Pengertian Hotspot

1463
Advertisement

Pengertian HotspotĀ sendiri sebuah area untuk berinternet dengan fungsi untuk akses internet tanpa kabel. Jenisnya sendiri yaitu berbayar dan juga hotspot gratis.

Pengertian hotspot, fungsi, dan jenisnya akan dibahas secara tuntas dalam tulisan kali ini. Para pengguna internet dengan smartphone ataupun PC tentu saja sudah tidak asing lagi dengan hotspot. Biasanya hotspot ini bisa ditemukan di sekolah, perguruan tinggi, cafe, ataupun tempat-tempat umum lainnya. Untuk Anda para pengguna hotspot, tahukah Anda apa sebenarnya arti hotspot itu sendiri? Secara umum hotspot diartikan sebagai tempat dimana user atau orang bisa melakukan akses jaringan internet dengan menggunakan laptop, PC ataupun perangkat lainnya yang terdapat wi-finya.

Advertisement

Memang antara wifi dan hotspot tidak bisa terlepas, untuk menggunakan area hotspot perangkat yang Anda gunakan harus memiliki fitur wifi. Setelah arti hotspot, sebelum Anda melangkah lebih jauh mengenai fungsi dan jenis hotspot Anda perlu mengetahui apa itu pengertian dari wifi. Wifi sendiri merupakan sebuah singkatan dari wireless fidelty yang merupakan sebutan dari jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio atau RF. Pada awalnya, wifi digunakan untuk mengakses perangkat lain dengan menggunakan jaringan nirkabel ataupun dengan menggunakan LAN, tapi sekarang ini wifi banyak digunakan untuk melakukan akses internet. Untuk akses dengan menggunakan wifi ini harus terhubung dengan titik point atau yang disebut dengan wifi. Jadi, Hotspot dan juga wifi sangat berhubungan erat.

Fungsi utama dari hotspot adalah menghubungkan perangkat berupa PC ataupun smartphone untuk mengakses internet dengan menggunakan wifi yang terpasang di sebuah area. Keberadaan area hotspot ini tentu saja sangat membantu Anda untuk melakukan browsing, chatting ataupun downloading tanpa harus menggunakan modem ataupun jaringan lainnya. Selain itu, keberadaan hotspot ini juga sangat menunjang aktifitas Anda dalam berseluncur dalam dunia internet secara gratis. Namun tidak semua hotspot area bisa diakses secara gratis dan cuma-cuma. Ada beberapa lokasi hotspot yang mengharuskan penggunanya membayar.

Secara umum, ada tiga jenis hotspot area yaitu gratis, berbayar ke operator, dan juga berbayar ke pemilik gedung ataupun pemilik hotspot. Biasanya hotspot gratis ini bisa diakses ditempat-tempat umum seperti di alun-alun, kantor-kantor pemerintahan, dan juga cafe-cafe. Namun walaupun gratis, terkadang tidak bisa digunakan oleh sembarangan user karena user biasanya diharuskan untuk mempunyai id dan juga passwordnya. Sedangkan untuk yang berbayar Anda diharuskan untuk membayar pada pemilik gedung ataupun operator pemilik jaringan wifi yang akan digunakan. Semakin paham dan jelas bukan mengenai pengertian hotspot, fungsi dan juga jenis-jenisnya.

Baca Juga : Pengertian Kurikulum Pendidikan dan Fungsinya

Advertisement