Pengertian Komunikasi

835
Advertisement

IDJOEL.COM – Pengertian Komunikasi, Komponen dan Modelnya dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan pada khalayak yang akhirnya nanti akan mendapatkan feedback dan negosiasi makna. Komunikasi dapat menyesuaikan segala sendi kehidupan, tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita dianjurkan untuk berkomunikasi secara Islami bagi kita yang Muslim.

Pengertian komunikasi bisa dilihat dari berbagai sudut pandang atau perspektif. Dalam pengertian secara umum komunikasi adalah proses mengirim dan menerima antara dua individu atau lebih. Sarat dari komunikasi tersebut adalah kedua individu atau lebih tersebut mampu mengerti atau memahami maksud dari proses mengirim dan menerima dalam komunikasi. Cara komunikasi juga bermacam-macam, meliputi komunikasi secara langsung dan komunikasi secara tidak langsung. Serta menggunakan berbagai media misalnya suara telepon, video, tulisan dan sebagainya. Itu merupakan definisi komunikasi secara umum, tapi apakah Anda sudah tahu pengertian komunikasi dalam perspektif Islam, jika belum maka Anda bisa menyimak pembahasannya di sini.

Advertisement

Komunikasi bukan dipelajari dalam studi umum saja, namun dalam Islam juga mempunyai kajian ilmu komunikasi yang dibahas sesuai dalam pandangan Islam. Jika dalam bangku kuliah umum ada studi tentang ilmu komunikasi, dalam bangku kuliah Islam juga ada Ilmu Komunikasi Islam. Karena dalam Islam juga dianjurkan untuk saling berkomunikasi seperti yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT melalui kitab-Nya yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Islam merupakan agama yang bersifat universal dalam kehidupan di dunia, sebagai pembaharu yang mengatur kehidupan di segala bidang meliputi social kemasyarakatan seperti komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian komunikasi dalam perspektif Islam juga terbagi dalam beberapa unsur misalnya politik Islam, ekonomi Islam, Hukum Islam dan sebagainya.

Manusia tidak pernah lepas dari komunikasi. Setiap hari kita akan melakukan komunikasi, baik dengan orang yang lebih tua, lebih muda maupun yang sebaya. Tapi tahukah Anda tentang pengertian komunikasi? Komunikasi merupakan sebuah proses yang melibatkan seseorang dengan kelompok, organisasi, masyarakat yang akhirnya menciptakan atau menggunakan sebuah informasi untuk terhubung satu dengan yang lainnya. Komunikasi dapat dilakukan dengan bahasa lisan maupun verbal yang mampu dimengerti oleh lawan bicaranya.

Secara umum komunikasi merupakan sebuah proses dalam penyampaian informasi baik berupa pesan, ide, gagasan, yang terdiri dari satu pihak kepada pihak yang lain, baik langsung atau melalui handphone. Proses tersebut yang nantinya akan mendapatkan sebuah feedback atau timbal baik dengan sebuah persetujuan maupun tidak setuju. Dalam komunikasi terdapat beberapa komponen komunikasi yang perlu diketahui.

Komponen tersebut adalah pengirim pesan atau komunikator, pesan yang dikirimkan, saluran atau media dimana pesan akan disampaikan, penerima atau komunikan yang menerima pesan, umpan balik atau feedback atas pesan yang diterima, serta aturan yang disepakati tentang komunikasi yang disampaikan.

KomunikasiMerujuk pada pengertian komunikasi yang telah dijelaskan sebelumnya dapat dikelompokkan model komunikasi diantaranya adalah:

  1. Model komunikasi linear

Model komunikasi ini berdasarkan bagaimana komunikasi dapat disampaikan melalui media. Dalam metode ini bahwa seseorang hanyalah komunikator atau hanya sebagai komunikan. Tentu saja hal tersebut menyempitkan dari berbagai komponen komunikasi yang ada. Karena model ini memiliki konsep penting yaitu noise atau gangguan yang merupakan sebuah gangguan dari pesan yang disampaikan.

  1. Model internasional

Model ini merupakan sebuah model komunikasi yang berupa dua arah. Dikembangkan oleh Wilbur Schramm di tahun 1954. Model ini menekankan adanya umpan balik pada komunikasi.

  1. Model transaksional

Model ini menyatakan bahwa pengiriman serta penerimaan pesan dapat berlangsung secara terus menerus. Dikembangkan oleh Sarnlund di tahun 1975. Model ini menekankan pentingnya negosiasi makna.

Pengertian Komunikasi Perspektif Islami

Dalam pandangan Islam pengertian komunikasi bisa dibagi menjadi dua unsur, yaitu komunikasi yang bersifat vertikal maupun komunikasi yang bersifat horizontal. Komunikasi yang bersifat vertical yaitu hubungan individu antara manusia yang dengan penciptaanya yaitu Allah SWT yang telah menciptakan alam raya beserta isinya. Sedangkan komunikasi Islam yang bersifat horizontal merupakan hubungan saling mengirim dan menerima baik dalam bentuk suara maupun melalui berbagai media. Komunikasi yang bersifat horizontal inilah yang melatarbelakangi motif social kemasyarakatan dalam Islam, misalnya mua’amalah, Syariah, dan dakwah. Kedua unsur vertical dan horizontal ini harus berjalan seirama karena kedua unsur tersebut sangat penting bagi umat Islam.

Cara komunikasi dalam pandangan Islam juga telah diatur dalam kitab Al-Qur’an dan hadits, tujuannya adalah supaya komunikasi yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan semestinya tanpa melanggar aturan yang telah dilarang dalam Islam. Cara yang telah diatur tersebut bisa diistilahkan dengan prinsip komunikasi, kaidah komunikasi dan etika berkomunikasi dalam Islam yang dijadikan pegangan pada saat umat Islam melakukan komunikasi di segala bidang. Pengertian komunikasi dalam Islam berdasarkan gaya berkomunikasi bisa Anda lihat dalam uraian yang lebih spesifik yang akan kami uraikan.

Gaya Komunikasi Islam Qaulan Sadida

Pengertian komunikasi dengan gaya komunikasi dalam Islam Qaulan Sadida adalah komunikasi yang memenuhi unsur substansi yang lengkap meliputi materi pesan, isi pesan dan maksud pesan. Qaulan Sadida merupakan gaya komunikasi yang paling sempurna karena komunikasi ini dilakukan dalam waktu, tempat yang sama misalnya pada saat kita sedang berkomunikasi dengan 2 orang atau lebih dalam satu tempat pada saat rapat. Islam menganjurkan dalam komunikasi seperti ini harus menjunjung tinggi kejujuran, dan tidak merekayasa kenyataan. Qaulan Sadida telah diatur dalam Al-Quran (QS. 4:9) sebagai berikut:

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu, maka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka berkata Qaulan Sadida (perkataan yang jujur) QS. 4:9.

Berdasarkan ayat diatas kita bisa menggaris bawahi bahwa pengertian komunikasi yang baik adalah komunikasi yang menggunakan cara yang benar baik ucapan, cara penyampaian khususnya dalam bahasa Indonesia menggunakan ejaan yang benar.

Gaya Komunikasi Islam Qaulan Baligha

Jika dilihat dari arti kata, Baligha mempunyai arti simpel, lugas dan tepat arti atau maknanya. Sedangkan secara definisi pengertian komunikasi Qaulan Baligha adalah komunikasi yang menggunakan cara efektif, mudah dipahami dan tepat sasaran untuk lawan komunikasi lainnya atau individu lainnya. Cara komunikasi yang berbelit-belit akan membuat orang yang diajak komunikasi merasa bosan dan tidak ingin mendengar apa yang kita sampaikan. Kita bisa melihat hadits yang berkaitan dengan komunikasi Qaulan Baligha dari HR. Muslim yang bunyinya sebagai berikut:

“Berbicaralah kepada manusia berdasarkan akal atau intelektualitas mereka” H.R Bukhari Muslim.

Serta alam Al-Qur’an Qs. Ibrahim ayat 4 yang artinya sebagai berikut:

“Tidak kami utus seorang rasul kecuali ia harus menjelaskan dengan bahasa kaumnya” (QS. Ibrahim: 4)

Berdasarkan kedua sumber Al-Quran dan hadis diatas kita bisa menggaris bawahi bahwa pengertian komunikasi secara Qaulan Sadida berarti cara gaya bicara atau komunikasi yang menyesuaikan pada tempatnya. Misalnya pada saat Anda dalam lingkungan intelektualitas sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda, maka anda bisa menggunakan cara penyampaian yang intelek. Tapi jika Anda berada di lingkungan atau kalangan non formal bahkan non intelek maka tidak tepat jika Anda menggunakan cara komunikasi yang intelek. Itulah fungsi komunikasi yang baik adalah mudah dipahami sesuai dengan kadar pola pikir mereka.

Gaya Komunikasi Qaulan Ma’rufa

Gaya komunikasi Qaulan Ma’rufa bisa diartikan secara harfiah yaitu perkataan yang baik dan sopan, tidak menyinggung perasaan orang yang kita ajak untuk berkomunikasi. Cara ini sangat penting terutama jika Anda merupakan orang yang sering berkomunikasi dengan banyak orang setiap harinya seperti pebisnis. Qaulan Sadida menjadi faktor penunjang berhasil atau tidaknya Anda berkomunikasi pada saat melakukan lobi atau perjanjian bisnis. Jika salam salah karena menyinggung perasaan maka semua bisa menjadi gagal. Pengertian komunikasi ini sering digunakan dalam bidang muamalah. Sedangkan ayat-ayat yang berkaitan dengan Qaulan Ma’rufa adalah QS Al-Baqarah ayat 235 dan QS AL-Ahzab ayat 32.

“Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindirian atau kamu meenyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan mnyebut-nyebut mereka, maka dari itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali hanya mengucapkan (kepada mereka) Qaulan ma’rufa (perkataan yang baik). QS. Al-Baqarah 235.

Dengan demikian pengertian komunikasi yang baik adalah pembicaraan yang tidak menyinggung orang lain dan disampaikan dengan baik santun. Bukan saja pada bidang muamalah tetapi dalam segala bidang untuk ketentraman dalam hidup kita.

Demikianlah beberapa gaya berbicara atau berkomunikasi yang telah diatur dalam Islam. Al Qur’an dan hadits merupakan pegangan bagi umat Islam dalam setiap sendi kehidupan, sebagai pembenar atas kitab-kitab sebelumnya untuk menjadi pedoman hidup di masa kini dan sampai kapanpun. Islam tidak pernah menganjurkan memelihara permusuhan, tetapi dianjurkan untuk sering berkomunikasi dan memperbanyak silaturahmi. Semoga pengertian komunikasi dalam pandangan Islam ini bisa menjadi pedoman dalam cara berkomunikasi kita sebagai umat Islam yang baik dan benar sesuai agama.

Demikianlah pengertian komunikasi beserta komponen dari komunikasi yang lahirnya terbagi menjadi model komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan mengenai komunikasi.

Advertisement