Nikah Siri Online dan Hukumnya

Nikah Siri Online dan Hukumnya – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat mengimbau kepada warga masyarakat Jawa Barat supaya tidak melaksanakan nikah siri online lewat Jasa Nikah Siri. Akhir-akhir ini nikah siri online sedang booming di masyarakat Indonesia yang juga men-jadi kontroversi.

“Jangan sekali-kali melaksanakan Nikah Siri Online tersebut, sebab perbuatan seperti itu tidak sah. Berapa lama hidup dalam suasana haram, kan hukumya seperti zina, hubungan suami-istri tersebut jadi haram sebab nikahnya tidak sah, ” ucap Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Rafani Achyar.

Menurut Rafani Achyar, problem nikah siri online tersebut tidak sesuain dengan ajaran Islam sebab tidak me-menuhi syarat dan juga rukun nikah. “Jangankan nikah siri online, Masalah nikah siri pun masih men-jadi perdebatan ulama, nikah tersebut khan ada rukun dan syarat. Untuk Hukum Nikah Siri Online tersebut kan jelas tidak terpenuhi rukun dan juga syaratnya, seperti wali, saksi, akadnya bagaimana kalau online, tentu tidak sesuai, ” katanya.

Adapun untuk masalah fatwa mengenai nikah siri online tersebut, Rafani menuturkan, MUI tidak harus mengeluarkan fatwa lagi terkait dengan nikah siri online, mengingat nikah siri online telah jelas-jelas haram. “Fatwa tersebut untuk suatu yang belum jelas hukumnya. Nikah yang tidak terpenuhi syarat-syaratnya telah jelas tersebut tidak sah, ” ujar Rafani Achyar lagi.

Disisi lain Rafani Achyar juga menuturkan bahwa untuk di wilayah di provinsi Jawa Barat, MUI telah menerima sejumlah laporan terkait oknum yang tengah melaksanakan Nikah Siri Online. Namun hingga kali ini, Rafani Achyar belum menerima datanya dengan cara langsung. “Sudah ada sejumlah laporan untuk di Jawa Barat, tetapi data faktanya kita belum pegang, ” katanya.

Nikah Siri Online tersebut dapat dilakukan tanpa harus lihat wajah dengan cara langsung. Lumayan melalui saluran pesawat telepon dan juga jaringan berbagi video Skype pengantin dapat melangsungkan pernikahan siri. Selain tersebut penyedia jasa nikah siri online pun mempersiapkan wali mempelai perempuan yang disediakan oleh penghulu dari nikah siri online tersebut.

tags: