Pengertian GPS, Cara Kerja dan Fungsinya

1886
Advertisement

Pengertian GPS yaitu sistem navigasi yang memakai satelit untuk menampilkan posisi secara instan dan informasi waktu yang ada di hampir seluruh dunia.

Bagi Anda yang tidak tahu, berikut ini akan disampaikan mengenai pengertian GPS. GPS atau Global Positioning System merupakan istilah yang sangat akrab kita dengarkan. Tidak hanya didengar saja, mungkin beberapa dari Anda sudah ada yang menggunakannya. Namun tidak jarang juga orang yang masih bingung definisi dari istilah GPS dan bagaimana cara kerjanya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang masih kurang paham mengenai istilah ini, Anda dapat menyimak ulasan berikut. Dimana berikut ini akan disampaikan secara jelas pengertian GPS navigasi, cara kerja dan fungsinya.

Advertisement

Definisi dari GPS sendiri yaitu sistem navigasi yang memakai satelit, didesain untuk menampilkan posisi secara instan. Selain itu, kecepatan dan juga informasi waktu yang ada di hampir seluruh dunia dapat ditampilkan setiap saat dan dengan kondisi cuaca apapun. Alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satelit penggunaan GPS dinamakan sebagai GPS Tracker atau GPS Tracking. Penggunaan alat ini memudahkan user untuk mengetahui atau melacak posisi sebuah kendaraan dalam kondisi real-time. Ini merupakan pengertian GPS secara umum yang mudah untuk Anda mengerti.

Untuk cara kerjanya yaitu satelit GPS yang ada di luar angkasa memancarkan sinyalnya ke bumi. Setelah itu sinyal ditangkap oleh GPS Tracker dan ditampilkan dalam layar. Satelit GPS sendiri berjumlah 24 unit. Semuanya memancarkan sinyal ke bumi sehingga dapat dengan mudah ditangkap oleh GPS Trancker. Dalam GPS sendiri terdapat 3 bagian penting, diantaranya yaitu bagian kontrol, bagian angkasa dan bagian pengguna. Itulah pengertian GPS tracker dan cara kerjanya yang dapat Anda simak.

Baca Juga : Pengertian Wifi dan Pengertian Komunikasi

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui fungsi dari penggunaan GPS sendiri. Fungsinya yaitu untuk navigasi, militer, sistem informasi geografis, sistem pelacakan kendaraan dan juga pemantau gempa. Ada banyak manfaat dari penggunaan GPS yang dapat Anda rasakan. Mungkin yang lebih sering Anda gunakan adalah untuk melacak kendaraan ataupun sistem informasi geografis. Demikian yang dapat disampaikan mengenai pengertian, cara kerja dan juga fungsi dari penggunaan GPS. Pengertian GPS ini disajikan dengan bahasa yang ringan sehingga mudah untuk Anda mengerti.

Advertisement