Pengertian Imunisasi

1312
Advertisement

Pengertian Imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seorang bayi melalui suntikan atau minum (oral). Vaksin yaitu virus atau bakteri yang sudah dilemahkan atau dibunuhnya bagian-bagian bakteri tersebut kemudian dimodifikasi. Vaksin yang diberikan untuk bayi ini, mempunyai fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vaksin yang diberikan ke dalam tubuh bayi ini akan menjadi sistem pertahanan tubuh dan akan bereaksi sebagai antibodi. Imunisasi ini diberikan kepada bayi secara bertahap sejak balita.

Vaksin yang diberikan kepada seorang bayi yaitu vaksin BCG, Hepatitis B, Polio, DPT, dan campak. Semua vaksin tersebut harus diberikan kepada seorang bayi agar tidak membahayakan kesehatan dan tidak menderita penyakit-penyakit tersebut. Definisi imunisasi juga bisa diartikan dengan pemberian sistem kekebalan tubuh melalui virus atau bakteri yang telah dilemahkan dan dibunuh yang kemudian dimodifikasi menjadi sebuah vaksin. Imunisasi sendiri berasal dari kata imun yang berarti kebal. Jadi, imunisasi merupakan memberikan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit agar terhindar dari penyakit.

Advertisement

Untuk menghindari penyakit tersebut, maka diberikanlah imunisasi kepada anak-anak dan balita karena sistem kekebalan tubuh seorang bayi atau anak-anak itu berbeda dengan orang dewasa. Sistem kekebalan seorang bayi masih sangat lemah dari pada orang dewasa karena dari itu bayi harus diberikan imunisasi supaya tidak gampang sakit dan tertular penyakit. Pengertian imunisasi lainnya yaitu suatu proses yang diberikan kepada seorang bayi atau anak-anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seorang bayi atau anak-anak melalui suntikan atau minuman yang berupa bakteri atau virus yang telah dilemahkan dan di bunuh kemudian di modifikasi menjadi sebuah vaksin.

Baca Juga : Pengertian Ovulasi

Pemberian Imunisasi ini bertujuan agar untuk memberikan suatu imunitas pada seorang bayi atau anak-anak. Dan imunisasi juga berfungsi untuk mengurangi angka kematian dan penyakit yang berbahaya yang membahayakan kesehatan anak, karena sistem imun anak yang masih lemah dan rentan tertular penyakit. Itu merupakan pengertian imunisasi secara umum yang bisa kita bahas pada kesempatan ini. Semoga dengan adanya definisi imunisasi ini, bisa menyadarkan Anda yang sudah menjadi orang tua untuk mengimunisasi anak Anda secara teratur dan rutin agar anak Anda selalu sehat dan ceria.

Advertisement