Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

2219
Advertisement

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli sangat penting untuk para staff marketing. Selain itu, konsep pemasaran juga harus dikuasai agar tugas marketing terselesaikan dengan baik.

Pengertian marketing dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai pemasaran. Marketing ini tentu saja tidak terlepas dari sebuah perusahaan jasa maupun produksi. Pemasaran atau marketing ini sangat penting dalam sebuah perusahaan hal ini dikarenakan marketing mempunyai peran yang sangat penting yaitu sebagai penghubung antara perusahaan dan juga konsumen. Dari pengertian ini tugas marketing tentu saja sangat vital dalam sebuah perusahaan. Secara tidak langsung marketing merupakan ujung tombak dalam sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan. Oleh sebab itu, perusahaan harus memberikan perhatian lebih dalam hal marketing ini.

Advertisement

Supaya perusahaan bisa mencapai target yang sudah ditentukan diperlukan strategi marketing atau strategi pemasaran yang tepat. Dengan strategi pemasaran yang tepat perusahaan bisa dengan mudah untuk mendapatkan keuntungan dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tugas marketing tidak hanya mengetahui Pengertian Marketing saja tapi juga harus paham konsep marketing atau konsep pemasaran. Dalam pemasaran ada 4 konsep yang harus dikuasai oleh marketing agar menjadi marketing yang handal. Keempat konsep ini adalah konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran sosial, dan juga pemasaran global.

Konsep yang pertama yaitu konsep produksi. Konsep ini mengharuskan marketing mengetahui bagaimana agar konsumen bisa menyukai produk yang sudah tersedia dengan harga yang murah. Dalam konsep ini marketing manajemen harus bisa memproduksi barang dalam jumlah banyak dan memasarkannya secara luas dengan daya beli yang sesuai dengan para konsumen. Konsep pemasaran yang kedua yaitu konsep produk, disini para marketing harus bisa membuat produk yang berkualitas agar konsumen menyukainya. Sedangkan konsep yang ketiga yaitu konsep penjualan, para marketing harus melakukan promosi penjualan agar para konsumen tertarik untuk membeli barang yang sudah diproduksi oleh perusahaan.

Konsep yang ketiga ini berhubungan dengan konsep yang keempat yaitu konsep pemasaran. Konsep pemasaran ini dilakukan agar tujuan perusahaan bisa terpenuhi dengan memenuhi kebutuhan dan juga keinginan pasar yang sudah menjadi sasaran. Semua konsep pemasaran ini harus berorientasi pada konsumen yang menjadi sasaran. Dengan begitu, konsep marketing yang dijalankan bisa sukses mencapai target atau tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Jadi, secara tidak langsung pengertian marketing dan juga konsep marketing sangat berpengaruh pada keberhasilan sebuah perusahaan bisnis.

Advertisement