Pengertian Desain Grafis Multimedia

735
Advertisement

Pengertian Desain Grafis dan juga prinsipnya harus diketahui para desainer agar mendapatkan hasil yang berkualitas dalam setiap karya desain grafisnya.

Para desainer pemrograman komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan Desain Grafis. Desain grafis sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yaitu desain dan juga grafis atau grafik. Keduanya mempunyai arti yang berbeda, untuk memahami pengertian desain grafis multimedia tentunya harus memahami arti dari dua kata ini. Pertama yaitu kata desain, kata ini mempunyai arti sebuah seni terapan atau arsitektur dan berbagai seni lainnya yang menghasilkan sebuah karya yang kreatif.

Advertisement

Tidak seperti Pengertian Manajemen, Kata desain ini juga bisa merujuk pada kata benda ataupun kata kerja. Desain jika diartikan sebagai kata benda digunakan untuk menyebutkan hasil karya yang kreatif baik berwujud obyek ataupun rancangan suatu obyek. Kata desain jika merujuk dijadikan kata benda mempunyai arti sebagai sebuah proses dalam menciptakan suatu obyek yang baru. Jadi, kata desain ini diartikan bergantung dari penggunaannya dalam sebuah kalimat. Untuk mengetahui Apa itu desain grafis, Anda juga harus mengetahui apa itu grafik atau grafis. Grafik sendiri berasal dari kata grafika yang mempunyai arti cara untuk mengungkapkan perwujudan berbagai bentuk, seperti huruf, gambar dan juga angka yang dibuat banyak dan dipublikasikan kepada khalayak umum.

Dari pengertian desain dan juga grafis yang sudah dijelaskan bisa ditarik kesimpulan bahwa pengertian dari desain grafis adalah bentuk komunikasi berupa gambar atau visual untuk memberikan informasi secara efektif. Biasanya desain grafis ini diterapkan dalam bentuk fine art dan juga desain komunikasi. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis sekarang ini tidak hanya berbentuk gambar saja tapi juga bisa dalam bentuk animasi bergerak yang memadukan gambar, gerak, dan juga suara. Desain grafis seperti inilah yang dimaksud dengan pengertian desain grafis multimedia, banyak media yang digunakan untuk membuat desain grafis ini tidak hanya media gambar saja.

Dalam membuat desain grafis Anda harus menggunakan 6 prinsip. Keenam prinsip ini adalah kesederhanaan, keseimbangan, kesatuan, penekanan, irama, dan juga proporsi. Semua prinsip ini harus ada dalam membuat desain grafis baik desain grafis gambar maupun desain grafis multimedia. Prinsip-prinsip ini harus digunakan agar mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah desain grafis, baik desain grafis gambar ataupun multimedia. Dengan pengertian desain grafis dan juga prinsip-prinsipnya ini tentu saja akan sangat membantu Anda yang sedang belajar membuat desain grafis.

Baca Juga : Pengertian Marketing Menurut Para Ahli dan Pengertian Organisasi. Terima Kasih

Advertisement