6 Mata Uang Tertinggi di Dunia Saat Ini

Mata Uang Tertinggi di Dunia dimiliki oleh negara-negara yang memiliki kestabilan ekonomi. Tingginya nilai mata uang tersebut terjadi karena banyak hal salah satunya inflasi.

Kemajuan suatu negara Saat Ini sangat berkaitan erat dengan kondisi ekonomi negara tersebut. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari pendapatan per kapita penduduk suatu negara serta nilai mata uang negara tersebut dibandingkan mata uang negara lain. Mata uang menjadi alat tukar yang mempermudah suatu transaksi keuangan. Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda. Jika kita lihat di Indonesia, kita dapat melihat beberapa tempat penukaran uang atau money charger. Hal ini sangat bermanfaat bagi turis asing yang masuk ke Indonesia dan ingin menukarkan mata uang negara mereka menjadi mata uang Indonesia, yaitu rupiah.

Seperti halnya di Indonesia dan Turki Saat Ini masuk sebagai Negara Paling Aman, negara-negara lain pun juga menyediakan tempat penukaran uang bagi turis asing yang memasuki negaranya. Dengan adanya perbedaan mata uang di setiap negara, maka akan timbul perbedaan nilai tukar tiap mata uang tersebut. Saat ini dapat kita ketahui mata uang tertinggi di dunia dan mata uang terendah di dunia. Apa yang menyebabkan perbedaan nilai tukar tersebut?

Hal pertama yang menyebabkan perbedaan nilai tukar mata uang Saat Ini adalah tingkat inflasi. Apa itu inflasi? Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang-barang di suatu negara meningkat dalam kurun waktu tertentu. Sehingga, hal ini menyebabkan nilai tukar mata uang negara tersebut semakin menurun. Penurunan nilai tukar mata uang yang terjadi di dalam suatu negara akan mempengaruhi nilainya dibandingkan mata uang negara lain. Kedua adalah suku bunga. Suku bunga sangat berpengaruh terhadap nilai mata uang. Semakin tinggi suku bunga, maka nilai tukar mata uang negara tersebut juga akan lebih tinggi, dan sebaliknya.

Ketiga adalah tingkat perdagangan. Dalam hal ini semakin tinggi nilai ekspor suatu negara, maka nilai mata uang negara tersebut juga akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika nilai impor lebih tinggi, maka nilai mata uang akan semakin menurun. Keempat adalah tingkat hutang. Suatu negara pasti akan memerlukan uang untuk melakukan pembiayaan atas pembangunan serta agenda yang dilakukan. Hutang public merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan tambahan pembiayaan tersebut. Namun demikian, semakin tinggi hutang yang dimiliki oleh suatu negara akan semakin memperburuk nilai tukar mata uang mereka. Kelima adalah kondisi ekonomi dan politik yang stabil. Kondisi ini akan menarik investor untuk menginvestasikan dananya di negara tertentu. Hal ini akan menjadi suatu titik cerah untuk menstabilkan ekonomi suatu negara dan menstabilkan nilai mata uangnya sehingga akan memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia.

Melihat beberapa hal yang menyebabkan tingginya nilai mata uang suatu negara Saat Ini diatas, apakah Anda dapat memprediksi negara yang memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia? Tentu prediksi tersebut harus berdasarkan pemikiran yang sungguh-sungguh. Negara yang memiliki nilai mata uang yang tinggi pasti adalah suatu negara yang maju. Negara tersebut memiliki tingkat ekonomi yang sangat baik serta kesejahteraan masyarakat yang merata.

Berikut ini adalah 6 Negara Pemilik Mata Uang Tertinggi di Dunia Saat Ini.

1. Dinar Kuwait

Nilai mata uang tertinggi yang pertama adalah Dinar Kuwait. Kuwait adalah sebuah negara yang sangat kaya yang terletak di Timur Tengah. Mengapa negara ini kaya? Yeah, Kuwait adalah negara penghasil minyak yang sangat maju. Jadi tidak mengherankan jika nilai mata uangnya membumbung tinggi di atas dolar. Dinar Kuwait biasanya disingkat KWD. 1 dinar Kuwait senilai 3,32 USD. Fantastis bukan? Kuwait adalah salah negara berbentuk monarki yang dipimpin oleh seorang emir.

2. Dinar Bahrain 

Menuju ke posisi kedua mata uang dengan nilai tertinggi di dunia ialah dinar Bahrain. Masih hampir sama dengan yang berada di posisi pertama, yaitu uang dinar. Hanya saja kali ini berasal dari negara Bahrain. Negara yang satu ini tidak terlalu terekspos oleh media. Dapat kita lihat bahwa negara ini jarang sekali muncul di berita International. Hal ini membuktikan bahwa negara ini aman dan tentram. Negara Bahrain adalah negara kecil yang merupakan sebuah pulau kecil di Teluk Persia. Negara ini memiliki mata uang yang nilainya cukup tinggi, yaitu dinar Bahrain. Hal ini karena walaupun negara ini kecil, Bahrain adalah penghasil minyak yang sangat kaya serta memiliki tingkat ekonomi yang sangat baik. Dinar Bahrain biasa ditulis BHD. 1 BHD senilai 2,64 USD.

3. Rial Oman

Menuju ke posisi ketiga nilai mata uang tertinggi di dunia adalah Rial Oman. Lagi-lagi adalah negara Timur Tengah. Yeah, Oman adalah salah satu negara yang berada di Timur Tengah. Sebagai negara kesultanan, Oman dipimpin oleh seorang Sultan dan dibantu oleh Wakil Perdana Menteri. Oman adalah sebuah negara yang memiliki tingkat ekonomi yang sangat baik. Hal ini karena negara ini menghasilkan minyak dan gas dari proses pertambangan di beberapa wilayah di negara ini. Oman memiliki mata uang bernama Rial Oman atau disingkat OMR. 1 OMR senilai 2,59 USD.

4. Pound Sterling Inggris & Gibraltar PoundInggris

Menuju posisi keempat adalah mata uang dari negara Inggris. Negara ini merupakan sebuah negara monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang monarki. Negara ini bukan merupakan negara penghasil tambang, tapi negara ini adalah negara industri. Proses industri dipusatkan pada industri dalam bidang farmasi dan kimia. Negara ini juga menggunakan sistem pajak yang cukup baik. Selain itu, negara ini memiliki bursa saham yang sangat besar, bahkan paling besar di kawasan Eropa. Dengan demikian, Inggris merupakan negara yang sangat maju dengan pendapatan per kapita yang tinggi. negara ini memiliki mata uang Pound Steling dan Gibraltar Poundatau disingkat GBP. 1 GBP senilai 1,57 USD.

5. Dinar Yordania

Menuju posisi yang kelima nilai mata uang tertinggi di dunia adalah Dinar Yordania. Yordania adalah negara kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Negara ini merupakan salah satu negara yang telah mapan secara ekonomi. Bagaimana tidak? Nilai mata uang di negara ini termasuk salah satu yang paling tinggi di dunia. 1 Dinar Yordania atau ditulis 1 JOD senilai 1,41 USD.

6. Dolar Kepulauan Cayman

Menuju posisi keenam adalah Dolar Kepulauan Cayman. Apakah Anda sering mendengar nama negara ini? Negara ini memang tidak terlalu terekspos oleh media. Meski demikian, negara ini memiliki tingkat ekonomi yang luar biasa. Hal ini karena negara ini mengalami sukses besar dalam hal perbankan internasional dan pariwisata. 1 dolar Kepulauan Cayman atau 1 KYD senilai1,21 USD.

Baca Juga : 12 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Itulah beberapa negara yang memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia. Hal ini secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa negara-negara di atas memiliki tingkat ekonomi yang stabil serta mengalami kemajuan yang pesat. Kemajuan tersebut dapat diperoleh karena adanya dukungan sumber daya alam di negara tersebut serta usaha penduduk di dalamnya untuk memperoleh kemapanan ekonomi.

tags: , , ,