Pengertian Observasi

2917
Advertisement

Pengertian Observasi intinya adalah sebuah proses pengamatan atau pemantauan akan suatu objek atau masalah yang dari situ akan diambil laporan dan kesimpulan.

Observasi merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu secara langsung dan mendalam. Biasanya observasi dilakukan untuk mendalami suatu hal atau objek yang tidak disadari oleh banyak orang. Pengertian observasi dapat dijabarkan sebagai suatu proses memahami, mencari tahu, dan mendalami suatu objek atau peristiwa secara detail dengan cara terjun langsung dalam peristiwa atau menekan pada objek. Proses ini tergolong cukup efektif untuk mengumpulkan data-data terkait seputar objek.

Advertisement

Definisi proses observasi juga dapat diartikan sebagai pengamatan. Sebuah pemantauan secara khusus akan sebuah objek untuk mendapatkan kesimpulan tertentu. Pengamat dalam sebuah observasi harus memahami tujuan dari observasi tersebut. Observasi dilakukan dengan pengamatan yang detail dan cermat dalam kurun waktu yang lama. Selama pengamatan berlangsung, Observer atau pengamat harus mencatat segala macam kejadian atau proses supaya observasi menghasilkan sebuah kesimpulan baru. Adapun beberapa hal yang menjadi bahan observasi, yaitu pelaku yang berhubungan langsung dengan objek observasi, apa yang dirasakan pelaku, tujuan, peristiwa yang terjadi, dan juga ruang dan waktu yang berhubungan dengan objek tersebut.

Beberapa ahli sempat menyimpulkan mengenai pengertian observasi. Salah satunya yaitu observasi adalah proses pengamatan dan pencatatan setiap peristiwa atau gejala dan segala hal yang berhubungan dengan objek penelitian dengan cara sistematis. Setelah proses observasi selesai, hasilnya akan disusun menjadi sebuah laporan berdasarkan aturan tertentu. Sedangkan secara bahasa, observasi berarti mengamati atau melihat. Namun observasi tidak hanya dapat dilakukan secara langsung atau dengan cara terlibat secara langsung dengan objek, namun juga dapat dilakukan dengan cara tidak langsung misalnya dengan menggunakan pertanyaan atau kuis yang harus diisi.

Tujuan observasi adalah menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan pembelajaran atau studi. Beberapa hal yang dijadikan alasan mengapa sebuah observasi perlu dilakukan adalah untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan objek secara langsung dan jelas tanpa perlu mengira-ngira. Observasi yang dilakukan pada kalangan anak-anak biasa nya hasilnya lebih tepat daripada observasi pada orang dewasa. Hal itu dikarenakan orang dewasa cenderung tanpa sadar membuat-buat jawaban dan tidak apa adanya.

Baca juga : Pengertian Tsunami dan Pengertian Karya Ilmiah.

Advertisement