Pengertian Kurikulum Pendidikan dan Fungsinya

1287
Advertisement

Pengertian Kurikulum harus dipahami oleh para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Hal ini disebabkan karena pentingnya kurikulum bagi sekolah.

Sekarang ini dunia pendidikan Indonesia masih mempersoalkan kurikulum sekolah, tahukah Anda apa sebenarnya pengertian kurikulum? Banyak orang yang membicarakan carut marutnya kurikulum yang ada di Indonesia. Salah satu masalahnya yaitu pergantian kurikulum yang tidak jelas. Namun, dalam pembahasan kali ini penulis tidak akan membahas carut marut kurikulum di Indonesia tapi akan membahas apa pengertian dan definisi kurikulum pendidikan. Informasi ini tentunya akan menambah pengetahuan Anda mengenai kurikulum pendidikan.

Advertisement

Banyak para ahli yang sudah memberikan definisi dari kurikulum pendidikan. Salah satunya yaitu Roald C Doll. Ahli pendidikan ini menjabarkan bahwa kurikulum merupakan isi dan juga proses non formal dan formal untuk mengantarkan siswa dalam mendapatkan pengetahuan serta pemahaman. Tidak hanya itu, dalam kurikulum juga memuat ketrampilan yang harus dikuasai siswa dan juga perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan nilai yang ditetapkan dari lembaga. Jadi, pengertian kurikulum adalah sebagai seperangkat program pendidikan dan mata pelajaran yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan yang isinya mengenai rancangan pelajaran yang harus diberikan kepada siswa dalam suatu waktu tertentu.

Dilihat dari pengertian dan definisi kurikulum yang sudah dijelaskan diatas dapat dilihat bahwa fungsi dari kurikulum dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Keberadaan kurikulum ini memang harus ada dalam setiap sekolah, hal ini dikarenakan kurikulum adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan dari pendidikan di sebuah sekolah. Tanpa kurikulum sekolah tidak mempunyai arahan yang jelas pendidikan yang akan diberikan kepada siswa. Selain itu, guru juga tidak akan mempunyai pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar dan pembelajaran. Kurikulum tidak hanya berfungsi sebagai pedoman guru saja, tapi juga mempunyai peran yang penting bagi pemangku kepentingan seperti kepala sekolah dan juga pengawas sekolah.

Fungsi kurikulum untuk kepala sekolah adalah sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran di sekolah yang ia pimpin. Melalui kurikulum ini kepala sekolah juga bisa mengontrol proses pendidikan yang dilakukan oleh para guru apakah sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku ataukah belum. Sedangkan untuk pengawas sekolah kurikulum juga bisa dijadikan sebagai pedoman dalam menilai dan mengawasi sekolah. Selain itu, melalui kurikulum pengawas juga bisa melakukan penyempurnaan sekolah agar menghasilkan lulusan yang lebih baik. Untuk melakukan ini semua baik guru, kepala sekolah, dan juga pengawas harus benar-benar paham mengenai pengertian kurikulum.

Advertisement