Pengertian Filsafat

1234
Advertisement

Pengertian Filsafat pada dasarnya dapat di definisikan dalam banyak hal, tergantung dari konsentrasi tema filsafatnya. Filsafat sendiri dapat kita artikan sebagai kajian terhadap sebuah kebijakan atau keputusan yang akan kita ambil untuk kepentingan orang banyak seperti mengenai hukum, kedaulatan negara, pendidikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, pada kesempatan yang baik ini, kita akan mulai membahas mengenai arti filsafat dalam dunia pendidikan. Pasti Anda belum mengetahuinya kan? Berikut ini liputannya.

Selain Filsafat Pancasila, Sebuah filsafat dalam dunia pendidikan memang secara umum dan bisa dikatakan masih perlu pemahaman yang lebih mendalam agar arti dari definisi filsafat yang sebenarnya dapat kita ketahui dengan baik. Menurut pemahaman kami, pengertian filsafat dalam dunia pendidikan itu merupakan sebuah kajian atau lebih tepatnya evaluasi kembali mengenai semua peraturan dan metode pembelajaran didalam dunia pendidikan yang sekiranya masih memiliki kecacatan atau ketidaksempurnaan dalam pelaksanaannya.

Advertisement

Mengingat fungsi dari filsafat yang memang sangat di perlukan untuk menemukan masalah yang terjadi pada suatu peraturan, maka kita perlu untuk lebih mendalami kembali mengenai semua manfaat dan arti dari filsafat yang sebenarnya dengan baik. Dengan demikian, jika kita sudah mengetahui dengan baik semua arti dan makna dari sebuah filsafat tersebut, maka kita tinggal mengaplikasikannya pada konteks yang ingin kita dalami kembali seperti sebuah definisi filsafat itu sendiri. Sehingga harapannya sebuah peraturan atau sebuah sistem yang telah dirancang dengan baik oleh semua orang, dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Begitulah arti dari sebuah filsafat dalam sebuah pendidikan, misalnya kita mau mengkaji sebuah peraturan kurikulum, peraturan mengajar bagi guru, dan lain sebagainya. Tentunya kita akan sangat membutuhkan sebuah ilmu filsafat untuk mempermudah kita dalam mengkajinya. Dan untuk dapat memahami ilmu filsafat, kita harus mengerti dan paham terlebih dahulu mengenai hal-hal dasar dalam sebuah filsafat seperti mengenai pengertian filsafat itu sendiri. Demikianlah yang bisa kita bahas dalam kesempatan ini. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Advertisement