Pengertian Hukum

1023

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli adalah norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat yang wajib ditaati dan diikuti oleh masyarakat demi mencapai ketertiban dan keamanan.

Pengertian Hukum merupakan sebuah sistem yang diciptakan oleh manusia dalam membatasi setiap tingkah laku atau kegiatan manusia, agar tingkah laku tersebut tidak merugikan orang lain. Dengan adanya hukum, setiap orang tentu tidak bisa sewenang-wenang terhadap sebuah aturan maupun orang lain. Dalam kehidupan bermasyarakat atau berkelompok memiliki aturan tertentu, agar tercipta keamanan dan kenyamanan dalam berkehidupan. Setiap masyarakat tentu memiliki hak atau mendapatkan pembelaan di mata hukum. Tujuan hukum memiliki sifat yang universal, seperti mencakup kebahagiaan, kesejahteraan, kedamaian dan ketenteraman dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Seperti telah kita ketahui, pengertian hukum secara umum merupakan sebuah norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana hukum tersebut telah diakui dan di sahkan untuk ditaati oleh setiap warga negaranya. Adapun pelanggaran terhadap norma hukum itu sendiri akan dikenakan sangsi yang tegas. Pengertian hukum menurut para ahli sendiri berbeda-beda, tergantung dari sudut pandang masing-masing, sebagai berikut:

1. Menurut Achmad Ali

Achmad Ali berpendapat bahwa hukum adalah seperangkat dari norma-norma tentang mana yang salah dan mana yang benar, hukum ini diakui dan dibuat eksistensinya berdasarkan pemerintah, entah itu dalam bentuk tulisan ataupun yang tidak tertulis, sifatnya terikat serta disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat dengan menyeluruh. Pengertian hukum menurut tokoh Indonesia ini berarti setiap warga masyarakat harus mematuhinya dan apabila dilanggar norma tersebut akan dikenakan sanksi untuk pelanggarnya.

Hukum

2. Menurut Plato

Definisi arti hukum menurut Plato yaitu seperangkat peraturan dengan susunan yang teratur dan baik, bersifat untuk mengikat hakim maupun masyarakat.

3. Menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Hukum menurut Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja berarti bahwa keseluruhan kaidah dengan semua asasnya untuk mengatur segala macam pergaulan hidup bermasyarakat. Hukum ini bertujuan demi memelihara ketertiban yang mencakup berbagai macam lembaga.

4. Menurut Prof. Dr. Van Kan

Tak jauh berbeda dengan pengertian hukum secara umum, Prof. Dr. Van Kan pun berpendapat bahwa hukum adalah keseluruhan dari peraturan hidup dengan sifat memaksa agar melindungi setiap kehidupan manusia dalam bermasyarakat di suatu Negara.

5. Menurut Mr. E.M. Meyers

Pengertian hukum menurut Mr. E.M. Meyers adalah berupa aturan-aturan tentang pertimbangan terhadap nilai kesusilaan. Hukum ini ditujukan pada setiap tingkah laku atau perilaku manusia pada kehidupan bermasyarakat. Hukum sendiri merupakan pedoman ataupun acuan untuk penguasa negara agar melakukan segala tugasnya dengan baik.

6. Menurut P. Borst

Pengertian hukum menurut P. Borst adalah keseluruhan peraturan terhadap perbuatan manusia dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Pelaksanaan hukum menurut P. Borst sendiri harus dipaksakan agar setiap manusia mendapatkan keadilan.

7. Menurut S.M. Amin

Hukum menurut S.M. Amin sendiri berarti sekumpulan tentang peraturan yang mencakup sanksi-sanksi dan norma hukum yang berlaku. Adapun tujuan dari hukum ini adalah untuk menyelenggarakan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga keamanan, kenyamanan dan ketertiban masyarakat terpelihara.

8. Menurut Drs. E. Utrecht, S.H

Pengertian hukum menurut Drs. E. Utrecth, Sh sendiri adalah sebuah himpunan peraturan yang berbentuk tentang segala macam perintah maupun larangan untuk mengatur sebuah tata tertib dalam kehidupan bermasyarakat. Hukum dibuat untuk ditaati setiap individu manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikarenakan adanya pelanggaran pedoman hidup dapat menimbulkan terjadinya tindakan pihak pemerintah di suatu lembaga maupun negara.

9. Menurut J.C.T Simorangkir

Pengertian hukum menurut J.C.T Simorangkir adalah segala jenis peraturan dengan sifatnya yang memaksa, untuk menentukan berbagai tingkah laku yang dilakukan setiap individu dalam bermasyarakat. Hukum dibuat oleh sebuah lembaga yang memiliki kewenangan untuk membuatnya.

10. Menurut Leon Duguit

Pengertian hukum menurut Leon Duguit adalah seperangkat aturan terhadap tingkah laku setiap anggota masyarakat, berbentuk aturan yang harus ditaati setiap masyarakat. Hukum juga menurutnya sebagai bentuk jaminan kepentingan bersama, dimana jika dilanggar bisa menyebabkan reaksi pada orang yang melanggar norma hukum tersebut.

11. Menurut Sunaryati Hatono

Sunaryati Hatono berpendapat bahwa hukum tidak berkaitan dengan kehidupan individu seseorang dalam bermasyarakat, melainkan mengatur dan berkaitan dengan beragam kegiatan suatu individu ketika berhubungan dengan individu lainnya. Bisa disimpulkan bahwa hukum mengatur segala macam kegiatan manusia untuk bermasyarakat.

12. Menurut R. Soerso

Pengertian hukum menurut R. Soerso adalah merupakan himpunan dari peraturan yang telah dibuat pihak berwenang yang bertujuan mengatur segala tata tertib dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun ciri-ciri dari hukum adalah berupa larangan dan perintah yang bersifat memaksa, Hukum juga wajib menjatuhkan sanksi bagi orang yang melanggarnya.

13. Menurut A. Ridwan Halim

Ridwan Halim berpendapat bahwa hukum adalah segala bentuk peraturan, baik yang tidak tertulis maupun yang tertulis. Peraturan yang terdapat dalam hukum tersebut tentunya diakui dan berlaku sebagai bentuk peraturan yang sifatnya wajib ditaati dan dipatuhi ketika bermasyarakat.

14. Menurut Tullius Cicerco

Pengertian hukum menurut Tullius Cicerco adalah pemikiran tertinggi yang diciptakan oleh alam untuk setiap individu dengan menetapkan segala hal yang boleh maupun yang tak boleh dilakukan.

15. Menurut Abdulkadir Muhammad

Hukum menurut Abdul Kadir Muhammad adalah segala jenis peraturan, baik yang tak tertulis maupun tertulis dengan mempunyai sanksi tegas bagi si pelanggarnya.

16. Menurut M.H. Tirtaatmidjaja

M.H. Tirtaatmidjaja berpendapat bahwa hukum merupakan keseluruhan dari norma maupun aturan yang wajib diikuti dalam bentuk berbagai tindakan maupun tingkah laku di kehidupan sosial setiap individu. Dimana, orang yang melanggar norma-norma hukum wajib dikenakan oleh sanksi, kurungan, denda, penjara maupun sanksi yang lainnya.

17. Menurut Aristoteles

Seorang ahli Filsafat Yunani. Hukum menurut Aristoteles adalah hanyalah sekumpulan dari peraturan yang berlaku yang sifatnya bukan saja mengikat melainkan juga sebagai hakim untuk masyarakat. Sementara hakim diawasi oleh undang-undang untuk menjalankan setiap tugasnya agar menghukum berbagai macam individu yang melanggar hukum.

18. Karl Max

Karl Max berpendapat bahwa hukum adalah cerminan dari sebuah hubungan yang bersifat hukum ekonomis dalam bermasyarakat pada sebuah tahapan tertentu.

Berdasarkan pengertian tentang hukum diatas dari berbagai ahli, tentu kita bisa lebih memahami apa arti hukum. Hukum merupakan sebuah norma-norma yang wajib dilaksanakan dan ditinggalkan larangannya. Hal ini bertujuan agar setiap masyarakat merasakan ketertiban dan keamanan dalam kehidupannya.

Jenis-Jenis Hukum Yang Ada di Indonesia

Selain Hukum Islam, Secara umum hukum di Indonesia terdiri dari 2 jenis, yakni hukum privat dan hukum publik. Hukum publik sendiri merupakan sebuah hukum yang mengatur hubungan yang terjadi antara individu dan masyarakat, biasanya berupa hukum pidana. Sedangkan Hukum ini umumnya diterapkan apabila masyarakat tersebut benar-benar membutuhkan. Titik berat dari hukum pidana ini untuk mencapai kepentingan masyarakat ataupun kepentingan umum. Hubungan antara korban dengan orang yang bersalah tidak meliputi hubungan antara orang yang merugikan terhadap orang-orang yang dirugikan, melainkan terjadi antara pemerintah dengan terdakwa atau yang bersalah demi kepentingan umum. Sementara hukum privat sendiri lebih dikenal dengan hukum perdata atau hukum sipil.

Pengertian Lainnya : Pengertian Seni Menurut Para Ahli Dan Tujuannya

Nah, itulah beberapa pengertian hukum dan jenis-jenis hukum di Indonesia yang wajib kita ketahui. Semoga bermanfaat!