Misteri Lawang Sewu yang Belum Terpecahkan

839
Advertisement

Misteri Lawang Sewu yang Belum Terpecahkan atau masih belum terkuak hingga tahun ini. Misteri yang tertutup rapat oleh tabir kontroversial itu selalu saja menjadi pertanyaan yang mengemuka di benak masyarakat.

Misteri Lawang Sewu telah dikenal luas sejak zaman kolonial Belanda. Bangunan kuno bercorak khas Leiden Belanda itu kerap membuat bulu kuduk masyarakat sekitar (Semarang) berdiri. Apalagi, para pengunjung yang tak pernah sepi ke Lawang Sewu itu pastilah merasakan atmosfir “lain” dari biasanya. Kemunculan makhluk-makhluk lain dari bangsa jin yang berbentuk menakutkan di Lawang Sewu kerap mengundang tanya para masyarakat: ada apa gerangan Lawang Sewu? Kenapa begitu angker? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertimbun di benak setiap orang tersebut kita perlu mengetahui sejarah didirikannya bangunan yang sejak 1904 telah berdiri kokoh di pusat kota Semarang itu. Artikel ini berusaha untuk menguak tuntas cerita misteri Lawang Sewu dan fenomena-fenomena aneh lain mengenai bangunan “seribu pintu” (Jawa: Lawang Sewu) di jantung Semarang tersebut.

Advertisement

1. Kemunculan Kuntilanak

Seusai misteri Lawang Sewu dunia lain di sebuah stasiun televisi swasta menampilkan penampakan Kuntilanak, masyarakat Indonesia yang menonton acara tersebut gempar. Terlihat jelas sesosok wanita berambut panjang yang mengenakan pakaian putih (mirip daster) di mata kamera. Pengurus Lawang Sewu membenarkan bahwa di ruangan tertentu terdapat makhluk tersebut. Kerap kali para penjaga dikagetkan oleh Kuntilanak yang tiba-tiba muncul tatkala keliling malam di setiap sudut ruangan. Misteri wanita berambut panjang ini menjadi luapan misteri yang belum terpecahkan oleh publik hingga tahun ini. Apakah dia wanita yang telah mati tatkala di zaman Belanda? Ataukan dia sesosok jin yang usil saja menganggu umat manusia? Semua tabir pertanyaan tersebut masih mengambang seperti pada Misteri Gunung Merapi

Kuntilanak Lawang Sewu

2. Aroma Anyir di Sekitar Penjara Lawang Sewu

Perlu diketahui bahwa di bagian tanah gedung Lawang Sewu terdapat penjara yang begitu mencekam. Penjara tersebut begitu mungil karena berukuran 1 meter x 60 cm dan para sipir Belanda dahulu menjejalkan lima sampai enam manusia di dalamnya. Setelah semua dijejalkan, mereka ditutup dengan jeruji besi. Sontak saja mereka lambat laun tewas satu persatu. Bahkan, untuk buang air besar maupun kecil saja tak bisa lantaran saking sempitnya penjara tersebut. Betapa para penghuni jeruji besi itu merintih kesakitan karena kekejaman sipir Belanda. Setelah mereka semua tewas, sipir kemudian mengeksekusi semua mayatnya untuk dibuang di sungai kecil di samping Lawang Sewu. Berangkat dari peristiwa inilah kalau malam menyingsing bau anyir darah memenuhi udara di dalam gedung Lawang Sewu.

Misteri Lawang Sewu Anyir

3. Bayangan Aneh di Lantai tiga

Selain di lantai bawah, di lantai tiga Lawang Sewu kerap ditemukan kemunculan-kemunculan aneh yaitu bayangan hitam pekat. Menurut juru kunci Lawang Sewu, sang penunggu di lantai tiga seringkali menggantung di langit-langit. Juru kunci juga mampu mengundang jin yang bersolek bayangan hitam tersebut pada pengunjung di lantai tiga. Namun demikian, tak semua pengunjung dapat dibuka mata batinnya sehingga ia mampu melihat “dunia lain” di sana. Bayangan aneh tersebut juga kerap mengintip dari lubang-lubang kecil maupun pintu yang berderet apabila dilihat dari luar gedung. Banyak masyarakat sekitar yang melihat bayangan hitam itu mengintip ke luar.

Bayangan Aneh di Lantai tiga Lawang Sewu

4. Teriakan di Sumur Kuno

Di depan halaman gedung Lawang Sewu terdapat sebuah sumur kuno yang tak pernah dibuka. Secara fisik, sumur kuno itu berbentuk tembok yang cukup tinggi yang di dasar tanah dan atapnya tertutup genting merah. Menurut masyarakat sekitar, pada dini hari kerap terdengar suara rintihan maupun teriakan yang bersumber dari dasar sumur. Menurut mitos lokal di sana terkait Misteri dunia yang belum terpecahkan, suara-suara tersebut dikarenakan oleh jin bergentayangan yang menirukan korban kolonial Belanda yang ditusuk menggunakan pedang samurai dan mayatnya di buang ke sumur. Terlepas dari kebenaran ceritera, suara-suara yang bergelegar pada dini hari itu bisa dipercaya. Kalau tak percaya, silakan bertandang ke Lawang Sewu, Semarang.

Sumur Kuno Lawang Sewu

5. Tragedi Kesurupan di Penjara

Masih di bagian penjara bawah tanah Lawang Sewu. Di sana juga kerap terjadi kesurupan secara mendadak oleh para pengunjung yang menyusuri penjara tanpa bersikap sopan. Berbeda dengan penjara yang berukuran sempit untuk empat sampai lima orang tadi, penjara yang dimaksudkan di sini yang kerap terjadi kesurupan adalah penjara jongkok. Penjara ini lebih sadis karena hanya berukuran 1,5 meter persegi dan tingginya 60 sentimeter. Dengan sempitnya penjara jongkok, sipir Belanda waktu ini menjejalkan lima sampai sembilan tahanan di sana. Misteri yang dipercaya masyarakat sekitar ialah arwah gentanyang para penghuni penjara merasuki parapengunjung yang tak menunjukan sikap empati padanya. Percayalah!

Lawang Sewu

Baca Juga : Rumah Termahal Di Dunia yang Mewah

Demikianlah, ulasan mengenai Misteri Lawang Sewu yang Belum Terpecahkan. Kami Sajikan untuk anda semua

Advertisement