Pengertian Karya Ilmiah

906
Advertisement

Pengertian Karya Ilmiah adalah sebuah laporan secara tertulis mengenai hasil penelitian dan pengamatan terhadap sebuah peristiwa ataupun objek oleh perorangan atau sekelompok orang dalam memenuhi misi tertentu. Karya Ilmiah disebut juga Scientific Paper dalam bahasa Inggris. Laporan, Simposium, Artikel dan Makalah merupakan beberapa macam dari karya Ilmiah yang sering dibuat. Semuanya merupakan hasil dari sebuah penelitian atau pengamatan yang menghasilkan kesimpulan yang relevan tanpa dibuat-buat.

Data, dan kesimpulan-kesimpulan yang ada di dalam sebuah Karya Ilmiah akan digunakan untuk melakukan penelitian yang baru. Sehingga kebenaran sebuah karya ilmiah sangatlah penting untuk dipertanggungjawabkan. Itulah mengapa definisi karya ilmiah bukanlah sebuah karya tulis biasa yang isinya dapat dikarang dengan sederhana. Sebuah karya tulis dapat dibuat melalui proses yang panjang dengan isi yang akurat, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila sebuah karya tulis dibuat tidak dengan prosedur yang seharusnya, maka kebenaran laporan tersebut diragukan. Karya tulis yang isinya tidak akurat akan beresiko membuat penelitian-penelitian selanjutnya menjadi gagal.

Advertisement

Definisi karya ilmiah dapat dijabarkan sebagai sebuah karya tulis yang dibuat oleh ilmuwan berdasarkan sebuah penelitian dan berguna untuk pengembangan dan memajukan bidang pengetahuan pada aspek tertentu. Misalnya di bidang teknologi dan sebagainya. Makna karya ilmiah bertujuan untuk berbagi dan mengedukasi. Namun juga dapat memancing pendapat baru. Akan ada kemungkinan diterima atau tidaknya sebuah karya ilmiah walaupun karya tersebut dibuat berdasarkan penelitian dengan proses yang panjang dan waktu yang tidak sebentar.

Sebuah Karya Ilmiah dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang tertentu, tergantung karya ilmiah itu dalam aspek apa. Karena pada hakikatnya, sebuah karya ilmiah dibuat untuk mengungkapkan dan menyampaikan sebuah kebenaran yang telah berhasil disusun melalui proses sistematis dengan menggunakan metode tertentu. Pengertian karya ilmiah haruslah bersifat logis, rasional, efisien dan efektif guna mengoptimalkan nilai gunanya. Hal ini bertujuan supaya karya ilmiah ini dapat menjadi sebuah temuan terbaru dan bisa bermanfaat bagi khalayak umum.

Baca juga : Pengertian Ruang Lingkup dan Pengertian Rekonsiliasi Bank

Advertisement