Pengertian Global Warming dan Penyebabnya

1956
Advertisement

Pengertian Global Warming Menurut Para Ahli atau pemanasan global adalah peningkatan temperatur rata-rata yang ada di daratan bumi, laut dan atmosfer di muka bumi ini. Terjadinya global warming itu sendiri berakibat pada tingginya intensitas cuaca ekstrim dan naiknya permukaan pada air laut. Ada banyak akibat Global Warming seperti, ditandai dengan punahnya hewan-hewan dimuka bumi, mempengaruhi berbagai hasil pertanian dan menghilangnya gletser. Maka dari itu, dengan meningkatnya isu Global Warming di dunia beberapa negara di dunia mulai mengambil tindakan dengan cara mereduksi emisi gas dari efek rumah kaca.

Intinya, pengertian Global Warming sendiri merupakan naiknya suhu di dalam bumi akibat meningkatnya produksi atau emisi gas dari efek rumah kaca yang berimbas pada lingkungan yang ada di sekitar bumi. Ada beberapa penyebab Global Warming yang kini menjadi isu hangat di seluruh dunia, sebagai berikut:

Advertisement

1. Efek rumah kaca

Seperti kita ketahui, penyuplai energi terbesar yang ada di bumi ini tak lain dari Matahari sebagai sumber energi. Energi yang berasal dari Matahari berupa radiasi dari gelombang pendek, seperti halnya cahaya yang tampak. Nah, saat energi tadi menyentuh permukaan bumi, maka cahaya tersebut diubah menjadi panas dengan tujuan menghangatkan bumi. Sementara itu permukaan bumi sendiri menyerap sebagian kalor atau panas dalam sinar matahari, sedangkan sisanya akan dipantulkan kembali. Sebagian panas yang terperangkap dalam atmosfer inilah yang dapat menyebabkan tumpukan gas-gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, metana, uap air dan sulfur oksida. Gas-gas rumah kaca inilah yang berperan dalam peningkatan suhu setiap tahun di bumi.

2. Efek umpan balik

Salah satu penyebab terjadinya Pemanasan Global ini tak lain berasal dari efek umpan balik, seperti penguapan air. Ketika terjadinya pemanasan yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gas rumah kaca dalam bumi seperti karbon dioksida ini, maka terjadilah penguapan air ke dalam atmosfer. Namun, dikarenakan H2O atau uap air itu sendiri termasuk gas rumah kaca, sehingga pemanasan akan semakin berlanjut terus menerus.

3. Variasi matahari

Variasi matahari juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya global warming. Hall ini dikarenakan terjadinya variasi matahari sendiri akibat umpan balik yang terjadi di awan sehingga bisa memberikan peranan atau kontribusi pemanasan global yang terjadi saat ini.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Global Warming dan Penyebabnya. Baca Juga Pengertian dan Fungsi Manajemen dan Pengertian dan Jenis-jenis Energi dalam Kehidupan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Advertisement