Pengertian Jaringan Komputer dan Pengertian Data Serta Jenisnya

567
Advertisement

Pengertian Jaringan Komputer memang menjadi salah satu hal yang didebatkan saat ini. Karena di dalam beberapa buku diktat pengajaran pendidikan komputer sendiri memiliki pengertian dan arti yang berbeda-beda mengenai jaringan komputer sendiri. Sehingga banyak orang yang merasa dibingungkan dengan berbagai versi tersebut. Untuk itu, kita perlu mengetahui sebenarnya mengenai kebenaran dari definisi jaringan komputer yang ada saat ini. Sehingga harapannya, tidak akan membingungkan para pembaca yang ingin menggali ilmu melalui informasi tersebut.

Adapun pengertian dari jaringan komputer yang benar yakni sebuah sistem yang di rancang untuk dapat berbagi data, akses, dan sumber daya antara komputer yang satu dengan yang lain dalam satu jaringan kabel optik yang di hubungkan untuk menggabungkan semua komputer tersebut. Dengan begitu, setiap komputer dapat melakukan komunikasi baik internal maupun secara umum kepada komputer lain. Itulah sebenarnya definisi jaringan komputer yang benar dan dapat juga di jadikan sebagai pengertian jaringan komputer dari yang ada saat ini.

Advertisement

Selain dari pengertian, ternyata jaringan komputer ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang mengikutinya. Sehingga bagi orang yang menggunakan jaringan komputer, pastilah akan mendapatkan berbagai kemudahan. Adapun manfaat atau kelebihan dari jaringan komputer tersebut diantaranya kita dapat dengan mudah melakukan komunikasi antara komputer yang kita gunakan dengan komputer lain yang berada di tempat lain. Namun, komunikasi itu dapat terjadi selama komputer yang kita gunakan masih dalam satu jalur dengan komputer yang kita ajak komunikasi tersebut.

Selain itu, manfaat yang lain dari jaringan komputer itu yakni kita akan mendapatkan banyak sekali informasi yang kita butuhkan secara up to date dan cepat. Sehingga kita akan sedikit menghemat waktu kita untuk mencari sebuah informasi yang kita butuhkan. Dengan demikian, kita akan mendapatkan kemudahan jika menggunakan jaringan komputer yang ada saat ini. Namun, sebelum kita menggunakan jaringan komputer tersebut dengan baik, maka penting untuk kita mengetahui pengertian jaringan komputer terlebih dahulu. Sampai jumpa pada episode kami selanjutnya.

Penjelasan Mengenai Pengertian Data dan Jenisnya

Pengertian Data

Pengertian data secara umum merupakan sebuah penyampaian informasi yang terkait dengan hasil suatu pekerjaan kepada orang lain. Dimana data yang di tampilkan tersebut menjadi salah satu acuan atau dasar dalam mengambil sebuah keputusan atau sebuah kesimpulan terkait dengan data tersebut. Definisi data sendiri sebenarnya dapat di definisikan dalam bentuk yang berbeda. Sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari data tersebut di buat, sehingga maksud dan tujuan dari data tersebut di buat dapat sesuai dengan harapan semula.

Penggunaan data memang menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menentukan suatu hasil pengujian atau juga pada sebuah penelitian pada sebuah obyek. Karena biasanya data yang didapatkan pada sebuah penelitian masih berupa data mentah dan masih memerlukan beberapa pengolahan data. Dan biasanya data itu bersifat fakta dan menjadi sebuah bukti pada suatu penelitian yang di lakukan. Maka dengan hal seperti itu, maka setiap orang yang ingin melakukan penelitian atau juga dalam melakukan sebuah pengujian haruslah memahami dan mengerti akan pengertian data yang sebenarnya terlebih dahulu.

Di dalam definisi data, disitu juga di jelaskan pada data sendiri ternyata memiliki beberapa jenis dan fungsi dari data itu sendiri. Dan jenis data tersebut di sesuaikan dengan kebutuhan kita mau menggunakan data seperti apa. Adapun jenis data yang pertama disebut dengan data kualitatif, dimana data tersebut tidak dalam bentuk angka, melainkan dalam bentuk tulisan dan bacaan. Adapun contoh dari data kualitatif tersebut seperti pertanyaan seputar pekerjaan, gaya kepemimpinan suatu perusahaan, dan yang lainnya berupa kuisioner dan survei.

Kemudian, jenis data yang berikutnya dapat di sebut dengan data kuantitatif, dimana didalam data tersebut tidak dapat unsur kata atau kalimat dan bacaan. Akan tetapi di dalam data tersebut hanya berbentuk angka dan nominal. Adapun contoh dari jenis data ini seperti perhitungan laba perusahaan, perhitungan saham, prospek pasar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, itulah jenis-jenis data yang bisa saya jabarkan untuk Anda. Dengan adanya keterangan tersebut, di harapkan dapat mempermudah Anda dalam memahami sebuah pengertian data tersebut. Selamat membaca dan sampai jumpa pada episode berikutnya.

Advertisement