Inilah Kucing Terbesar Di Dunia

1080
Advertisement

Kucing Terbesar Di Dunia sebenarnya terbagi menjadi dua, kucing rumahan atau domestik dan kucing besar yaitu keluarga Harimau dan sejenisnya. Kucing Terbesar dari keduanya ada di artikel ini.

Saat mendengar tentang Kucing Terbesar di Dunia yang di pikiran Anda apakah jenis kucing rumahan yang biasa kita rawat itu atau yang lain? Barangkali pandangan orang-orang yang menganggap bahwa kucing adalah hewan peliharaan imut yang popularitasnya bersaing dengan anjing itu masih banyak. Namun sebenarnya pandangan tersebut keliru. Kucing yang sering terbayang tersebut adalah kucing rumah atau kucing domestik. Nama latinnya adalah Felis silvestris catus atau Felis catus. Spesies tersebut adalah mamalia karnivora yang sudah dijinakkan, sehingga cocok dipelihara manusia. Namun sebenarnya mamalia yang masuk keluarga kucing terutama kucing besar juga banyak.

Advertisement

Dalam artikel tentang kucing terbesar ini kami akan mengulas keduanya, baik Kucing Peliharaan Terbesar Di Dunia maupun jenis keluarga kucing besar yang umumnya dikenal manusia sebagai binatang ganas baik yang hidup di alam liar maupun beberapa bisa dilihat di kebun binatang. Kucing domestik memang sudah biasa dipelihara, namun bagaimana dengan jenis kucing besar? Ternyata beberapa orang ada yang berhasil memeliharanya layaknya kucing rumahan biasa, yaitu di taman safari. Tentu dengan pengawasan dan teknik pemeliharaan yang berbeda pula demi keamanan si pengelola dan pengunjung.

Kucing Rumahan Terbesar

Perkenalkan Inilah Kucing Terbesar Di Dunia, Ludo. Ludo adalah jenis kucing rumahan yang dianggap terbesar di dunia oleh pemiliknya. Di usianya yang baru 7 bulan, kucing ini sudah memiliki bobot hingga 11 kg. dan tentu saja bobotnya akan naik seiring ia bertambah tua. Bisa dibayangkan ukuran tubuhnya, bukan? Yang jelas ukurannya adalah 3 kali lipat ukuran kucing rumahan biasa. Setelah sempat melakukan riset di internet, si pemilik yang bertempat tinggal di Inggris merasa yakin bahwa Ludo adalah kucing rumahan terbesar di dunia.Ludo termasuk jenis kucing dari ras Maine Coon yang memang dikenal sebagai ras kucing bertubuh besar melebihi ukuran kucing rumahan jenis lain seperti kucing ras Persia, dan lain sebagainya.

Ludo

Barangkali Ludo memang kucing istimewa yang bisa memiliki tubuh luar biasa besar karena mengalami gigantisme (pembesaran tubuh secara tak normal). Sebab diantara kucing jenis Maine Coon yang lain yang dimiliki oleh Kelsey Gill, si pemilik, Ludo yang paling besar, padahal Lodo lahirnya belakangan. Diantara 2 kucing lain, Ludo masih yang terbesar bahkan saat kedua kucing lain berumur 4 tahun Ludo-lah yang menyusui mereka. Menurut Kelsey, Ludo menyalip kedua kucing lain saat usianya mencapai 5 bulan, baik dari segi ukuran tubuh maupun bobotnya. Saat ini Kelsey masih setia mengasuh Ludo di rumah mereka di daerah West Yorkshire, Inggris.

Kucing “Besar” Terbesar

Panthera Leo

Kucing jenis lain yaitu jenis kucing besar tentu dari segi berat maupun ukuran akan lebih besar daripada kucing domestik. Rata-rata mereka tinggal di daerah liar atau ditaruh di kebun binatang. Untuk yang terbesar dan paling terkenal adalah inilah si Harimau atau Pantera tigris. Panjang tubuh kucing besar ini bisa mencapai 2,3-2,75 meter untuk yang betina, sedangkan yang dewasa bisa mencapai 2,6-3,3 meter. Luar biasa besar. Kucing terbesar setelahnya adalah yang biasa disebut dengan julukan Si Raja Hutan. Ia adalah Singa atau Panthera Leo. Singa jantan bisa mudah dikenali dengan rambut lebatnya, sedangkan singa betina tak memiliki rambut.

Spesies kucing terbesar selanjutnya masih kucing besar bertutul. Ia adalah Jaguar alias Panthera Onca yang yang memiliki panjang badan antara 1,6 hingga 1,8 meter. Selanjutnya ada Macan tutul atau leopard (Panthera Pardus) dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 2 meter. Termasuk jenis harimau yang ahli memanjat pohon, sehingga dijuluki Harimau Dahan. Lalu ada jenis kucing tercepat di dunia yang bisa melaju hingga 110 km/jam, yaitu Cheetah atau Acinonyx Jubatus. Jenis selnjutnya terbilang eksotis karena berhabitat di daerah brsalju, yaitu Macan Tutul Salju Uncia uncial dengan panjang tubuh mencapai 1,3 meter dan ekornya bisa mencapai 1 meter.

Jaguar alias Panthera Onca

Baca Juga : Merk Sepatu Termahal Di Dunia Yang Berkualitas

Kucing-kucing besar lain ada Kucing Emas (Catopuma Temmincki), Puma, Macan Dahan, dan Kucing Batu. Dan diantara kucing-kucing besar tersebut, ada kucing besar yang didaulat sebagai kucing terbesar di dunia oleh buku rekor Guinnes. Namanya Hercules. Hercules Kucing Terbesar Di Dunia ini bobotnya mencapai 418 kg dan memiliki panjang tubuh 332 cm serta tinggi bahunya 124 cm. Jenisnya Liger atau kucing besar peranakan singa dan saat ini menghuni Taman Safari Myrtle Beach di California Selatan. Benar-benar rekor Kucing Terbesar di Dunia yang pernah ada sampai sekarang.

Advertisement