Mendagri: Pembubaran FPI Tidak Mudah Dilakukan

821
Advertisement

Idjoel News – Menteri Dalam Negeri RI, mengaku tidak gampang membubarkan organisasi massa Front Pembela Islam (FPI). Tidak boleh hanya karena Ahok, FPI dibubarkan.

Menurut Kumolo, ada prosedur dan tahapan panjang yang mesti dilewati sebelum organisasi Pimpinan Habib Rizieq Shihab tersebut dibubarkan. Harus diteliti dulu ada apa dengan FPI Lapor Ahok Ke Polda Metro Jaya Terkait Pencemaran Nama Baik

Advertisement

“Tidak gampang. Ada tahapan-tahapannya. Mesti ada peringatan, ada tertulis, ada (peringatan) dari Pihak Mabes Polri, ” kata Kumolo usai mengadakan sosialisasi UU Desa di Gedung Gradika Bhakti Praja, Semarang, Jawa Tengah, Hari selasa (11/11/2014).

Akan tetapi, Kumolo mengaku tidak hafal untuk membubarkan FPI. “Panjang, panjang. Saya tidak hapal, ” ujar Tjahjo menambah. Apalagi Demo FPI terkait sesuatu yang sakral seperti isu Ahok Plt Gubernur DKI Melanggar Konstitusi Terkait Pemotongan Larangan Hewan Kurban

Seperti diketahui khalayak ramai, Plt Gubernur DKI Jakarta, Ahok telah mengirim surat rekomendasi kepada Kementerian Hukum dan juga HAM dan juga Kementerian Dalam Negeri terkait pembubaran FPI.

Ahok menilai FPI layak dibubarkan sebab Ahok menuduh FPI kerap membikin resah masyarakat dan juga berbuat anarkis. Disisi Lain FPI menilai Ahok sebagai Musuh Islam Dalam Selimut. Dalam kasus Berita Ahok Vs FPI, FPI menolak pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta tersebut dilantik men-jadi Gubernur sebab agama yang dianutnya. Menurut FPI Haram Non Muslim Jadi Pemimpin Islam.

Meski demikian, Mendagri menyatakan FPI memang tidak terdaftar di DKI Jakarta. Untuk itu, Ahok tidak mempunyai kewenangan untuk membubarkan FPI. “Yang saya tahu FPI tersebut selaku ormas yang tidak tercatat di DKI, tetapi dengan cara nasional tercatat. Saya kira ada kewenangan Kepolisian, kewenangan Pemda terkait terhadap ormas yang memang tidak tercatat di wilayahnya tetapi dia melaksanakan kegiatan, ” beber Kumolo.

Mendagri menambahkan, hendak mempelajari surat rekomendasi pembubaran FPI yang dilayangkan Ahok. “Soal ributnya dengan FPI mesti kita pelajari dulu, laporan polisi apa, ” tegas Mendagri RI. Jangan-jangan benar kata Lulung yang mendukung FPI Lengserkan Plt Gubernur DKI Akibat Kinerja Buruk.

Advertisement