Pengertian Jihad

954
Advertisement

Pengertian Jihad adalah melakukan usaha dan daya upaya untuk membela sesuatu yang diyakini benar dan akan membawa kebaikan dunia dan akhirat bagi pelaku jihad tersebut.

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan istilah jihad bukan? Jihad adalah salah satu istilah yang sering kita dengar dalam lingkup Islam di seluruh dunia. Begitu pentingnya jihad hingga istilah ini sering kita dengar dalam misi dan tujuan ibadah serta membela agama Allah Agama Islam. Namun sangat disayangkan pengertian jihad seringkali justru disalah artikan dan dianggap sebagai suatu wujud terorisme. Hal ini karena seringkali terjadi peristiwa berbahaya mengatas namakan jihad yang justru menjadikan banyak orang yang terlibat sebagai korban.

Advertisement

Miris memang ketika menyadari jihad Islam yang sesungguhnya adalah satu ibadah suci untuk membela agama Islam justru memancing opini buruk oleh publik karena peristiwa-peristiwa yang memakan banyak korban. Beberapa negara menilai pengertian jihad adalah sebagai tindakan terorisme yang bersifat sarkasme sehingga jihad dikategorikan sebagai satu aktifitas yang mengganggu dan mengkhawatirkan. Ini berimbas buruk bagi beberapa umat Muslim yang berada di luar negeri. Mereka pun ikut-ikutan dicurigai akan melakukan tindakan ekstrim yang berbahaya mengatas namakan jihad.

Definisi jihad sesungguhnya adalah melakukan berbagai usaha dan upaya untuk membela sesuatu yang diyakini benar. Dalam Islam, jihad berarti membela keislaman dalam berbagai aspek. Jihad tidak selalu berupa perang dan pertumpahan darah. Berdakwah dan menyebarkan kebenaran seputar Islam juga termasuk cara berjihad karena hal itu juga termasuk membela agama Islam. Sayang nya beberapa negara terlanjur menilai negatif jihad Islam.

Pilihan Editor : Pengertian HAM

Penyempitan pengertian jihad sebenarnya disebabkan oleh opini dan persepsi dari dasar jihad oknum-oknum tertentu. Misalnya pada kasus bom Bali, para tersangka berdalih jihad karena Bali dinilai menjadi salah satu tempat maksiat. Kenyataannya banyak pula orang-orang tak berdosa yang turut terbunuh dan menjadi korban pada peristiwa tersebut. Jihad tidak hanya soal berperang saja. Mencari nafkah yang halal, beribadah menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan mengajak orang-orang sekitar juga termasuk jihad Fisabililah.

Advertisement