Pengertian Akuntansi

903
Advertisement

Pengertian Akuntansi – Sebuah perusahaan sekecil apapun tidak akan berjalan lancar tanpa adanya ilmu akuntansi. Oleh karena itu, sangat penting untuk para pemuda dan tingkat pelajar untuk mengetahui dan mempelajari tentang pengertian akuntansi. Kita telah diberikan bekal tentang ilmu akuntansi ini sejak kita berada di bangku SMP. Meskipun hanya pengenalan, namun ilmu akuntansi yang diberikan di bangku SMP ini akan diperdalam nanti ketika pelajar melanjutkannya ke jenjang SMU.

Karena akuntansi sangat penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak salah jika ilmu ini diberikan lebih dalam lagi di tingkat pelajar SMU atau SMK. Meskipun tidak menjadi seorang pengusaha nantinya, namun ilmu akuntansi tetap akan bermanfaat untuk menunjang pekerjaan di sebuah perusahaan.

Advertisement

Adapun pengertian akuntansi secara umum bisa kita definisikan sebagai sebuah aktivitas yang berhubungan dengan mengidentifikasi, mengukur, mengklasifikasikan serta mengikhtiarkan suatu kejadian atau sebuah transaksi ekonomi yang kemudian dapat menghasilkan informasi kuantitatif yang secara umum bersifat keuangan yang digunakan untuk mengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi pada zaman modern seperti saat ini memang sudah banyak sekali versinya. Dan kita terkadang perlu untuk mengetahui mengenai apa itu arti akuntansi, definisi, dan mungkin manfaat akuntansi bagi kita. Sehingga kita akan lebih paham dan lebih mengerti dalam belajar ilmu akuntansi untuk diri kita sendiri atau mungkin juga untuk pekerjaan dan rutinitas kita nantinya. Nah, kebetulan sekali bagi Anda yang sedang belajar ilmu akuntansi dan ingin mengetahui definisi akuntansi secara benar. Kita akan membahasnya bersama-sama di dalam artikel ini.

Tidak dapat di pungkiri bahwa akuntansi disamping komunikasi yang baik memang menjadi salah satu sistem yang wajib di miliki oleh setiap perusahaan yang ingin berkembang dan terus eksis dalam dunia ekonomi dunia ini. Karena akuntansi secara umumnya merupakan salah satu sistem pemberi informasi yang bisa dipertanggungjawabkan mengenai sebuah perkembangan semua kegiatan dari sebuah perusahaan mulai dari sistem produksi, sistem keuangan, birokrasi, dan masih banyak lagi yang lain. Sehingga dengan sangat kompleksnya kegunaan akuntansi tersebut, maka untuk mempelajarinya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu akuntansi maupun manajemen secara umum.

Di dalam dunia Pendidikan kita, ternyata sudah banyak sekolah atau juga perguruan tinggi yang menyediakan salah satu program belajar mereka untuk lebih fokus terhadap ilmu akuntansi. Sehingga bagi bangsa ini yang ingin mencoba untuk mempelajari lebih dalam lagi mengenai akuntansi, mereka tidak perlu untuk pergi jauh-jauh keluar negeri untuk mendapatkan keinginan mereka tersebut. Karena saya rasa kualitas pendidikan akuntansi di Negara ini sudah cukup berjalan dengan baik, walaupun masih bisa di katakan kurang sempurna jika kita bandingkan dengan negara lain.

Di dalam ilmu akuntansi kita akan mendapatkan sebuah sistem tentang bagaimana melakukan sebuah pencatatan terhadap semua sistem yang berjalan pada Perusahaan tersebut. Kemudian kita bisa melakukan evaluasi terhadap hasil dari sistem yang bekerja di dalam perusahaan tersebut. Hal ini merupakan sebuah pertimbangan untuk pimpinan perusahaan dalam mengambil sebuah kebijakan yang akan diambil untuk mengembangkan perusahaan yang dia pimpin. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui pengertian akuntansi tersebut, sehingga definisi akuntansi tersebut dapat kita pahami lebih mendalam.

Baca Juga : Pengertian Marketing Menurut Para Ahli dan Pengertian Rekonsiliasi Bank.

Aktivitas Utama Akuntansi

Akuntansi dalam peranannya memiliki beberapa aktivitas atau kegiatan yang sudah pasti ada. Apabila tidak ada aktivitas ini, maka akuntansi tidak akan berjalan dengan semestinya. Adapun aktivitas yang ada dalam akuntansi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Aktivitas identifikasi

Aktivitas ini adalah merupakan aktivitas awal yang bisa dilakukan dalam menjalankan sebuah kegiatan akuntansi. Seperti pengertian akuntansi yang sebagai langkah awalnya adalah identifikasi, maka kegiatan ini bekerja dengan langkah awal mengidentifikasi semua transaksi yang terjadi dalam sebuah perusahaan.

  1. Pencatatan

Langkah kedua ini bertujuan untuk mencatat semua aktivitas yang ada di perusahaan, yang sebelumnya aktivitas ini telah diidentifikasi yang dilakukan dengan cara yang sistematis dan kronologis.

  1. Komunikasi

Ini merupakan aktivitas yang berguna untuk mengomunikasikan informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan yang ditujukan untuk para pengguna laporan keuangan atau perusahaan.

Pengertian akuntansi yang diberikan pada anak didik di jenjang sekolah masih sangat minim, sehingga jika Anda menginginkan anak Anda menjadi seorang akuntan, Anda bisa memberikannya pendidikan yang lebih tinggi lagi dalam bidang tersebut. Saat ini banyak sekali perguruan tinggi yang memiliki akreditasi bagus untuk menunjang pendidikan anak Anda. Sekolah dengan jurusan akuntansi tidak akan memberikan kerugian bagi Anda. Karena sudah bisa dipastikan sebuah perusahaan membutuhkan seorang akuntan hebat demi kemajuan perusahaan.

Fungsi Akuntansi

Informasi akuntansi yang dihasilkan akan berfungsi untuk pembuatan sebuah perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan ekonomi oleh Manajemen sebuah perusahaan. Informasi ini juga berguna untuk pertanggungjawaban manajemen entitas bisnis yang ditujukan kepada para investor atau pemilik, pemerintah serta berbagai pihak yang membutuhkannya. Dengan fungsi yang demikian penting ini maka tidak salah jika pengertian akuntansi yang telah didapatkan dipelajari lebih jauh.

Pada umumnya pihak yang menjalankan akuntansi adalah suatu entitas, yang entitas tersebut berupa sebuah perusahaan atau Bisnis. Dari akuntansi inilah sebuah organisasi atau entitas akan mendapatkan informasi. Sehingga di sini akuntansi memiliki sebuah peranan penting dalam perusahaan, Organisasi atau pemerintah. Karena peranannya inilah maka sebuah perusahaan akan selalu berjalan lancar dan rapi. Selain itu, sebuah akuntansi perusahaan yang tersusun rapi dan berjalan sesuai dengan pengertian akuntansi akan menghasilkan keuntungan yang bagus pula.

Sejarah Akuntansi

Pada abad ke 14 dan 15 di Italia, pembukuan akuntansi dimulai dengan cara berpasangan, yang sering disebut dengan double entry book keeping. Sama seperti akuntansi pada abad ini, akuntansi tersebut juga berguna sebagai penyedia informasi bagi pasar modal besar yang ada yaitu untuk domestik dan internasional. Sedangkan orang yang pertama kali memublikasikan prinsip dasar penggunaan double entry book keeping ini adalah seorang bernama Luca. Ia membuat buku yang berjudul Summa The Aritmatica Geometria Proportioni Et Proporsionalitas pada 1494. Dari buku ini, pengertian akuntansi dibeberkan secara lebih jelas dengan prinsip dobelnya.

Meskipun banyak ahli sejarah yang menyatakan bahwa buku luka tentang prinsip double accounting system ini hanya sebuah rangkuman dari praktek akuntansi yang ada pada waktu itu, namun ilmu akuntansi yang ada dalam buku ini dapat kita ambil sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan dan pihak-pihak yang menggunakannya. Tanpa karyanya ini mungkin perusahaan yang ada pada waktu itu akan terlambat untuk mengetahui tentang informasi tentang akuntansi yang ada di dalamnya.

Meskipun pengertian akuntansi telah dipelajari dengan baik namun tidak memungkinkan kerumitan akan datang pada sebuah negara besar. Dan ini terjadi pada Amerika yang terjadi pada abad 20, karena peristiwa inilah, maka dari peristiwa ini akuntansi kemudian dijadikan sebagai ilmu akademik. Kemudian akuntansi menjadi sebuah masalah nasional yang sangat mendasar setelah Perang Dunia II terjadi.

Seiring dengan perkembangan jaman, akuntansi semakin hari semakin berkembang dengan baik. Hal ini jelas menunjukkan bahwa ilmu akuntansi ini memang memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan hingga pemerintahan suatu negara. Tidak hanya pengertian akuntansi, namun pembukuan single entry dan double entry sudah mulai diperkenalkan pada tahun 1775. Kemudian, pada tahun 1800 mulai digunakan neraca sebagai laporan utama. Namun demikian, hanya perusahaan-perusahaan saja yang telah menggunakannya. Akan tetapi, hal ini sudah membuktikan kemajuan dari akuntansi yang ada sebelumnya.

Lalu kemajuan kembali terjadi pada tahun 1825, yaitu diperkenalkannya pemeriksaan keuangan pada setiap perusahaan. Audit ini sangat membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan mutu perusahaan yang lebih baik. Karena dengan adanya audit ini maka identifikasi kelemahan sistem perusahaan bisa dilakukan. Selain itu, dapat menambah kredibilitas dan juga menambah kinerja perusahaan terutama dalam hal keuangan dan melalui keuangan ini. Dan masih banyak lagi manfaat audit keuangan pada sebuah perusahaan yang bisa membuat perusahaan berjalan lebih baik.

Kesadaran terhadap pengertian akuntansi lebih mendalam lagi hingga terjadi peningkatan kembali pada tahun 1850 yaitu dengan adanya laporan rugi/laba yang menggantikan posisi neraca yang berfungsi sebagai laporan yang dianggap memiliki posisi lebih penting. Kemudian mulai dikenallah sertifikasi profesi, sertifikasi ini pada tahun 1900 pertama kali dikenal di USA. Pada pelaksanaannya, sertifikasi dilakukan secara serempak secara nasional yaitu dengan melalui ujian.

Pilihan Editor : Pengertian Demokrasi

Indonesia sendiri mulai menggunakan akuntansi sejak tahun 1642 namun pada era penjajahan itu orang Indonesia sendiri justru tidak ada yang bekerja sebagai akuntan. Karena pada masa itu negara kita mungkin belum memiliki akuntan yang mumpuni, ini tidak terlepas pada minimnya pengetahuan dan tingkat pendidikan rakyat Indonesia pada masa itu. Baru pada tahun 40an, akuntan Indonesia mulai bermunculan dan ini seiring dengan Belanda yang telah mundur dari Indonesia yang saat itu menjadi penjajah. Hingga saat ini pengertian akuntansi dalam masyarakat kita telah lebih dipahami dan lebih maju dan kini juga mulai banyak akuntan lokal yang bermunculan di Indonesia.

Advertisement