Pengertian Jejaring Sosial dan Macam-macam Jejaring Sosial

Pengertian Jejaring Sosial secara umum adalah media bertukar informasi secara mudah dan cepat menggunakan jaringan internet tanpa ada batasan.

Teknologi komunikasi selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sekarang ini, ada teknologi komunikasi yang sangat memberi kemudahan bagi manusia. Kita sekarang dapat bertukar informasi dengan cepatnya tanpa ada batas. Dimanapun kita berada, kita tetap bisa berkomunikasi dengan saudara, keluarga, teman, bahkan berkenalan dengan teman baru dengan memanfaatkan jaringan internet. umum merupakan media yang digunakan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat dan mudah menggunakan jaringan internet ini dinamakan jejaring sosial. Akan tetapi, pengertian jejaring sosial tentu saja tidak sesederhana itu.

Istilah jejaring sosial untuk pertama kalinya dikenalkan oleh Professor J.A Barnes (1954). Jejaring sosial diartikan sebagai sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial merupakan sebuah struktur sosial atau tatanan sosial di mana individu ataupun organisasi yang terlibat di dalamnya memiliki hubungan yang spesifik. Dengan adanya jejaring sosial, manusia dengan kesamaan sosialitas dapat saling berhubungan. Berdasarkan pengertian jejaring sosial tersebut ada satu hal yang penting yang harus ada dalam sebuah struktur sosial pada berbagai jaringan sosial yaitu individu atau organisasi yang saling berhubungan, dan ada tujuan tertentu dalam hubungan tersebut.

Macam-macam jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Pinterest, Flickr, LinkedIn, Youtube, dan masih banyak lagi sekarang begitu digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Facebook berada di urutan teratas paling banyak diakses dari semua website jejaring sosial yang ada. Setiap situs jejaring sosial mempunyai ciri khas dan keunggulan masing-masing. Namun, pada umumnya jejaring sosial berhubungan dengan chatting, blogging, forum diskusi, berbagi pesan, dan berbagi gambar serta video.

Sekarang ini jejaring sosial tidak bisa dipisahkan dari manusia, dan sudah menjadi gaya hidup. Layanan SMS dan telepon tidak lagi menjadi pilihan utama dalam berkomunikasi dan berdakwah. Akan tetapi, secanggih apapun jejaring sosial yang dan gunakan hendaknya jangan sampai mendekatkan yang jauh saja namun malah menjauhkan yang dekat. Silaturahmi langsung dengan orang-orang di sekitar Anda juga penting untuk dilakukan agar Anda tidak menjadi pribadi yang antisosial.

Lain Lagi : Foto Orang Melahirkan

Demikian pemaparan kami tentang pengertian jejaring sosial untuk anda, Pengertian Firewall dan Fungsinya. Baca juga Mudah-mudahan bermanfaat.

tags: