Pengertian dan Fungsi Manajemen

859
Advertisement

Pengertian dan Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli saling terkait dan juga terhubung menjadi satu kesatuan yang utuh. Urutannya juga harus tepat dan tidak bisa berubah.

Pengertian manajemen banyak sekali diungkapkan oleh para ahli manajemen. Banyak ahli yang mengungkapkan arti manajemen dilihat dari berbagai sisi. Dari sisi seni atau art manajemen diartikan sebagai seni atau art dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Pengertian ini dikemukakan oleh Follet yang merupakan pakar manajemen. Lain halnya dengan Luther Gulick, dia mengartikan manajemen dari sisi ilmu pengetahuan. Dia mengartikan bahwa manajemen adalah sebuah pengetahuan yang sistematis dalam memahami bagaimana dan mengapa manusia melakukan kerjasama untuk menghasilkan sebuah hal yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Advertisement

Ditinjau dari sisi proses Manajemen adalah sebuah proses merencanakan atau planning, mengorganisasikan atau organizing, memimpin atau leadership, dan juga mengawasi atau controlling suatu kegiatan dengan tujuan yang sudah ditentukan. Pengertian ini dipaparkan oleh Stoner. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Terry mengenai pengertian dari manajemen. Dari berbagai pendapat ahli ini bisa disimpulkan bahwa manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, actuating, dan juga controlling yang dilakukan guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dalam sebuah organisasi.

Sesuai dengan pengertiannya Manajemen mempunyai empat fungsi utama, yaitu fungsi manajemen sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga pengawasan. Fungsi manajemen yang pertama yaitu fungsi perencanaan. Fungsi ini menyangkut proses yang akan dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang akan datang. Perencanaan ini berupa penentuan taktik dan juga strategi yang tepat guna mencapai suatu target dan tujuan yang sudah ditetapkan oleh sebuah organisasi. Sedangkan fungsi yang kedua yaitu pengorganisasian. Fungsi ini menyangkut bagaimana taktik dan juga strategi yang sudah disusun dijalankan dalam sebuah organisasi yang tangguh dan juga tepat.

Fungsi manajemen yang ketiga yaitu pengarahan, fungsi ini digunakan untuk mengimplementasi sebuah program yang sudah direncanakan agar bisa dijalankan oleh semua pihak yang ada dalam organisasi. Sedangkan fungsi yang terakhir yaitu fungsi pengawasan, fungsi ini dilakukan untuk memastikan apakah semua kegiatan yang sudah diorganisasikan dan juga dilakukan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan atau tidak. Semua fungsi ini saling berkesinambungan dan dilakukan sesuai dengan urutannya yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan yang terakhir pengawasan. Dari keempat fungsi ini juga tidak lepas dari pengertian manajemen itu sendiri.

Setelah anda mengetahui Pengertian dan Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli ini. Sebaiknya anda ketahui juga Pengertian Marketing Menurut Para Ahli dan Pengertian Energi dalam Kehidupan. Terima kasih

Advertisement