Macam Macam Batu Akik Populer

2534
Advertisement

Macam Macam Batu Akik Populer di Indonesia yaitu batu bacan, kalimaya, dan juga sungai dareh. Setiap macam batu tersebut memiliki keunikan dan keindahan masing-masing.

Di Indonesia telah beberapa tahun terakhir ini memang sedang sangat ngehits batu akik. Mulai dari berbagai macam batu akik banyak orang yang mencarinya. Mulai dari batu akik di ujung Aceh sampai ke daerah timur Nusantara. Bagi para pecinta batu akik, Indonesia merupakan surganya batu akik dengan berbagai keragaman dan keunikan di setiap daerahnya. Bahkan para kolektor batu dari dalam negeri ataupun dari luar negeri berburu batu akik dari Indonesia yang sangat populer ini. Kita memang harus bangga dan bersyukur telah dilahirkan dan tinggal di negara yang sangat kaya keragaman alam dan sumber dayanya.

Advertisement

Dengan kekayaan macam Batu akik Indonesia tentunya ada beberapa macam akik yang menjadi favorit para kolektor. Batu akik dengan berbagai macam yang menjadi favorit kebanyakan orang tentunya memiliki harga yang cukup mahal. Masalah harga tentunya akan disesuaikan dengan keindahan batu dan susah atau tidaknya mendapatkan batu tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai beberapa jenis batu akik favorit untuk memenuhi rasa ingin tahu Anda. Mari kita simak beberapa contoh batunya beserta penjelasannya agar rasa penasaran Anda terobati.

1. Batu Akik Bacan

Macam batu akik yang pertama yang banyak diminati dan sangat populer di Indonesia yaitu batu akik bacan hijau. Dari jenis batu tersebut yang paling populer yaitu bacan doko dan bacan palamea. Batu bacan hijau berasal dari Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan, daerah Maluku Utara. Batu ini banyak dicari oleh kolektor akik dari dalam negeri ataupun dari mancanegara sekalipun. Hal yang membedakan batu ini dengan batu akik jenis lainnya yaitu kelebihannya yang dapat bermetamorfosa secara alami dengan memancarkan keindahan. Semakin lama atau tua batu ini dikenakan maka akan semakin bagus warnanya.

Batu Akik Bacan

2. Batu Akik Kalimaya

Ragam batu akik yang selanjutnya yaitu batu akik Kalimaya. Batu ini banyak dicari oleh para kolektor karena keindahan batunya yang dapat memancarkan warna seperti berlian. Batu Kalimaya masuk dalam daftar incaran nomor satu oleh para kolektor. Di luar negeri, batu ini sering disebut sebagai batu opal. Di Indonesia Anda dapat menemukan batu jenis Kalimaya di daerah Banten dan juga Kalimantan. Batu Kalimaya yang berasal dari Banten biasanya berwarna hitam dan yang berasal dari Kalimantan berwarna putih ataupun bening. Macam Macam batu akik jenis Kalimaya ini di luar negeri dapat Anda jumpai di daerah India, Meksiko, Australia, dan Mesir.

Batu Akik Kalimaya

3. Batu Akik Sungai Dareh

Batu Sungai Dareh merupakan batu akik yang juga menjadi favorit kebanyakan kolektor batu akik. Jenis batu ini berasal dari Sumatera Barat. Variasi warna batu akik ini yang paling populer yaitu warna hijau pupus daun pisang. Batu ini menjadi salah satu Batu akik yang sangat populer setelah mantan Presiden SBY menghadiahkan batu ini kepada Barrack Obama. Hal inilah yang kemudian menjadikan harga dari macam batu akik Sungai Dareh memiliki harga yang cukup mahal. Batu jenis ini memang banyak dipakai oleh beberapa kepala negara dari berbagai negara. Warna hijau pupus yang dimilikinya mampu memberikan kesan tenang dan damai.

Batu Akik Sungai Dareh

Baca Juga : Cara Mengkilapkan Batu Akik

Dari ketiga Macam batu akik yang telah dijelaskan diatas, tentunya dapat menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam benak Anda bukan? Harga-harga batu akik tersebut tentunya memiliki harga yang mahal. Harganya mulai dari jutaan hingga ratusan juta tergantung keindahan dan keunikan dari setiap jenis batu akiknya. Batu bacan memang menjadi batu akik yang saat ini sangat populer dan menjadi incaran banyak orang. Lalu bagaimana dengan Anda? Batu akik jenis apa yang menjadi batu akik favorit Anda? Mintalah jaminan keaslian ketika Anda membeli batu akik favorit Anda.

Advertisement