Malioboro, Objek Wisata Paling Populer di Yogyakarta

392
Advertisement

Jogja merupakan salah satu kota yang banyak dilirik oleh banyak wisatawan, kekayaan budaya dan seninya menjadikan jogja selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Faktor lain yang menjadikan Jogja banyak diminati oleh wisatawan yakni Jogja bisa dikatakan kota yang serba lengkap. Hampir semua kategori wisata ada di jogja, dari wisata sejarah, kebudayaan, alam, relegi dan masih banyak yang lainnya. Dari beberapa tempat wisata yang ditawarkan oleh Jogja, tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja yaitu Malioboro.

Bagi anda yang ingin tahu sebenarnya apa seh malioboro itu.? Malioboro merupakan Jalan sepanjang 2,5 km yang membentang dari Tugu Yogyakarta sampai ke Kantor Pos Yogyakarta, jalan malioboro tidak pernah sepi oleh pengunjung. Hampir setiap hari tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan, apalagi menjelang malam tempat ini selalu dipenuhi orang orang yang ingin menikmati keramahan kota Jogja.

Advertisement

Malioboro sering berada dekat sekali dengan keraton dan disebut sebagai salah satu titik garis imajiner yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Konon ceritanya, dahulu tempat ini hanya hanyalah jalan sepi dengan banyak pohon asam di tepinya. Pada zaman kerjaan, jalan ini biasa dgunakan untuk warga yang ingin ke keraton, Benteng Vredeburg ataupun ke Pasar Beringhardjo.

Penamaan Malioboro pun memiliki dua versi, versi yang pertama menyebutkan bahwa nama ini diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti‘karangan bunga’, sebab disepanjang jalan dahulu dipenuhi oleh karangan bunga setiap kali keraton menggelar acara atau hajatan. Jika versi kedua mengatakan bahwa nama jalan diambil dari seorang bangsawan Inggris ” Marlborough” yang tinggal di Yogyakarta.

Entah versi mana yang benar, yang jelas jalan paling populer di Yogyakarta ini selalu berhasil menarik perhatian wisatawan yang datang ke kota ini. Jika di Bandung terdapat ciibaduyut dan paris van java, Jalan malioboro bisa dikatakansemacam pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Jika anda jalan jalan di jalan ini, anda akan mendapati beragam suvenir khas mulai dari kaos, kerajinan tangan, blangkon dan masiih banyak yang lainnya.

Dan bagi anda merasa pecinta kuliner, di jalan ini terdapat deretan pedagang kaki lima yang menawarkam sajian sederhana namun nikmat. Bila anda kesini jangan lupa asi gudeg yang sudah menjadi kuliner wajib coba di Yogyakarta, sedangkan untuk minumannya sendiri banyak minuman khas Jogja yang bisa anda nikmati seperti es dawet yang menawarkan rasa legit gula merah dipadu kental dan gurihnya santan kelapa.Namun jika anda ingin berkeliling disekitaran malioboro tanpa jalan kaki, anda bisa menyewa becak atau delman yang banyak berderet di sepanjang jalan malioboro.

Advertisement