Pengertian Manusia Menurut Para Ahli Sekuler

1753
Advertisement

Pengertian Manusia Menurut Para Ahli Sekuler sendiri berbeda-beda, tergantung dari segi budaya, rohani maupun segi biologis. Menurut ilmu biologi sendiri, manusia dikategorikan dalam golongan Homo Sapiens yang termasuk ke dalam jenis spesies primata yang tergolong mamalia dengan dibekali otak yang berkemampuan tinggi. Pengertian manusia menurut kerohanian sendiri menjelaskan bahwa manusia berhubungan dengan jiwa yang beragam. Dalam agama sendiri, manusia memiliki hubungan baik kepada Tuhannya maupun kepada sesama makhluk hidup.

Manusia menurut agama Islam merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah dimuka bumi dan bertujuan hanyalah menyembah Allah Ta’ala.

Advertisement

Pengertian Manusia sendiri bisa diartikan makhluk sosial, dimana membutuhkan individu atau manusia lainnya. Jadi, manusia memiliki ketergantungan dengan manusia lainnya. Berdasarkan istilah sendiri, pengertian manusia adalah sebuah konsep, sebuah ide atau gagasan, sebuah realisasi atau sebuah individu ataupun sekelompok. Satu hal yang pasti, manusia merupakan makhluk yang sangat luar biasa karena memiliki perpaduan sebagai makhluk spiritual dan juga material.

Ada beberapa pengertian manusia menurut para tokoh terkenal di dunia, sebagai berikut ini:

  1. Menurut Kees Bertens

Manusia merupakan makhluk yang memiliki 2 unsur, dimana kesatuannya tidak dapat dinyatakan.

  1. Menurut Sokrates

Manusia merupakan sejenis makhluk hidup yang memiliki kaki 2, tidak memiliki buku namun memiliki kuku yang lebar dan datar.

  1. Menurut Abineno J.I

Manusia merupakan tubuh yang memiliki jiwa, namun tidak berarti memiliki jiwa yang abadi.

  1. Menurut Upanisads

Manusia adalah perpaduan dari beberapa unsur, seperti jiwa, roh, fisik, dan pikiran.

  1. Menurut Janet W.k & Paula J.C

Manusia menurut kedua ahli ini merupakan makhluk yang terbuka, memiliki kebebasan dalam memilih suatu makna di setiap keadaan. Manusia bisa mengemban atau melakukan tanggung jawabnya terhadap setiap keputusan yang diambilnya dalam hidup secara kontinu.

  1. Menurut Erbe Sentanu

Manusia adalah individu atau makhluk ciptaan Tuhan yang paling baik dan sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya yang ada di dunia.

  1. Menurut I Wayan Watra

Manusia adalah sekelompok makhluk dinamis yang memiliki cakupan karsa, cipta dan juga rasa.

Ya, itulah beberapa pengertian manusia menurut para ahli atau tokoh terkenal di dunia!

Advertisement