Pengertian Kehamilan

667
Advertisement

Pengertian Kehamilan merupakan sebuah proses dimana seorang wanita membawa janin dalam tubuhnya selama 40 minggu diawali dengan tanda-tanda kehamilan.

Masa kehamilan merupakan salah satu masa yang paling ditunggu oleh seorang wanita yang kelak akan menjadi seorang ibu. Secara definisi kehamilan adalah sebuah masa seorang wanita membawa janin atau fetus atau embrio di dalam tubuhnya hingga masa 9 bulan 10 hari. Dalam beberapa kasus seorang perempuan mampu banyak gestasi atau kehamilan kembar. Kehamilan dapat terjadi jika terjadi pembuahan antara sel sperma dengan sel telur yang akhirnya akan berubah menjadi embrio yang menempel pada rahim.

Advertisement

Ketika terjadi pembuahan akan terjadi tanda-tanda kehamilan yang tidak akan disadari bagi wanita yang mengalami kehamilan perdananya. Karena beberapa kasus ada perempuan yang tidak memiliki tanda-tanda akan hamil, dan beberapa kasus lainnya tanda-tanda kehamilan yang dirasakan hampir sama dengan tanda-tanda ketika menjelang menstruasi. Sehingga tak jarang yang beranggapan bahwa tanda kehamilan dianggap sebagai tanda menstruasi yang akan tiba.

Ciri-ciri orang hamil diantaranya selain telat menstruasi adalah hampir sama dengan ciri-ciri menstruasi seperti rasa sakit pada payudara khususnya bagian puting. Adanya rasa mual di pagi hari atau yang biasa disebut sebagai morning sickness yang dimana tidak setiap wanita hamil mengalaminya. Rasa capek atau lelah yang berlebihan dimana hal tersebut sebagai bentuk penyesuaian akan ada hadirnya janin di dalam tubuh. Kemudian adanya bercak darah yang kerap dianggap sebagai flek sebelum menstruasi, padahal bercak darah tersebut adalah tanda embrio menempel pada rahim.

Merunut pada #Pengertian sebelumnya dan tanda-tanda yang muncul, maka kehamilan dibagi menjadi 3 fase yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Dimana masa kehamilan yang rawan adalah pada masa trimester pertama dimana janin masih berupa embrio yang akan tumbuh menjadi janin yang sempurna. Pada masa ini juga beberapa ibu hamil akan mengalami masa morning sickness dari tingkatan ringan hingga berat. Ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan bergizi pada fase kehamilan.

Dari Pengertian kehamilan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa seorang wanita hamil yang membawa janin di dalam perutnya akan menghadapi beberapa fase kehamilan yang diawali dengan tanda kehamilan sebelum mengetahui dirinya hamil. Tetap konsumsi makanan bergizi demi kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung selama 40 minggu.

Advertisement