Pengertian File

1460
Advertisement

Pengertian File adalah kumpulan atau kesatuan informasi dan data yang penting yang dapat digunakan lagi lain waktu, salah satunya berdasarkan jenisnya.

Pernahkah Anda mendengar file? Di jaman modern sekarang ini Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah file. Mungkin Anda akan biasa mendengar istilah file dari telepon genggam atau pun komputer. Namun sebenarnya file tidak hanya dapat diartikan berdasarkan kedua hal itu saja. Pengertian file juga dapat disimpulkan dari tumpukan kertas atau dokumen yang berada di kantor atau rumah Anda.

Advertisement

Ada bermacam-macam bentuk contoh file. File dapat berbentuk dokumen atau surat-surat penting. Di dalam database  komputer atau di telepon genggam Anda, contoh file dapat berupa kontak telepon, musik, gambar, video dan masih banyak lagi. File pada komputer atau telepon genggam biasanya di simpan pada sebuah folder. Folder biasanya berisi lebih dari satu file. Folder membantu memisahkan file berdasarkan kategori tertentu yang dapat disesuaikan. Folder biasanya dibuat untuk mempermudah pemilik file ketika hendak mencari atau menggunakannya.

Dari berbagai penjabaran diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian file adalah wujud dari kumpulan data dan informasi yang disatukan. Ada berbagai definisi file yang disampaikan oleh beberapa ahli yang memiliki kesimpulan yang pada dasarnya sama. Di jaman yang sudah moderen sekarang ini, ada berbagai format atau jenis file tergantung pada bentuknya. Misalnya file video. File video memiliki berbagai macam format, misalnya mp4, 3gp, AVI dan masih banyak lagi. Demikian juga file berupa data dokumen yang memiliki beberapa macam format misalnya doc, html, xls dan sebagainya.

Pengertian file juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang berisi berbagai informasi yang berguna dan penting. Oleh karena itu, bagi beberapa orang yang bekerja menggunakan komputer biasanya sudah terbiasa menyimpan file penting dengan rapi. Misalnya dengan menggunakan sistem folder untuk memilah berbagai kategori file. Folder untuk memisahkan jenis-jenis file dapat dibedakan dengan beberapa cara. Bisa berdasarkan jenis atau format file. Misalnya folder untuk file gambar, dokumen, musik dan sebagainya. Atau, berdasarkan kegunaan dan kepentingannya.

Advertisement