Pengertian Administrasi Keuangan

2279

Pengertian Administrasi Keuangan – Administrasi keuangan, termasuk administrasi keuangan Daerah, Negara dan Sekolah bukanlah istilah yang asing untuk Anda dengar, terlebih bagi Anda yang bekerja di dunia perbankan.

Bagi Anda yang tidak tahu, berikut akan disampaikan mengenai pengertian administrasi keuangan menurut para ahlinya. Administrasi keuangan bukanlah istilah yang asing untuk Anda dengar. Namun tidak semua orang mengetahui definisi dari Administrasi keuangan tersebut. Administrasi sendiri dapat diartikan sebagai usaha atau kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan keuangan berarti mempelajari bagaimana dapat menggunakan atau memanfaatkan sumber daya moneter. Dimana termasuk juga dalam penghitungan resiko saat menjalankan proyek tersebut.

Jadi dapat dikatakan bahwa administrasi keuangan berarti proses dalam pengelolaan yang melibatkan banyak hal. Diantaranya yaitu berhubungan dengan keuangan, laporan keuangan dan juga pencapaian tujuan demi kepentingan bersama. Jadi tergantung dari lembaga atau perusahaan yang berkenaan. Contohnya saja sekolah, pengertian administrasi keuangan sekolah yaitu proses pengelolaan yang berkaitan dengan keuangan, laporan keuangan serta pencapaian tujuan demi kepentingan sekolah. Tujuan utamanya adalah demi kepentingan bersama dari organisasi, lembaga ataupun perusahaan tertentu.

Itulah pengertian administrasi keuangan secara umum yang mungkin dapat Anda pahami. Sebuah lembaga atau organisasi tertentu memang harus memilih administrasi keuangan. Hal ini ditujukan untuk kepentingan bersama dan bukan secara individual. Dari lembaga yang kecil sampai yang besar, harus memilih administrasi keuangan yang baik. Bahkan setiap negara juga memilih administrasi keuangan demi kepentingan seluruh masyarakat. Jadi administrasi ini ditujukan untuk lembaga atau kelompok yang terdiri dari 2 orang atau lebih. Tujuannya adalah untuk kepentingan bersama demi mencapai target tertentu.

Itulah pengertian administrasi keuangan perusahaan ataupun lembaga lain. Pada dasarnya, administrasi keuangan ini dikelola oleh sekelompok tertentu untuk kepentingan bersama. Tanpa adanya administrasi keuangan, keuangan sebuah lembaga atau perusahaan tidak terkendali. Sedangkan keuangan dalam sebuah lembaga atau perusahaan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemajuan perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, administrasi keuangan harus ada dan harus diatur atau dikelola dengan baik. Dengan begitu, keuangan akan menjadi terkendali. Dengan melihat laporan keuangan yang ada, keuangan akan terkendali atau terkontrol. Demikian mengenai pengertian administrasi keuangan secara umum untuk anda ketahui.