Kumpulan Nama Bayi Arab Perempuan dan Laki-Laki

910
Advertisement

Kumpulan Nama Bayi Arab untuk laki-laki dan perempuan banyak pilihannya dengan makna yang bagus. Perhatikan artinya juga ketika memberi nama anak perempuan ataupun lelaki.

Nama adalah identitas pertama yang disebutkan ketika orang memperkenalkan diri. Sebuah nama bukan hal yang sepele karena dalam sebuah nama juga terkandung sebuah doa yang dipanjatkan kepada bayi atau anak yang baru lahir. Nama bayi Arab atau nama yang diambil dari bahasa Arab kerap kali menjadi pilihan Muslim Indonesia untuk memberikan nama pada anaknya. Orang tua yang memberi nama pada anaknya tentu ingin memberikan nama yang indah dan bermakna baik. Untuk Anda yang berniat memberikan bayi Anda dengan nama dari bahasa Arab, sangat tepat Anda berada pada halaman kami. Di sini kami akan memberikan beberapa inspirasi nama untuk para bayi atau calon bayi dalam bahasa Arab beserta artinya pula.

Kumpulan Nama Bayi Arab Laki-Laki

Advertisement

Nama bayi Arab untuk laki-laki sangat beragam banyaknya, ada puluhan bahkan ratusan sampai juga ribuan. Berbagai nama ini mempunyai makna yang indah dan doa yang bagus untuk seorang anak. Berikut beberapa inspirasi nama untuk bayi dari bahasa Arab:

1. Abduh Ariqin Syaraf

Rangkaian nama Bayi ini terdiri dari tiga kata yaitu Abduh, Ariqin, dan Syaraf. Jika diartikan satu persatu Abduh mempunyai arti hamba Allah, Ariqin mempunyai arti akhlak baik atau mulia, sedangkan Syaraf mempunyai arti kemuliaan. Arti secara keseluruhan dari nama Abduh Ariqin Syaraf adalah hampa Allah yang berakhlak mulia dan mempunyai kemuliaan. Di harapkan dengan nama bayi Arab ini bisa menjadi anak yang berakhlak baik dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat.

2. Abdiel Nailun Gilbert

Nama ini bukan hanya dengan menggunakan bahasa Arab saja tapi juga perpaduan dengan bahasa Inggris. Dua kata yang menggunakan bahasa Arab yaitu Abdiel dan Nailun, sedangkan Gilbert dari bahasa Inggris. Jika diartikan mempunyai makna yang cukup bagus yaitu hamba Allah yang mendapatkan kepercayaan. Abdiel berarti hamba Allah Nailun berarti mempunyai, dan Gilbert berarti terpercaya atau kepercayaan. Nama bayi Arab ini cukup modern dan terdengar keren, artinya pun juga bagus.

3. Abid Aqila Abqari

Abid mempunyai arti ahli ibadah, Aqila mempunyai arti akal atau yang berakal, sedangkan Abqari mempunyai arti genius atau cerdas. Jika arti nama ini dirangkai mempunyai makna yang sangat bagus yaitu laki-laki yang ahli ibadah dan mempunyai akal yang cerdas. Anak laki-laki yang diberikan nama ini diharapkan bisa menjadi anak laki-laki yang ahli ibadah dan mempunyai akal yang cerdas sehingga bisa membanggakan kedua orang tuanya dan keluarganya.

4. Abyan Zahidin Ar Rafif

Nama bayi Arab ini terdiri dari tiga kata yang mempunyai makna yang cukup dalam yaitu Abyan bermakna menjelaskan dengan jelas, Zahidin mempunyai arti orang yang rendah hati dan Ar Rafif artinya berakhlak mulia. Jadi, jika digabung secara keseluruhan makna nama ini adalah laki-laki yang bisa menjelaskan dengan jelas dan rendah hati serta mempunyai akhlak yang mulia. Namanya memang cukup panjang tapi mempunyai makna yang sangat bagus.

5. Adelard Alim Wasim

Adelard bukan dari bahasa Arab melainkan dari bahasa Jerman yang mempunyai arti laki-laki yang gagah berani, sedangkan Alim dan Wasim dari bahasa Arab yang mempunyai makna berilmu dan tampan. Penggabungan dua nama ini sangat indah dan bermakna bagus. Jika digabungkan nama ini mempunyai arti laki-laki yang gagah berani, berilmu dan tampan. Dilihat dari gabungan nama bayi Arab dan Jerman ini sangat sempurna karena diharapkan anak akan menjadi lelaki yang gagah, berilmu, dan tampan.

Kumpulan Nama Bayi Arab Perempuan

Untuk nama bayi Arab berjenis kelamin perempuan tentu saja sangat berbeda dengan nama bayi anak laki-laki dengan berbahasa Arab. Agar lebih jelas, berikut inspirasi nama bayi perempuan yang menggunakan bahasa Arab:

1. Abidah Rahmah

Dalam bahasa Arab Abidah dan Abid mempunyai arti yang sama yaitu ahli ibadah atau tekun beribadah. Abid digunakan untuk nama anak laki-laki dan Abidah untuk nama anak perempuan. Sedangkan Rahmah mempunyai arti penuh dengan kasih sayang. Jika diartikan nama Abidah Rahmah bermakna anak perempuan yang rajin beribadah dan penuh dengan kasih sayang. Diharapkan anak ini akan tumbuh menjadi muslimah yang ahli ibadah dan lemah lembut penuh dengan kasih sayang.

2. Adiba Afsheen Atmarini

Nama bayi Arab anak perempuan ini terdengar tidak seperti bahasa Arab, padahal semuanya berasal dari bahasa Arab. Adiba berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti berpengetahuan atau beradab, Afsheen bermakna yang bersinar layaknya bintang yang ada di langit, sedangkan Atmarini dari bahasa Arab yang ketajaman hidup. Jadi, jika digabungkan arti nama dari Adiba Afsheen Atmarini adalah anak perempuan yang mempunyai pengetahuan yang bersinar layaknya bintang dan mempunyai ketajaman hidup.

3. Syakila Myesha Abqariyah

Nama bayi Islami ini sangat jarang digunakan dan terdengar sangat bagus. Arti dari nama ini juga sangat bagus. Syakila mempunyai arti perempuan dengan wajah yang cantik, Myesha sendiri mempunyai makna lincah dan bersemangat, sedangkan Abqariyh mempunyai makna cerdas. Jadi jika diartikan Syakila Myesha Abqariyah berarti anak perempuan yang cantik, bersemangat, dan cerdas. Panggilan untuk nama anak perempuan ini juga banyak pilihannya, bisa dipanggil Syakia, Myesha ataupun panggilan lainnya yang senada dengan nama ini.

4. Adila Saidah Nisa

Banyak yang mengira nama Adila untuk laki-laki sebenarnya nama ini adalah nama anak perempuan dalam bahasa Arab. Adila mempunyai makna adil atau tepat atau pantas, Saidah mempunyai makna kebahagiaan, sedangkan Nisa artinya Perempuan. Jadi, secara keseluruhan nama ini mempunyai arti wanita yang adil dan mempunyai kebahagiaan. Diharapkan anak yang diberikan nama ini menjadi wanita yang adil dan selalu bahagia.

5. Ardani Ufairah Asilah

Nama bayi Arab ini terdiri dari tiga kata yang mempunyai makna sangat dalam dan doa yang baik untuk anak perempuan. Arti secara keseluruhan dari nama ini adalah wanita yang suci mempunyai keberanian dan mempunyai budi pekerti yang halus. Ardani bermakna suci, Ufairah berarti berani, dan Asilah budi pekerti halus. Dengan nama ini anak diharapkan bisa berkembang menjadi perempuan yang pemberani dan suci tapi tetap mempunyai budi pekerti yang halus.

Nama-nama ini tidak diambil dari bahasa Arab asli saja tapi sebagian besar nama ini juga diambil dari Al Qur’an. Memberikan nama pada anak memang tidak boleh sembarangan karena nama adalah identitas utama dari orang tersebut. Orang pertama kali akan dinilai dari namanya jika orang tersebut belum pernah bertemu. Selain itu, nama juga sebuah doa pertama yang dipanjatkan orang tua untuk anaknya. Dalam sebuah nama tentu saja terdapat makna tersendiri yang memang sengaja diberikan kepada orang tua untuk anaknya. Banyaknya pilihan nama bayi Arab baik untuk perempuan maupun laki-laki bisa menjadi inspirasi Anda para orang tua yang ingin memberikan nama pada anaknya dengan nama yang indah dan bermakna indah pula.

Advertisement