Pengertian Biogas dan Manfaatnya

767
Advertisement

Pengertian biogas yaitu gas yang diproduksi dari sistem penguraian bahan baku organik yang terjadi atas bantuan mikroorganisme secara anaerobic atau tanpa adanya udara. Pertama kali, orang yang menemukan adanya biogas ini berasal dari China, dimana mereka menemukan campuran gas yang ada di rawa. Dimana, rawa tersebut dinamakan sebagai gas metana. Biogas sendiri bisa diproduksi dengan adanya bantuan dari bakteri metanogenik dan juga metanogen. Sejak itulah terjadinya sejarah biogas berlangsung. Biogas sendiri bisa dihasilkan dalam sebuah alat yang dinamakan reaktor biogas atau disebut juga digester. Dimana reaktor atau tempat reaksi antara senyawa pembentuk biogas ini disetting kedap udara.

Berdasarkan pengertian biogas diatas, biogas sendiri terdiri dari gas karbon dioksida dan metana. Adapun penggunaan biogas biasanya dijadikan bahan bakar dari kendaraan. Selain itu, biogas juga dimanfaatkan untuk dapat menghasilkan listrik. Biogas sendiri lebih populer dimanfaatkan dalam pengolahan limbah yang bersifat biodegradable. Sehingga produksi biogas sendiri bisa sekaligus mengurangi jumlah dari limbah buangan yang melimpah. Tak hanya itu saja, gas metana yang terdapat pada biogas ini apabila terbakar maka hasil pembakarannya akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dari gas bumi. Sehingga manfaat biogas ini sangat penting sekali dalam mengurangi limbah di bumi.

Advertisement

Tak hanya metana saja, gas karbon yang terdapat pada biogas sendiri termasuk ke dalam jenis karbon yang diperoleh dari atmosfer bumi dengan bantuan fotosintesis tanaman. Hal inilah mengapa gas dalam biogas ramah lingkungan karena ketika dilepaskan ke atmosfer tak akan mempengaruhi peningkatan jumlah gas karbon yang ada di atmosfer, berbeda halnya dengan bahan bakar dari fosil. Dengan banyaknya manfaat dari biogas, kini banyak negara yang sudah mulai memanfaatkan biogas yang bisa diproduksi dari limbah baik cair maupun padat.

Selain itu, apabila biogas ini dijadikan bahan bakar maka ketersediaan dari bahan bakar hasil mikroorganisme ini tak akan pernah habis. Hal ini tentu berbeda dengan ketersediaan dari bahan bakar fosil yang semakin hari ketersediaannya makin menipis di bumi. Itulah pentingnya peranan dari biogas dalam kehidupan. Maka dari itu, biogas saat ini banyak dijadikan sebagai bahan bakar alternatif yang bisa menggantikan peranan bahan bakar minyak bumi yang ada di bumi. Ya, itulah pentingnya pengertian biogas sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan.

Advertisement