Pantai Plengkung Banyuwangi, Objek Wisata Menarik Dikunjungi

671
Advertisement

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Kota ini merupakan kota indah yang memiliki banyak potensi wisata menarik dan wajib untuk anda kunjungi salah satunya yaitu Pantai Plengkung Banyuwangi. Pantai plengkung ini menjadi pantai yang sangat disukai terutama bagi para peselancar baik lokal maupun internasional. Ombaknya yang cukup besar seringkali dimanfaatkan untuk surfing atau berselancar.

Pantai Plengkung berada disebelah selatan kota Banyuwangi tepatnya berada di ujung provinsi Jawa Timur. Pantai yang akrab disebut G-Land ini merupakan salah satu pantai favorit para wisatawan. Banyak yang datang kepantai tersebut hanya ingin menikmati keindahan seperti namanya yaitu G-Land.

Advertisement

G-Land memiliki tiga arti yaitu G yang pertama berarti Grajagan. Grajagan merupakan sebuah teluk yang memiliki ombak besar dan G yang kedua adalah Green atau yang dimaksud dengna pantai alami yang terletak ditepian hutan tropis yang hijau. Lalu G yang terakhir adalah Great atau sebagai lambang dari ombak yang begitu besar dan panjang.

Objek Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Bagaimana, apakah anda berminat untuk berkunjung ke pantai ini? Pantai plengkung merupakan salah satu pantai yang memiliki ombak terbaik didunia sehingga banyak sekali peselancar asal luar negeri yang datang ke Indonesia tepatnya ke Pantai plengkung hanya sekedar untuk bermain surfing dan dipantai ini juga sering diadakan lomba surfing bagi para peselancar domestik dan mancanegara. Ketinggian ombak pantai ini dapat mencapai empat hingga delapan meter dengan panjang ombak sekitar dua kilometer.

Pilihan Editor : Tempat Wisata di Wonosobo

Tepatnya pada tahun 1995 lalu pertama kali lomba selancar diadakan di pantai ini hingga tahun 1997. Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota tentunya tidak mungkin jika anda datang sejenak untuk menikmati keindahan pantai karena disekitar pantai sudah disediakan berbagai tempat atau fasilitas umum seperti restoran dan penginapan. Anda dapat bermalam dihotel berbintang maupun hotel melati yang tarifnya jauh lebih murah. Selain itu anda juga akan disuguhkan dengan makanan khas kota Banyuwangi yang akan memanjakan lidah anda.

Akses Menuju Pantai Plengkung Banyuwangi

Tentunya bagi para wisatawan yang datang dari kota lain mungkin kurang begitu paham tentang akses menuju pantai tersebut, disini kami memberikan sedikit informasi jika anda ingin berkunjung ke pantai plengkung dan jika anda berangkat dari kota Banyuwangi, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan pribadi sekitar dua jam menuju Tegaldlimo dan dari Tegaldlimo anda melanjutkan perjalanan hingga Pos Pancur yang berada di taman nasional alas purwo. Setelah sampai dipos tersebut anda bisa langsung menuju pantai dengan menggunakan tiga pilihan akses yang pertama jalan kaki sekitar dua jam, menggunakan jeep atau menggunakan motor trail milik pengelola taman nasional alas purwo karena untuk dapat sampai dipantai mobil minibus atau mobil kecil lainnya tidak dapat menjangkau tempat tersebut.

Advertisement