Pengertian E-Learning

622
Advertisement

Pengertian E-Learning adalah sebuah konsep pembelajaran dengan menggunakan jaringan dan teknologi sehingga dapat dilakukan dari jarak jauh dan mudah.

Bagi Anda yang bekerja di dunia pendidikan tentunya tidak asing dengan istilah e-learning. Metode ini sering digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran. Tidak hanya di dunia pendidikan, sistem ini juga banyak digunakan di kantor-kantor atau lembaga-lembaga tertentu untuk mempermudah proses pemahaman akan suatu sistem. Hal ini di dukung oleh pengertian e-learning yang sangat berhubungan dengan teknologi di jaman yang sudah moderen seperti sekarang ini.

Advertisement

Ada beberapa pengertian e-learning yang dikemukakan oleh para ahli di seluruh dunia. Dari berbagai pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-learning merupakan sebuah proses atau metode pembelajaran moderen yang memungkinkan para siswa atau perorangan mempelajari sesuatu dengan menggunakan media elektronik. E-learning merupakan sebuah metode moderen yang sangat mengandalkan peralatan moderen, misalnya internet.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode e-learning pada siswa. Dengan menggunakan metode ini, siswa sekaligus dapat belajar menggunakan berbagai teknologi moderen seperti komputer dan internet. Misalnya dengan menggunakan email dan sebagainya. Keuntungan lain dari e-learning adalah pembelajaran dapat dilakukan dengan waktu lepas. Pengajar dan siswa tidak lah harus berada dalam satu ruangan yang sama. Hal ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih praktis dan santai. Keuntungan lainnya adalah dengan konsep ini, biaya akomodasi dan transportasi tentunya lebih murah. Siswa juga dapat belajar lebih disiplin karena biasa nya digunakan batasan waktu untuk melakukan pembelajaran walaupun dari jarak jauh.

Pengertian e-learning juga dapat disimpulkan sebagai sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan konsep e-learning, tentunya harus memiliki peralatan yang moderen dan memadai. Peralatan bisa berupa jaringan internet, komputer dan lain-lain. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung lancarnya konsep e-learning sehingga siswa dapat menyerap pelajaran dengan mudah dan tidak terganggu. Selain itu, pembelajaran dengan konsep e-learning dapat mengajarkan kemandirian kepada siswa karena siswa dapat melakukannya sendiri dimana saja tanpa didampingi oleh pengajar.

Advertisement