Pengertian Globalisasi Secara Umum

675
Advertisement

IDJOEL.COM – Pengertian Globalisasi Secara Umum adalah integrasi internasional cara pandang, komunikasi, kebudayaan, dan berbagai aspek di dalam kehidupan. Dengan globalisasi semua hal menjadi mudah dan cepat.

Globalisasi Secara Umum telah menjalar di seluruh dunia, baik negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Globalisasi telah membawa berbagai dampak bagi kehidupan di seluruh dunia, baik dampak positif maupun negatif. Sebelum mengetahui globalisasi lebih jauh, sebaiknya anda pahami dulu Pengertian globalisasi. Globalisasi merupakan proses integrasi internasional baik cara pandang, produk, komunikasi, kebudayaan dan berbagai aspek di dalam kehidupan. Globalisasi membuat negara yang satu dengan negara yang lain menjadi tidak terbatas ruang dan waktu. Globalisasi membuat ketergantungan dunia dengan berbagai aktivitas kehidupan. Banyak kerja sama internasional maupun regional yang terjalin dan dengan mudahnya suatu negara membantu atau meminta bantuan kepada negara lainnya.

Advertisement

Pengertian globalisasi merujuk pada berbagai aktivitas di dunia tanpa batas wilayah. Dapat dibayangkan ketika kita dapat mengakses berbagai informasi melalui internet. Kita dapat mengetahui kabar dari seseorang yang jauh di negeri yang berbeda dengan adanya internet. Internet adalah salah satu dari sekian banyak produk atau perantara adanya globalisasi. Bahkan tidak hanya dengan tulisan saja kita dapat berkomunikasi dengan orang antar negara, tetapi juga menggunakan suara maupun video call. Kondisi ini sangat jauh berbeda sebelum adanya globalisasi, yang mengandalkan surat pos sebagai media komunikasi. Teknologi yang semakin maju juga menjadi salah satu perkembangan dari globalisasi.

Adapun pengertian globalisasi Secara Umum tersebut banyak diungkapkan oleh para ahli, yang pada dasarnya memiliki pengertian yang sama. Kemudian mengenai penyebab dari Globalisasi tidak terlepas dari semakin maju dan meningkatnya ilmu pengetahuan pada teknologi, komunikasi, dan transportasi. Hal ini mempermudah komunikasi seseorang atau suatu kelompok dan lembaga ke luar negeri seperti yang telah diungkapkan diatas. Kemajuan ini sangat berpengaruh dan mempermudah transaksi antarnegara, misalnya dalam transaksi barang dan jasa. Kegiatan ekspor dan impor menjadi mudah dan super cepat. Pengiriman barang superkilat dapat dilakukan meskipun dengan jarak yang jauh.

Adanya kemajuan maupun peningkatan teknologi transportasi juga dapat mempermudah pengiriman jasa dari dalam ke luar negeri maupun sebaliknya, pengiriman barang dan jasa dari luar ke dalam negeri. Hal ini membuat semakin mudahnya suatu negara memenuhi kebutuhannya, karena dapat dengan mudah mengimpor barang dengan ketentuan yang berlaku tentunya. Pertukaran barang menjadi semakin mudah menjadikan pengertian globalisasi ini dikatakan tidak terbatas wilayah. Adanya angkutan darat, laut, dan udara tentunya sangat berperan dalam hal ini, karena memang terdapat angkutan yang khusus membawa barang-barang saja.

Kemudian penyebab globalisasi Secara Umum disamping memahami pengertian globalisasi adalah adanya kerja sama internasional yang tentu akan sangat memudahkan masuknya arus globalisasi ke berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Hal ini tidak terbatas pada negara yang kaya sumber daya alamnya saja atau kaya sumber daya manusianya saja. Hal ini membuat persaingan antar negara semakin berkembang, selain dari kerja sama itu sendiri, karena dengan adanya globalisasi persaingan pasar juga semakin ketat. Hal ini dapat dilihat salah satunya dengan banyaknya produk elektronik handphone berbagai brand yang beredar di pasaran dan bersaing menarik hati para konsumennya dengan menawarkan berbagai ciri khas dan kelebihan produk tersebut.

Pengertian Globalisasi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Selain Pengertian globalisasi Secara Umum maupun penyebabnya, globalisasi juga memunculkan berbagai dampak baru. Dampak dari globalisasi dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi positif maupun dari sisi negatifnya. Pada dasarnya, setiap perubahan mengandung resiko, termasuk globalisasi ini. Globalisasi bukanlah hal yang buruk meksipun terdapat dampak negatifnya. Globalisasi akan bermanfaat apabila semua pihak memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, menggunakan arus globalisasi untuk mengembangkan diri, bukannya justru menyalahgunakan globalisasi. Globalisasi akan sangat bermanfaat apabila dimanfaatkan secara bijak dan mengerti batasannya.

Setelah mengetahui apa itu globalisasi, selanjutnya akan dibahas mengenai pentingnya mengetahui dampak positif globalisasi, diantaranya yaitu:

1. Komunikasi dan arus informasi semakin cepat dan mudah

Hal ini dikaitkan dengan komunikasi antar kota, antar propinsi, antar pulau, maupun antar negara. Seseorang dapat bertatap muka meskipun berada di wilayah yang berbeda dan jauh menggunakan media video call, sehingga dapat mendengar suara maupun melihat wajah dan gerak-gerik lawan bicaranya disana. Berita kejahatan dari luar ngeri dengan mudah dapat sampai di telinga kita melalui berita di layar kaca maupun dapat kita baca melalui media cetak maupun online.

2. Meningkatnya taraf hidup masyarakat

Dampak globalisasi akan sangat berpengaruh apabila dapat mengambil celah globalisasi dengan benar, yaitu memanfaatkan sebaik-baiknya. Globalisasi membuat apapun di kehidupan ini semakin mudah dan cepat atau instan, sehingga kita harus pandai dalam memanfaatkan momentum ini agar taraf hidup menjadi meningkat. Katakanlah taraf hidup dilihat dari pendapat kita, maka ketika kita dapat memanfaatkan internet sebagai ladang usaha dengan baik, kita akan mendapatkan penghasilan yang tinggi, misalnya dengan usaha online.

3. Tingkat pembangunan semakin tinggi

Berkirim pesan dapat sampai kepada penerima hanya dengan hitungan detik, tidak memerlukan kertas dan waktu berhari-hari untuk sampai, hal ini dapat dilakukan dengan email. Para pengusaha dan karyawan kerap menggunakan email sebagai media mereka dalam bekerja sehingga pembangunan tentu akan meningkat. Pengertian globalisasi tidak terlepas dari hal-hal yang kecil dan besar, seperti pembangunan negara juga. Negara kita dapat bekerjasama dengan negara lain dalam membuat kebijakan internasional atau regional untuk pembangunan bersama dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, politik, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Pertemuan antar negara akan semakin mudah dengan akses yang mudah pula. Oleh sebab itu, kesepakatan antar negara dapat dilakukan dengan lancar dengan pertemuan yang mudah.

Selain dampak positif, Globalisasi juga tidak terlepas dari dampak negatif. Biasanya globalisasi selalu dikaitkan dengan kehidupan barat, bahwa globalisasi berasal dari belahan bumi bagian barat. Oleh sebab itu, banyak orang yang salah kaprah mengenai globalisasi dan westernisasi. Globalisasi bukanlah westernisasi, sedangkan westernisasi hanya bagian dari globalisasi. Jadi antara keduanya harus dibedakan dengan jelas.

Pengertian globalisasi tidak melulu soal Barat, karena semua negara dapat mengalami globalisasi. Tetapi jika westernisasi adalah pengaruh budaya barat yang masuk ke dunia timur, biasanya mengenai mode, cara berpakaian, makanan, dan kebudayaan. Dengan adanya globalisasi, semua hal menjadi mudah sehingga seseorang terkadang merasa bahwa dirinya mampu melakukan apapun sendiri dengan kemampuan yang dimilikinya dan timbullah sikap individualistik.

Baca Juga : Pengertian HAM dan Sejarahnya di Indonesia

Sebagai dampak negatif, globalisasi memberikan informasi besar-besaran tanpa pandang bulu. Informasi tersebut jika ditelan mentah-mentah maka ditakutkan akan banyak masyarakat yang salah paham dan salah pengertian. Untuk itulah, gunanya pengawasan orang tua, pendidik, dan masyarakat terhadap anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan dan masih labil untuk selalu menyaring informasi yang sesuai untuk usia mereka. Penggunaan internet bagi anak haruslah dibatasi agar mereka tidak terkena candu internet dan dapat mengambil manfaat yang baik-baik saja. Pada dasarnya, pengertian globalisasi ditujukan untuk memudahkan setiap orang maupun negara dalam menjalani kehidupan, sehingga dalam pemanfaatannya haruslah sebijak mungkin.

Advertisement