PENGERTIAN IKLAN DAN CONTOHNYA

2422
Advertisement

Idjoel.com – Pengertian iklan menurut para ahli adalah alat untuk mempromosikan atau mengenalkan produk atau jasa kepada target. Target pengadaan iklan ini yaitu konsumen atau pasar. Contoh iklan seperti iklan baris yang ada di website / blog, Iklan di TV, dan Iklan yang ada dikoran dan lainn sebagainya

Berikut ini akan disampaikan mengenai pengertian iklan. Iklan merupakan suatu alat untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual. Iklan dapat berupa pameran, selebaran dan lain sebagainya. Jadi secara umum iklan dapat diartikan sebagai upaya atau usaha untuk memberi informasi kepada konsumen. Informasi ini dapat berisi tentang produk atau jasa dan juga produsennya. Informasi ini disampaikan sebanyak-banyaknya untuk disampaikan kepada target yaitu konsumen. Iklan akan bermanfaat jika terdapat pasar ataupun konsumen untuk dijadikan target.

Advertisement

Iklan sendiri terbagi atas beberapa jenis, salah satunya yaitu iklan baris. Iklan ini diberi nama sesuai dengan media yang digunakan. Pengertian iklan baris yaitu iklan yang terdiri dari beberapa baris saja. Iklan ini dihitung per baris saja sehingga tarifnya lebih murah. Iklan baris menggunakan bahasa yang singkat, sederhana dan penuh makna. Iklan baris umumnya tidak lebih dari 4 baris dan panjang kolomnya hanya 1 kolom. Ini merupakan pengertian iklan untuk kategori iklan baris secara umum.

Selain iklan baris, terdapat juga iklan kolom. Iklan kolom dicetak dengan lebar 1 kolom, sama dengan iklan baris. Hanya saja kolom untuk iklan ini lebih panjang sehingga dapat menampung kalimat yang lebih panjang pula. Jadi pengertian iklan kolom secara umum yaitu iklan yang dicetak dalam kolom yang cukup panjang. Contoh iklan ini diantaranya yaitu menawarkan produk dan jasa, undangan terbuka serta lowongan pekerjaan. Selain itu, masih banyak lagi yang termasuk sebagai iklan kolom.

Itulah beberapa pengertian dari iklan yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda. Pada dasarnya, ada banyak definisi iklan menurut para ahli. Namun secara umum dapat digarisbawahi bahwa iklan dibuat untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada target. Iklan ini dapat ditata sebaik mungkin agar konsumen sebagai target memahami iklan tersebut. Tujuan pengadaan iklan ini yaitu agar konsumen dapat mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan. Serta konsumen dapat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Demikian yang dapat disampaikan mengenai pengertian iklan secara umum untuk anda semua.

Advertisement