Pengertian Metode Menurut Para Ahli

697
Advertisement

Pengertian Metode Menurut Para Ahli memang memiliki beberapa versi dan bentuk yang berbeda-beda dari masing-masing ahli yang ada saat ini. Sehingga banyak orang yang merasa bingung untuk memahami salah satu dari beberapa definisi metode yang ada saat ini. Namun, sebenarnya dari semua bentuk definisi dari metode yang ada tersebut, semuanya memiliki tujuan dan arti yang sama semuanya. Dari tujuan dan arti tersebut, tentunya kita dapat menafsirkan dan memahami lebih dalam mengenai metode itu sendiri.

Misalnya menurut Almadk, arti dari sebuah metode itu merupakan sebuah cara yang harus di lakukan untuk menerapkan suatu prinsip-prinsip yang logis pada sebuah hasil pengujian, penelitian, dan sebuah penemuan. Sehingga jika kita dapat menggunakan metode atau cara yang benar dan tepat pada sebuah pengujian dan penelitian sehingga mendapatkan sebuah penemuan yang luar biasa, maka pada saat itulah sebuah metode tersebut dapat di katakan berhasil dan patut untuk di sebar luaskan. Itulah Pengertian Metode dari Almadk sendiri.

Advertisement

Kemudian, lain halnya dari sudut pandang Simanjuntak dan Pasaribu. Menurut mereka, definisi metode itu adalah sebuah cara atau lebih tepatnya sistematik yang perlu di lakukan untuk mencapai sebuah tujuan yang benar pada sebuah pengujian atau percobaan. Artinya apa, dalam melakukan sebuah metode yang sudah di putuskan, dalam pelaksanaannya haruslah menggunakan beberapa cara yang sistematiknya dapat tersusun secara jelas alur dan langkahnya. Sehingga dalam mencapai sebuah tujuan yang di inginkan, dapat sesuai dan tepat sasaran.

Nah, dari kedua versi pengertian tersebut saja, kita sudah dapat memahami dan menganalisa arti dari pernyataan yang di keluarkan oleh ke-dua ahli tersebut. Dimana inti dari ke-dua pernyataan tersebut memang semuanya baik dan sesuai dengan nalar atau logis bagi akal sehat kita. Dan pada dasarnya semuanya benar untuk di lakukan. Akan tetapi, hal yang bisa kita ambil dari pernyataan itu, bahwa semua jenis metode yang akan kita ambil tersebut haruslah sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada dan juga harus berjalan sesuai dengan sistematika yang ada untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Itulah pengertian metode yang sebenarnya.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Jasa dan Pengertian Komunikasi.

Advertisement