Lawang Sewu Semarang, Wisata Unik Tiket Murah

448
Advertisement

Lawang Sewu Semarang, Keindahan Arsitektural Bangunan yang Unik. Mendengar nama kota Semarang tentu yang terlintas ditelinga kita adalah sebuah bangunan tua yang memiliki banyak pintu atau yang sering disebut dengan Lawang Sewu. Lawang Sewu adalah sebuah bangunan yang dibuat pada jaman penjajahan belanda dan dulunya tempat ini merupakan kantor pusat perusahaan kereta api (trem). Bangunan ini berdiri pada tahun 1904 dengan arsitektur karya Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag.

Menurut cerita penduduk sekitar, lawang sewu ini merupakan tempat yang angker dan seringkali penduduk sekitar menjumpai kejanggalan pada tempat tersebut. namun meskipun demikian tetapi tempat ini seringkali digunakan untuk berfoto-foto terutama bagi para pengunjung yang datang dari kota lain. Jika anda melihat secara kasat mata mungkin terlihat seperti jendela, tetapi jika anda mendekatinya dan membuka secara langsung anda baru akan tahu bahwa itu adalah sebuah pintu.

Advertisement

Pintu ini dulunya digunakan sebagai tempat keluar masuk siapa saja yang ada ditempat tersebut dan meskipun bangunan tersebut terbilang bangunan tua tetapi masih sangat kokoh. Selain sebagai pusat perusahaan kereta api, bangunan tua ini juga merupakan saksi bisu dari pertempuran lima hari di semarang dan juga merupakan lokasi dimana terjadinya pertempuran antara angkatan muda kereta api melawan kidobutai dan kempetai jepang.

Pada masa itu seluruh masyarakat lokal diungsikan dibangunan tersebut untuk menghindari banyaknya korban yang tewas. Karena bangunan tersebut memiliki banyak pintu sehingga banyak nyawa yang tersematkan karena dapat dengan mudah warga memasukinya. Ada banyak hal menari yang dapat kita jumpai dari bangunan ini. Untuk dapat masuk ketempat ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah.

Tentu saja jika anda masuk, maka anda akan temani oleh seorang pemandu yang mengantar anda untuk berkeliling keseluruh bagian tempat dan menjelaskan tentang sejarah dari tempat tersebut. Bangunan ini memiliki tiga lantai dan dua buah tangga besar, pada saat menaiki tangga tersebut anda dapat melihat dinding-dinding kaca yang indah dan warna-warni.

Namun sayangnya ketika anda berada didalam bangunan ini anda akan merasa sedikit pengan karena kurangnya pencahayaan sehingga tempat ini memiliki kesan mistis dan mencekap karena hal tersebut.

Pilihan Editor : Wisata Air Terjun Madakaripura Di Jawa Timur

Akses menuju ke Tempat Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang sewu terletak dipusat kota sehingga anda dapat dengan mudah datang ketempat ini. Namun bagi anda yang datang dari luar kota semarang tentu akan sedikit kebingungan, untuk itu kami akan memberikan penjelasan tentang rute perjalanan menuju tempat tersebut. Anda dapat menggunakan berbagai pilihan alat transportasi seperti kendaraan pribadi, bus atau kerta api. Bahkan jika anda berasal dari luar pulau anda bisa menggunakan jalur udara untuk sampai ketempat ini.

Advertisement