warna aslinya.

Warna batu kalimaya palsu ini terlihat seperti efek warna buatan. Untuk mendapatkannya, Anda tak perlu susah-susah mencarinya. Karena batu kalimaya yang palsu ini mudah dijumpai dimanapun. Sebagai jenis batu akik, batu kalimaya atau opal ini memiliki khasiat yang umum bagi para pecintanya. Opal pasalnya memiliki tingkat posibilitas tinggi yang bisa membantu pemiliknya mempunyai kapasitas dalam berbagi rasa cinta serta bisa meningkatkan kestabilan psikis seseorang. Bahkan, orang Arab sendiri percaya bahwa batu opal ini jatuh di atas langit ketika timbul petir. Di zaman dulu, batu opal ini memiliki lambang kepercayaan diri serta lambang kejujuran. Ya, demikianlah karakteristik dan khasiat batu kalimaya asli untuk Anda. Jenis Batu Kalimaya, Baca dihalaman selanjutnya.

Lihat Juga : Macam Macam Batu Akik Populer di Indonesia

Batu akik kalimaya termasuk batu dari hasil fermentasi, sehingga terciptalah batu yang memesona. Dengan keindahannya ini, banyak kolektor yang kian mengincar batu akik jenis ini. Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam jenis batu akik kalimaya yang perlu Anda ketahui sebagai berikut ini:

1. Batu kalimaya kristal

Batu kalimaya kristal termasuk salah satu batu akik yang sangat populer sekarang ini. Seperti namanya, batu akik jenis ini mempunyai bahan seperti kristal. Dimana dalam batu akik terdapat serat yang berwarna-warni dengan warna dasar bening. Dengan keunikan batu akik kalimaya kristal ini, banyak kolektor yang memburu batu akik ini. Tak hanya keindahannya saja, batu akik ini juga digemari karena khasiatnya yang begitu luar biasa. Wajar jika batu akik yang satu ini dibanderol dengan harga fantastis.

2. Batu kalimaya teh

Batu kalimaya teh termasuk jenis batu kalimaya yang memiliki ciri khas berwarna dasar teh. Selain itu, kalimaya teh juga berwarna bening agak kecoklatan. Warnanya ini sama dengan warna saat teh di seduh. Selain itu, batu kalimaya teh juga memiliki bentuk yang sama seperti kristal.

3. Batu kalimaya air kelapa

Nah, batu jenis ini termasuk salah satu jenis batu kalimaya yang terbilang unik karena warnanya hampir sama dengan warna air kelapa yang bening dan putih. Batu ini mempunyai karakter dan sifat yang mirip dengan batu kalimaya kristal. Hanya saja perbedaannya terletak ada warna dasarnya yang sebagian besar tertutupi warna putih.

4. Batu kalimaya Black Opal

Anda pasti sudah sangat familiar dengan nama Black Opal, karena batu ini termasuk jenis batu akik kalimaya yang sangat memukau. Batu ini memiliki tekstur bahan dan warna memesona. Batu kalimaya Black Opal memiliki ciri khas warna yang bening agak kegelapan. Batu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan perhiasan yang menawan.

5. Batu kalimaya susu

Batu kalimaya susu adalah sejenis batu kalimaya yang memiliki warna dasar, seperti putih susu. Seperti batu kalimaya lainnya, yang memiliki ciri khas bermacam-macam warna di dalamnya apabila terkena pancaran sinar. Dibandingkan batu kalimaya air kelapa, kalimaya susu memiliki warna cahaya yang lebih terang.

Baca Juga : Cara Mengkilapkan Batu Akik

Nah, itulah jenis-jenis dari batu akik kalimaya beserta karakteristik dan ciri khasnya tersendiri.

Advertisement