Pengertian Lembaga Sosial

542
Advertisement

Pengertian Lembaga Sosial yakni sebuah organisasi atau bisa di katakan sebagai sebuah instansi yang memiliki kekuatan hukum untuk mengatur dan menjalankan semua norma-norma yang terdapat di dalam lingkungan sosial. Norma-norma yang di maksud di sini yakni berupa sikap dan perilaku masyarakat di dalam berbangsa dan bernegara sesuai dengan kebudayaan dan keagamaan yang di yakni masyarakat tersebut. Sehingga jika masyarakat tersebut menyalahi peraturan atau norma tertentu, maka dia telah menyalahi aturan sosial.

Sebenarnya definisi lembaga sosial ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu tokoh bangsa yakni Prof. Koentjaraningrat, dimana pada zaman dahulu lembaga sosial ini bernama pranata sosial. Dan baru sekitar orde baru nama pranata sosial berganti nama menjadi lembaga sosial. Dengan munculnya lembaga sosial ini, diharapkan seluruh kegiatan masyarakat dalam hal menjalankan norma sehari-hari dapat berjalan sebagaimana mestinya dan jika terjadi pelanggaran norma dapat di kendalikan oleh lembaga sosial tersebut.

Advertisement

Dengan lahirnya sebuah lembaga sosial tersebut, ternyata selain itu yang perlu ditekankan, tetapi juga fungsi dan peranan lembaga sosial tersebut juga harus ditekankan. Sehingga masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami fungsi dari dibentuknya lembaga sosial tersebut. Dan harapannya masyarakat nantinya dapat menerima keberadaan dari lembaga sosial tersebut, karena sosialisasi lembaga tersebut dengan definisi lembaga sosial dan juga fungsinya tersebut telah terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat pada umumnya. Dengan harapan keberadaan lembaga sosial ini mampu memberikan pengawasan yang pas untuk masyarakat negara ini.

Adapun fungsi dari lembaga sosial tersebut yakni dapat memberikan petunjuk atau pedoman kepada masyarakat dalam bersikap dan berperilaku yang sopan dan pantas di dalam lingkungan masyarakat pada umumnya. Kemudian fungsi lain dari lembaga sosial tersebut untuk mengendalikan berbagai kegiatan yang melanggar kaidah sosial dan dapat melakukan beberapa pengendalian sosial untuk mengatasi masalah tersebut. Dan dari kedua fungsi tersebut telah di perkuat dengan adanya secara independent untuk mendukung tugas pokok lembaga tersebut.

Baca Juga : Pengertian Peluang Usaha

Advertisement