Pengertian Aplikasi, Jenis dan Contohnya

1373
Advertisement

Pengertian Aplikasi adalah sebuah alat dengan kegunaan tertentu untuk membantu dan mempermudah penyelesaian suatu pekerjaan atau tujuan tertentu.

Apakah sebenarnya dari pengertian aplikasi? Di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini, pastinya Anda pernah mendengar istilah aplikasi bukan? Tidak hanya mendengar, Anda juga tentunya juga sudah pernah menggunakan aplikasi untuk mengerjakan sesuatu yang sulit dilakukan secara manual. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan di komputer atau pada smartphone Anda. Dari manfaat aplikasi yang Anda gunakan dapat disimpulkan bahwa aplikasi dibuat untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Advertisement

Ada beberapa jenis aplikasi yang biasa digunakan Manusia berdasarkan fungsinya. Ada aplikasi pemutar musik, ada aplikasi tulis menulis, aplikasi editor foto, aplikasi untuk desain grafis dan masih banyak lagi jenis aplikasi berdasarkan kegunaannya yang saat ini banyak dipakai. Aplikasi diambil dari bahasa Inggris yaitu application yang berarti penggunaan atau penerapan. Aplikasi dapat diartikan sebagai sebuah metode yang dapat digunakan untuk memudahkan atau meringankan pekerjaan dengan sistem tertentu. Aplikasi biasanya berbentuk sebuah software pada komputer atau handphone yang terdiri dari banyak fasilitas dan kegunaan tertentu.

Pada aplikasi pengedit foto misalnya. Aplikasi pengedit foto dapat digunakan untuk mengatur kecerahan foto, memotong foto, memberikan filter pada foto dan masih banyak lagi untuk Desain grafis multimedia ini. Begitu juga pada aplikasi tulis menulis misalnya Microsoft Word yang merupakan salah satu software dalam komputer. Kegunaan Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat karya tulis, mengatur ukuran huruf, jenis huruf yang dipakai, mengatur paragraf, menghitung jumlah karakter dan kata dan masih banyak lagi manfaat dan kegunaan lainnya yang tidak dapat dijabarkan satu persatu.

Pengertian aplikasi lainnya mungkin dapat dijabarkan sebagai sebuah alat untuk membantu mempermudah sebuah pekerjaan berdasarkan nilai gunanya. Butuh keahlian khusus untuk dapat membuat sebuah aplikasi. Ada banyak sekali jenis aplikasi yang telah beredar saat ini. Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan dan kebutuhan manusia pengguna teknologi yang semakin canggih dan tentunya modern, Contohnya Hotspot. Seiring perkembangan jaman manusia akan terus mencari dan membuat cara untuk mempermudah serta membantu pekerjaan nya, salah satunya dengan menggunakan aplikasi.

Itulah sekelumit informasi terkait Pengertian Aplikasi, Jenis dan Contohnya. Sekarang baca juga Pengertian Mozilla Firefox dan Pengertian Biogas dan Manfaatnya. Terima kasih

Advertisement