Pengertian Energi dan Jenis Energi dalam Kehidupan

828
Advertisement

Pengertian Energi dan Jenis Energi dalam Kehidupan dijelaskan dengan jelas dalam ilmu fisika. Dalam kehidupan banyak jenis energi yang digunakan manusia diantaranya kimia, listrik, dan panas.

Setiap hari manusia pasti menggunakan energi, tapi tahukah Anda apa sebenarnya pengertian energi itu sendiri? Dalam keseharian tentunya Anda sering mendengar kata energi, misalnya saja orang yang bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu dikatakan sangat berenergi, orang yang bisa mendorong mobil juga dikatakan mempunyai energi. Anda tentunya bertanya-tanya apa itu sebenarnya energi. Dalam ilmu fisika energi diartikan sebagai kemampuan melakukan suatu usaha. Kemampuan ini bisa diukur dengan menggunakan variabel besarnya usaha dan juga waktu. Dalam ilmu fisika energi juga mempunyai satuan yaitu joule.

Advertisement

Seperti yang sudah dijelaskan pengertian energi sangat dekat dengan kehidupan kita semua. Di kehidupan ini ada banyak sekali energi yang kita gunakan setiap hari, energi ini sangat membantu manusia dalam menjalankan kehidupannya setiap hari. Energi yang sangat penting dalam kehidupan adalah energi kimia. Pengertian energi kimia sendiri merupakan energi yang dibutuhkan tubuh dalam bentuk kimiawi yang bisa tersimpan lama dalam tubuh. Energi ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan. Karena disetiap makanan mengandung energi kimia yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses perkembangan dan juga pertumbuhan tubuh.

Selain energi kimia adalagi energi yang sangat penting untuk manusia dan juga selalu digunakan dalam setiap kegiatan, energi ini adalah energi panas. Energi panas terjadi karena adanya perubahan kimia menjadi energi kalor. Perubahan energi kimia menjadi panas ini disebabkan karena adanya reaksi. Misalnya saja energi kimia dalam tubuh bereaksi dan terjadi metabolisme tubuh maka energi kimia ini akan terbakar dan menjadi panas tubuh yang sangat membantu keseimbangan tubuh. Contoh lainnya yaitu energi kimia pada matahari yang beraksi sehingga memunculkan api dan juga panas secara radiasi.

Jenis energi yang terakhir yang sangat dekat dengan kehidupan kita adalah energi listrik. Pengertian energi listrik sendiri merupakan hasil dari perbedaan muatan yang ada pada dua titik penghantar. Energi ini dihasilkan dari sebuah pembangkit tenaga listrik. Tanpa energi listrik kehidupan tidak akan semaju dan menjadi modern seperti sekarang ini. Energi listrik sendiri juga bisa dihasilkan dari berbagai media seperti air, panas, angin, bahan bakar, dan juga cahaya. Begitu pentingnya peran energi dalam kehidupan ini, dari mulai pengertian energi dan juga bentuk atau jenis-jenisnya.

Baca Juga : Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli dan Pengertian Shalat. Terima kasih

Advertisement