Pengertian Firewall dan Fungsinya

590

Pengertian Firewall dan Fungsinya yaitu sistem keamanan dalam jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan yang dapat muncul dari komputer luar.

Pada kesempatan kali ini akan dibagikan mengenai pengertian firewall yang merupakan update dari Pengertian Pemanasan Global. Firewall merupakan sistem keamanan dalam jaringan komputer. Sistem ini digunakan untuk melindungi komputer dari serangan yang dapat muncul dari komputer luar. Firewall banyak digunakan untuk mencegah atau membatasi pengguna internet yang tidak baik. Penggunaan internet saat ini sudah semakin meluas. Hampir semua orang menggunakan dan memanfaatkan internet. Terlebih lagi dengan banyaknya alat elektronik baru yang bermunculan. Jika penggunaan internet ini tidak dibatasi maka dapat menyebabkan kerusakan. Hal ini dapat diakibatkan oleh serangan virus dari pihak luar.

Untuk itu diperlukannya sebuah dinding pertahanan atau sering disebut sebagai firewall. Sebuah jaringan komputer memang perlu pengamanan yang ketat. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian firewall adalah dinding pertahanan untuk menahan atau melindungi dari serangan komputer lain. Sesuai dengan nama yang diberikan yaitu firewall atau dinding api. Disinilah terjadi pembatasan dalam akses jaringan komputer. Tujuannya adalah untuk melindungi komputer agar tidak terkena serangan dari komputer lain.

Selain membahas mengenai Pengertian Firewall, tentu tidak lengkap jika tidak membahas mengenai fungsi dari firewall itu sendiri. Fungsinya adalah untuk mengatur serta mengontrol lalu lintas sebuah jaringan komputer. Tidak hanya itu, fungsi lain dari firewall yaitu melakukan autentifikasi untuk akses jaringan. Selain itu, firewall juga melindungi sumber daya yang ada dalam jaringan yang bersifat pribadi. Fungsi firewall lainnya yaitu menerapkan sebuah kebijakan keamanan dan mencegah aktifitas yang dicurigai sistem.

Itulah pengertian firewall dan fungsinya yang dapat disampaikan. Adanya firewall ini sangat penting dalam sebuah jaringan komputer. Ada banyak serangan dari pihak luar yang mungkin dapat membahayakan. Oleh sebab itu, segala akses komputer harus diamankan dengan menggunakan firewall ini. Jadi firewall dapat diibaratkan seperti penjaga atau satpam yang berlindung menjaga tempat tersebut. Firewall juga yang memberi izin atau menolak aktifitas yang dilakukan oleh pengunjung. Itulah yang dapat disampaikan mengenai pengamanan sistem jaringan komputer, baik untuk perangkat lunak ataupun perangkat keras.

Baca Juga : Foto Orang Ganteng dan Kode Bank Danamon

Demikian mengenai pengertian firewall dalam sebuah jaringan komputer.