Pengertian Batik

798
Advertisement

Pengertian Batik menjadi hal yang wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia, terutama tentang berbagai motif yang ada di berbagai daerah dan cara pembuatannya yang beraneka macam.

Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya kita wajib tahu tentang beragam budaya dan ciri khas dari negara kita ini. Selain benda-benda bersejarah seperti candi yang banyak terdapat di Indonesia dan tersebar di berbagai tempat, batik juga menjadi ciri khas dari negara ini. Namun, tahukan anda apakah Definisi batik itu? Mungkin sebagian orang hanya menganggap batik adalah sehelai kain dengan berbagai macam corak, tanpa tahu makna atau pengertian lain selengkapnya.

Advertisement

Batik berasal dari bahasa Jawa yaitu “amba”, yang bermakna bahwa menulis atau nitik. Oleh karena itu, batik disini bermakna sebagai sebuah helaian kain sebagai hasil karya tulisan atau kegiatan nitik yang menggunakan malam sebagai media untuk membuat berbagai macam corak yang diinginkan. Saat ini batik Indonesia dengan beragam coraknya telah diakui dunia bahkan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tanggal 2 oktober 2009.

Saat kita mempelajari tentang Batik, tentunya tidak terlepas dari pengertian motif batik itu sendiri. Di wilayah Indonesia sendiri batik memiliki berbagai macam motif dengan maknanya masing-masing tergantung pada daerah yang memproduksinya. Daerah yang terkenal sebagai sentra batik adalah di Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta. Meskipun daerah lain juga ada yang memiliki corak batik tersendiri tetapi tidak terlalu dikenal secara luas. Motif batik dari daerah Solo yang terkenal adalah motif batik sido mukti. Corak ini sering digunakan dalam acara seperti pernikahan dengan harapan kebahagiaan lahir batin akan didapatkannya. Corak dari daerah Yogyakarta yang terkenal adalah truntum sri kuncoro, dan dio asih. Sedangkan motif batik pekalongan yang banyak dikenal adalah motif jlamprang dan liong.

Dalam proses pembuatan batik, awalnya dibuat hanya dengan satu cara yaitu secara ditulis manual, seperti pengertian batik itu sendiri yang merupakan hasil menulis atau nitik. Namun, pada saat ini, semakin berkembangnya jaman, cara pembuatan batik pun beragam, seperti batik cap, atau batik yang menggabungkan batik tulis dan batik cap. Meskipun demikian, batik tulis tetap yang menjadi primadona di pasaran. Tahukah anda apakah perbedaan tulis dan batik cap? Seperti namanya, batik tulis dibuat secara manual dengan cara menuliskan atau menggambar motif batik yang diinginkan satu persatu dengan penuh ketelitian, sedangkan batik cap yaitu dengan menggunakan cap motif yang sudah dipersiapkan, sehingga prosesnya pun lebih mudah dan praktis.

Baca Juga : Pengertian Power Supply

Advertisement