Pengertian Microsoft Excel

2418
Advertisement

Pengertian Microsoft Excel merupakan sebuah program dari Microsoft Office yang memiliki fungsi dalam pengolahan data atau perhitungan dan pembuatan grafik.

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita kerap menggunakan Microsoft Excel dalam pekerjaan. Microsoft Excel itu sendiri adalah sebuah aplikasi dari Microsoft Office yang berisikan lembar kerja dimana kita dapat membuat perhitungan, penggambaran grafik hingga menghitung data. Microsoft Office merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft yang kerap digunakan dalam pekerjaannya sehari-hari. Hingga kini Microsoft Excel telah diupgrade dengan Microsoft Excel 2013 yang telah terintegrasi pada Microsoft Office.

Advertisement

Menilik dari #Pengertian – nya, Microsoft Excel memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dalam pekerjaan, diantara fungsi Microsoft Excel tersebut adalah mengurutkan beberapa Data, melakukan sejumlah perhitungan dengan beberapa rumus, dapat membuat grafik, dapat melakukan penjumlahan secara automatis dengan menggunakan autosum. Selain itu Microsoft Excel banyak digunakan dalam pengolahan data dengan beberapa rumus yang digunakan dan bisa disimpan dalam bentuk File.

Berbeda dengan Microsof Word yang terbilang ama mudah. Mempelajari Microsoft Excel termasuk susah-susah gampang. Gampang karena mudah dalam pengoperasiannya. Dapat dikatakan sulit karena Microsoft Excel menggunakan beberapa rumus dalam mengolah data, melakukan berbagai perhitungan. Sejatinya menggunakan Microsoft Excel akan lebih praktis jika dilakukan untuk penghitungan, namun penggunaan rumus yang salah akan membuat data juga salah terbaca. Oleh sebab itu, belajarlah excel, agar anda dalam mempelajari ilmu akuntansi akan semakin mudah.

Berdasarkan dari pengertian Microsoft Excel Yang perlu diketahui di dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama. Komponen Microsoft Excel tersebut adalah:

  1. Row haeding yaitu sebuah penunjuk lokasi baris dari sebuah lembar kerja pada Microsoft Excel.
  2. Column heading yaitu sebuah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja Microsoft Excel.
  3. Cell pointer yaitu sebuah penunjuk sel yang aktif.
  4. Formula bar yaitu sebuah tempat dimana rumus diketikkan yang akan digunakan dalam lembar kerja Microsoft Excel.

Baca Juga : Pengertian Mozilla Firefox

Demikianlah pengertian Microsoft Excel, fungsinya dan beberapa komponen mengenai Microsoft Excel yang perlu untuk diketahui. Mempelajari Microsoft Excel tidak sulit ketika sudah menemukan titik temu dan memahami dari lembar kerja dari Microsoft Excel, kelebihan dari program ini adalah kemampuannya dalam menyimpan data dalam jumlah yang besar menjadikan program ini salah satu program yang paling banyak digunakan.

Advertisement