Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli adalah suatu kegiatan atau aktivitas jual beli untuk mendapatkan keuntungan, dan untuk menjalankannya anda harus mempertimbangkan tujuan bisnis anda

Bisnis sudah menjadi pilihan pekerjaan bagi sebagian orang. Ada yang melakukan usaha ini sebagai pemasukan keuangan yang utama, ada juga yang menggunakan bisnis hanya sebagai kerja paruh waktu yang dapat diseimbangi dengan kegiatan lainnya. Namun, terkadang seseorang mengartikan bisnis sebagai suatu hal yang besar dan identik dengan kemewahan. Padahal, jika mereka tahu tentang pengertian bisnis yang sebenarnya, mereka akan menghilangkan pemikiran tersebut jauh-jauh.

Bisnis berasal dari bahasan Inggris, business yang berarti kesibukan. Kesibukan disini berarti sibuk melakukan kegiatan dan aktivitas untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan jika dilihat dari definisi bisnis di Indonesia, bisnis berati kegiatan jual beli barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Dengan pengertian bisnis demikian, berarti bahwa proses jual beli yang sering kita tahu atau bahkan kita lakukan juga merupakan suatu bisnis.

Setelah mengetahui tentang bisnis, janganlah ragu apabila anda berminat untuk membuka kegiatan bisnis dalam kehidupan anda. Bisnis tidak harus identik dengan hal mewah. Bisnis dapat anda lakukan dengan hal sederhana yang ada di sekitar anda atau dapat disesuaikan dengan kemampuan anda. Saat ini, dengan perkembangan teknologi, bisnis online juga menjadi pilihan sebagai bisnis paruh waktu. Kegiatan bisnis ini tidak menuntut banyak waktu tetapi anda tetap dapat menjalankan bisnis. Hal lain yang dapat anda jadikan bisnis adalah dari kemampuan pribadi anda, misalnya anda suka dan berbakat dalam merajut, maka anda dapat membuat aksesoris rajutan untuk dijual.

Dibawah ini Sejumlah Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli:

  1. Huat, T Chwee (1990), Business dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan seluruh aktifitas dan juga institusi yang memproduksi barang2 & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis selaku suatu sistem yang memproduksi barang2 dan juga jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.
  2. Steinford (1979), Business is an institution which produces goods and services demanded by people. ” Artinya business ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang2 dan juga jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga business pun meningkat pula perkembangannya untuk me-menuhi kebutuhan tersebut, seraya mendapat laba.
  3. Griffin dan juga ebert (1996), “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini Bisnis selaku aktifitas yang menyediakan barang2 ataupun jasa yang diperlukan ataupun diingini oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memilki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan juga Surat Izin Area Usaha (SIUP) beserta usaha informal lainnya.
  4. Hughes dan juga Kapoor, “Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas business melalui penyediaan barang2 dan juga jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan kepada suatu periode (Total Revenues) lebih gede dari total biaya (Total Costs) kepada periode yang sama. Laba adalah daya tarik utama untuk melaksanakan kegiatan Bisnis, sehingga melalui laba pelaku business dapat mengembangkan skala usahanya untuk mempertinggi laba yang lebih besar.
  5. Glos, Steade dan juga Lowry (1996), Bisnis adalah sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan juga mentransformasikan beragam sember daya men-jadi barang2 ataupun jasa yang diingini konsumen.
  6. Musselman dan juga Jackson (1992), Bisnis ialah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan juga industry yang menyediakan barang2 dan juga jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan juga memperbaiki standard beserta kualitas hidup mereka.
  7. Mahmud Machfoed, Bisnis ialah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok manusia yang terorganisasi untuk memperoleh laba dengan memproduksi dan juga menjual barang2 ataupun jasa untuk me-menuhi kebutuhan konsumen.Baca Juga : Pengertian E-Commerce

Sebelum anda benar-benar memulai bisnis, tentukanlah tujuan bisnis anda. Tujuan dalam bisnis seperti layaknya tujuan hidup anda. Tujuan akan mengarahkan kemana dan bagaimana anda akan mengarahkan bisnis anda ke depannya. Dengan tujuan yang jelas berarti bisnis anda juga telah memiliki orientasi yang jelas juga ke depannya. Tujuan yang jelas dalam dunia bisnis menjadi hal yang sangat penting disamping dari pemahaman anda tentang bisnis. Dengan adanya tujuan yang jelas, anda dapat mengatur berbagai cara danusaha untuk mencapai tujuan tersebut sehingga bisnis anda dapat terarah dan dapat terus berkembang.

tags: