Pengertian Dasar Negara dan Ideologi Pancasila

606

Apakah Anda tahu apa Pengertian Dasar Negara? Jika Anda termasuk warga negara yang baik, tentu harus mengerti dan paham apa yang dimaksud dengan sebuah dasar negara. Apabila Anda masih belum paham mengenai dasar negara, kami akan memberikan penjelasan yang rinci tentang pengertian dasar negara menurut para ahli. Dasar negara merupakan sebuah landasan kehidupan bernegara. Semua negara yang ada di dunia, tentu mempunyai yang namanya dasar negara yang mengatur segala macam penyelenggaraan yang berkaitan dengan negaranya. Lalu, apa dasar negara di Indonesia? Ya, dasar negara di Indonesia berupa Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara yang tertinggi di negara kita.

Pentingnya pemahaman tentang pengertian dasar negara ini, tak lain karena sebuah dasar negara sangat penting sekali bagi sebuah negara. Tanpa adanya dasar negara, tentu Negara tersebut tak memiliki pedoman untuk menyelenggarakan berbagai kehidupan bernegara. Tanpa adanya dasar negara ini, tentu negara tak memiliki tujuan dan arah yang jelas yang bisa menyebabkan perpecahan dan kekacauan. Fungsi dasar negara sendiri adalah sebagai sebuah pedoman utama pada kehidupan bernegara, yang meliputi tujuan, norma dan cita-cita.

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Di Indonesia sendiri beberapa ahli berpendapat mengenai pengertian dasar negara di Indonesia yakni Pancasila. Adapun pengertian dari Pancasila adalah sebagai berikut yang Bang Joel ketahui:

1. Menurut Muhammad Yamin

Pengertian Pancasila sebagai dasar negara berasal dari kata Panca yang artinya “lima” dan kata Sila yang artinya asas, sendi, peraturan, dasar dan tingkah laku. Dapat disimpulkan bahwa, Pancasila adalah lima dasar dengan isi berupa aturan maupun pedoman tingkah laku yang sesuai dengan aturan.

2. Menurut Ir. Soekarno

Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pun berpendapat bahwa pengertian dasar negara pada Pancasila merupakan sebuah isi atau jiwa dari bangsa Indonesia berdasarkan turun temurun yang sudah sangat lama terpendam akibat kebudayaan barat yang masuk ke Indonesia. Bisa disimpulkan disini adalah Pancasila tak hanya falsafah dari negara saja melainkan falsafah dari bangsa Indonesia.

3. Menurut Notonegoro

Pengertian Dasar Negara Pancasila adalah sebagai dasar dari falsafah bangsa dan negara Indonesia. Bisa diartikan, bahwa Pancasila ini berarti ideologi bangsa sekaligus dasar falsafah sebagai pedoman kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila sebagai lambang yang berbentuk kesatuan dan persatuan bangsa, sebagai lambang pemersatu dan merupakan bagian dari bentuk pertahanan dari bangsa maupun negara.

Pancasila sendiri merupakan ideologi bangsa Indonesia yang di dalamnya terdapat 5 sila. Adapun kelima sila tersebut meliputi:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dengan demikian, sesuai pengertian dasar negara itu sendiri maka kelima butir dari sila-sila di atas merupakan bentuk dasar negara yang tentunya harus dipatuhi dan ditaati seluruh warga negara maupun komponen yang terdapat dalam bangsa Indonesia, berawal dari seorang presiden sampai rakyat biasa. Berdasarkan para ahli sendiri, dasar negara adalah norma dasar untuk Negara. Dimana segala sistem perundang-undangan suatu negara bersumber dari dasar negara. Maka dari itu, dasar negara merupakan norma tertinggi untuk sebuah negara.

Pengertian dasar negara sebagai sebuah falsafah negara sendiri memiliki kedudukan dalam sumber tata tertib hukum pada sebuah negara. Pengertian dasar negara menurut Ensiklopedi Indonesia sendiri berasal dari kata Dasar sebagai asal pertama pada sesuatu. Jika dihubungkan dalam tatanan hidup bernegara, kata Dasar ini memiliki arti sebagai pedoman untuk mengatur segala kehidupan bernegara.

Fungsi Dari Dasar Negara

Berdasarkan pengertian dasar negara di atas, bisa disimpulkan bahwa dasar negara memiliki beragam fungsi, sebagai berikut ini:

  1. Sebagai dasar dari aktivitas penyelenggaraan negara, negara ini didirikan agar bisa mewujudkan tujuan nasional dan cita-cita bangsa atas pimpinan setiap pemimpin bangsa dan negara.
  2. Dasar negara sebagai sebuah dasar atas tegaknya atau berdirinya suatu negara. Hal ini berkaitan dengan pemikiran pengertian dasar negara yang umumnya muncul saat sebuah bangsa ingin mendirikan sebuah negara.
  3. Dasar negara berfungsi sebagai dasar dari partisipasi setiap warga negara. Adapun warga negara sendiri mempunyai hak maupun kewajiban dalam bentuk yang sama untuk mempertahankan atau berpartisipasi demi mencapai tujuan nasional bangsa.
  4. Dasar negara berfungsi sebagai sumber hukum nasional maupun dasar hukum sebuah bangsa. Dimana setiap aktivitas yang berkaitan dengan penyelenggaraan warga negara dan negara yang berkehidupan bermasyarakat, berbangsa hingga bernegara dengan dasar hukum yang telah ditetapkan di suatu negara.
  5. Dasar negara berfungsi sebagai bentuk dasar pergaulan di setiap warga negaranya. Segala bentuk hubungan pergaulan setiap warga negara dapat dikaitkan melalui dasar negara tersebut.

Dengan mengetahui fungsi-fungsi yang terdapat pada dasar negara di atas, bisa memberikan pemahaman yang lebih detail lagi mengenai pengertian dasar negara. Dengan demikian, kita pun lebih paham tentang sebuah sistem pemerintahan dan kenegaraan. Selain itu, fungsi-fungsi tersebut juga sekaligus berkaitan dengan fungsi dari Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pancasila sebagai bentuk dasar negara kita menuangkan norma-norma dasar untuk mengatur segala aspek kehidupan dalam bermasyarakat. Pancasila termasuk norma tertinggi yang ada di Indonesia. Berdasarkan Hans Kelsen, menyatakan bahwa sebuah norma itu memiliki tingkatannya, sehingga sebuah norma nantinya disusun berdasarkan norma-norma yang terdapat di atasnya. Norma dasar sebagai norma tertinggi dalam negara tentunya merupakan norma yang tak bisa ditelusuri kembali lebih lanjut.

Dikutip dari Aktual.ID bahwa Segala hal pasti dibentuk atas dasar maupun fungsinya. Sama halnya dengan negara, dimana sebuah negara tertentu dibentuk berdasarkan fungsi dan tujuan tertentu. Hal ini juga memastikan bahwa antara suatu negara dengan negara lainnya mempunyai fungsi maupun dasar yang berbeda-beda untuk mendirikan suatu negara.

Seperti fungsi dari didirikannya sebuah bangsa Indonesia, yakni:

  1. Demi menegakkan keadilan
  2. Demi pertahanan dan keamanan warga negaranya
  3. Turut melaksanakan ketertiban
  4. Memakmurkan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat maupun kehidupan berbangsa.

Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Fungsi Pancasila sebagai ideologi bangsa ini memiliki nilai-nilai yang luruh terhadap budaya maupun religius bangsa. Pancasila ini merupakan sekumpulan dari norma maupun nilai yang terkandung pada sila-sila dalam Pancasila. Jadi, Pancasila yang merupakan ideologi bangsa dan negara Indonesia ini termasuk pandangan hidup bagi seluruh rakyat yang ada di Indonesia.

Ideologi Pancasila memiliki sifat terbuka, yakni bisa mengikuti seiring dengan perkembangan zaman maupun perkembangan dari negara lainnya namun tetap memegang teguh dan menjunjung norma sila-sila yang terdapat pada Pancasila. Ideologi Pancasila ini memiliki nilai praktis, nilai dasar dan nilai instrumental. Pancasila sebagai dasar negara lahir atas dasar nilai kebudayaan, religius dan adat istiadat bangsa Indonesia.

Pengertian Lainnya : Pengertian Demokrasi dan Rukun Wudhu

Ya, demikianlah pembahasan mengenai pengertian dasar negara Pancasila dan fungsinya untuk kehidupan berbangsa dan bernegara!