Pengertian Organ

1771
Advertisement

Pengertian Organ adalah sekelompok jaringan yang memiliki tujuan tertentu dan saling bekerja sama satu sama lain demi menunjang kehidupan makhluk hidup. Organ sendiri biasanya disusun dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi berbeda. Seperti halnya jantung, yang tersusun dari jaringan saraf, jaringan darah dan jaringan otot. Adapun struktur organ yang terdapat pada organisme bervariasi. Karena pentingnya manfaat organ ini, maka tak heran jika ada salah satu organ yang bermasalah maka organ lainnya akan berhubungan. Adapun gabungan sekumpulan organ-organ ini akan membentuk suatu sistem organ. Setiap makhluk hidup memiliki organ-organ di dalam tubuhnya. Adapun organ-organ pada setiap organisme tersebut berbeda-beda. Ada organ pada tumbuhan dan juga pada hewan hingga manusia.

Pengertian organ pada tumbuhan sama saja dengan pada hewan maupun manusia. Hanya saja berbeda nama dan fungsinya. Organ-organ yang terdapat pada tumbuhan, terdiri dari akar, daun dan juga batang. Akar pada tumbuhan sendiri berfungsi untuk membantu mempertahankan struktur tubuh dari tumbuhan tersebut, sebagai tempat penyimpanan cadangan dari makanan tumbuhan serta dapat menyerap segala unsur hara dalam tanah. Struktur organ lainnya pada tumbuhan adalah batang, yang memiliki peranan untuk menghubungkan bagian daun dan juga akar untuk menegakkan tumbuhan serta untuk penyimpanan makanan cadangan. Sementara organ-organ pada manusia dan hewan sendiri hampir sama, dimana hewan dan manusia sama-sama memiliki hidung, telinga, mata dan lidah yang termasuk organ indera.

Advertisement

Pada manusia dan hewan juga memiliki organ pernapasan yang berupa paru-paru untuk membantu sistem pernafasan. Sedangkan pada organ pencernaan sendiri terdapat hati, usus dan juga lambung yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Untuk sistem ekskresi sendiri, memiliki kulit, paru-paru dan ginjal dengan fungsinya masing-masing. Pada organ pernafasan, tubuh akan mengalami proses pertukaran antar gas. Dimana saat tubuh Anda menghirup napas maka udara akan mengisi bagian paru-paru. Sedangkan alveoli yang terdapat pada paru-paru ini merupakan balon kecil dengan peranan untuk mengisi udara. Sementara sistem pencernaan sendiri berfungsi dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh melalui bantuan berbagai organ.

Baca Juga : Pengertian Imunisasi

Ya, itulah sedikit ulasan mengenai pengertian organ dan fungsi organ untuk manusia.

Advertisement