Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

1622
Advertisement

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang mempunyai tujuan sama. Tujuan organisasi sangat baik dan banyak untuk kehidupan.

Kehidupan ini tentunya tidak terlepas dari sebuah organisasi, oleh sebab itu sangat penting bagi Anda mengetahui pengertian organisasi dan juga manfaat serta tujuannya. Sebenarnya setiap orang pasti melakukan organisasi dalam kehidupannya karena setiap orang tentu mempunyai keluarga. Keluarga inilah merupakan organisasi yang paling sederhana. Pasti Anda bertanya-tanya kenapa sebuah keluarga bisa dikatakan sebagai suatu organisasi. Secara umum organisasi diartikan sebagai kumpulan manusia yang saling bekerjasama guna mencapai suatu tujuan bersama. Dilihat dari pengertiannya saja keluarga sudah masuk dalam kategori organisasi.

Advertisement

Secara bahasa Pengertian Organisasi bisa dilihat dari kata yang menyusunnya. Organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon yang mempunyai arti alat. Sedangkan menurut istilah organisasi bisa diartikan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang untuk melakukan kerja sama secara sistematis, terkendali dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan bersama. Dilihat dari pengertian ini salah satu dasar dari terbentuknya suatu organisasi adalah tujuan bersama yang sama. Orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama berkumpul dan berupaya untuk mewujudkan keinginannya. Tujuan organisasi ini tentunya bukan mewujudkan cita-cita satu orang saja tapi mewujudkan cita-cita semua anggotanya.

Sebuah organisasi yang ideal seharusnya mempunyai tujuan jangka panjang dan juga tujuan jangka pendek. Dua tujuan inilah yang menjadi dasar kegiatan sebuah organisasi. Tanpa tujuan organisasi yang akan terjadi adalah organisasi tersebut mati karena tidak ada yang harus diperjuangkan dan juga dicapai bersama-sama semua anggota kelompok organisasi. Tujuan dari suatu organisasi juga harus dideskripsikan dengan jelas agar semua kegiatan yang dilakukan juga berorientasi untuk mencapai tujuan bersama yang sudah ditetapkan. Selain itu tujuan ini juga bisa menjadi salah satu penyemangat kerja dan juga komitmen para anggotanya.

Tidak hanya mempunyai tujuan, organisasi juga mempunyai manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan bermasyarakat. Manfaat ini bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengikuti organisasi di berbagai tingkatan. Salah satu manfaat nyata dari sebuah organisasi adalah membentuk mental individu yang berani mengungkapkan pendapat di depan umum dan juga terbiasa dalam melakukan kerja sama dalam memecahkan suatu masalah. Manfaat ini tentunya sangat mendukung dalam dunia pekerjaan yang menuntut kerjasama tim yang solid. Pemaparan pengertian organisasi, tujuan, dan juga manfaat organisasi ini tentunya bisa menyadarkan Anda betapa pentingnya berorganisasi.

Baca Juga : Pengertian Leadership dan Pengertian Pameran.

Pengertian Organisasi Oleh Para Ahli

Semua orang pasti pernah mengikuti organisasi baik menjadi anggota organisasi atau sekedar mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Ada banyak organisasi di dunia ini baik organisasi resmi, organisasi antar negara, antar kota, perorangan, kelompok semua ada organisasinya. Dengan organisasi orang menjadi lebih aktif dan bisa berkomunikasi dengan baik. Dengan organisasi orang juga akan lebih banyak memiliki teman dan juga wawasan yang baik. Memang, ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan kita mengikuti sebuah organisasi. Namun dibalik semua manfaat dengan Anda ikut organisasi apakah Anda tahu Organisasi itu sendiri.

Mengikuti sebuah kegiatan tanpa mengetahui apa pengertian dari apa yang diikuti memang seperti kita memakan buah yang masih nanggung. Rasanya akan hambar antara manis dan juga kecut. Dalam kita mengikuti sebuah organisasi memang kita harus mengetahui apa itu organisasi. Dengan demikian kita lebih tahu akan tujuan dan hal yang harus kita lakukan dengan mengikuti organisasi tersebut. Untuk kali ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai pengertian organisasi berdasarkan pendapat yang dikeluarkan oleh beberapa ahli. Bagaimana pengertian dari organisasi tersebut berikut adalah ulasannya.

  1. Chester Bernard

Chester Bernard memiliki pendapat mengenai pengertian organisasi yakni sekumpulan orang yang berkumpul untuk melakukan sebuah hal yang harus dibumbui dengan komunikasi. Dengan demikian akan timbul keinginan dari semua anggota agar dirinya bisa memiliki andil dalam kegiatan tersebut. Dalam pendapatnya ini Bernard juga membagi peranan anggota dalam sebuah organisasi dimana sebagian dari anggota harus bisa memberikan informasi, sedangkan sebagian lagi harus mengambil sebuah keputusan. Dalam berorganisasi semua orang harus aktif jika ada orang yang tidak aktif maka kegiatan bisa menjadi kurang lancar. Selain itu, jika salah satu anggota kurang aktif maka manfaat yang didapat dari organisasi tidak akan bisa didapatkan.

  1. R Schermehorn

Menurut beliau organisasi adalah orang-orang yang berkumpul membentuk suatu kerja tim yang memiliki tujuan akhir untuk mencapai kesepakatan dan tujuan untuk bersama. Beliau juga mengatakan jika antara pengertian organisasi dan juga kelompok sangatlah berbeda. Meski memiliki tujuan akhir yang sama antara kelompok dan organisasi tidak akan sama. Hal ini bisa dilihat pada karakteristik kelompok yang cenderung bisa berubah dan bisa bubar setelah satu tujuan terselesaikan. Sedangkan organisasi lebih bersifat kekal dan tidak akan bubar sebelum ada persetujuan. Dengan demikian antara organisasi dan juga kelompok menjadi berbeda.

  1. Philip Selznick

Philip Selznick juga memiliki pendapat mengenai pengertian organisasi. Dimana pengertian dari organisasi menurut beliau adalah sebuah peraturan yang dibuat secara personil atau arrangeent of personal untuk memudahkan dalam mencapai sebuah tujuan yang sebelumnya sudah disetujui dan dilaksanakan dengan fungsi dan tanggung jawab dari setiap anggota. Jadi, dalam hal ini dapat didapatkan jika dalam sebuah organisasi harus memperhatikan kerja sama, tujuan untuk bersama dan sistem kegiatan yang terkoordinasi. Selain itu dalam organisasi juga akan muncul pembagian tugas serta tanggung jawab personel yang dilakukan secara gotong royong dan bersama.

  1. Thomson

Berdasarkan Thomson pengertian organisasi adalah sebuah hubungan antar anggota-anggota khusus yang bersifat rasional serta impersonal atau adil dan bekerja sama demi tercapainya sebuah tujuan yang memiliki sifat yang spesifik dan telah ditentukan. Dalam hal ini Thomson memiliki penekanan organisasi pada anggotanya yang rasional atau yang bersifat aktif. Dalam hal ini juga Thomson mengatakan jika pemimpin adalah sebuah bagian dari organisasi yang sangat penting. Dimana pemimpin disinilah yang akan menentukan sebuah tujuan yang nantinya akan dilaksanakan bersama seluruh anggota dengan seluruh tanggung jawabnya.

  1. Robbins

Pada tahun 1996, Robbins juga mengeluarkan pendapatnya mengenai pengertian organisasi. Dimana yang dimaksud dengan organisasi adalah sebuah kerjasama sosial yang sudah terkoordinasi dengan sadar dan tidak ada batasan yang bisa diidentifikasi. Untuk fungsi organisasi sendiri adalah untuk tercapainya tujuan-tujuan yang memiliki sifat keberlanjutan serta tujuan yang bersifat sementara. Berbeda dengan Thomson dalam hal ini Robbins lebih menilai esensifitas dari anggota yang lebih terorganisasi. Begitu juga tujuan dari sebuah organisasi ini berbeda dengan Thomson yang lebih menekankan pada kepentingan pemimpinnya.

  1. Mistiani, S.sos

Lewat sebuah artikel yang dibuatnya Mistiani, S.sos mengemukakan mengenai pengertian organisasi yang merupakan bentuk yang formal dari sebuah perkumpulan, kelompok dan sekumpulan orang yang memiliki tujuan bersifat pribadi. Kemudian dari tujuan dan perkumpulan tersebut akan berusaha untuk mencapai mampu mencapai sebuah tujuan yang disepakati bersama. Dengan menggunakan tanggung jawab antar individu dan juga kerjasama dalam kelompok anggota sebuah organisasi akan berusaha untuk mencapai tujuan bersama yang sudah dibuat. Dengan demikian, hak dan kewajiban yang dimiliki oleh seluruh anggota dari organisasi tersebut bisa terpenuhi.

Dari beberapa pengertian organisasi diatas kita bisa mengetahui jika pada sebuah organisasi memiliki sebuah tujuan yang bersifat sosial. Jadi, tujuan yang akan dicapai dalam sebuah organisasi nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama baik kepentingan dari setiap individu dalam organisasi ataupun kepentingan orang banyak. Dan selain tujuan kelompok, ada juga tujuan yang dimiliki oleh setiap individu yang ada pada organisasi tersebut. Dimana dari setiap tanggung jawab dan kerjasama ini adalah demi mendapatkan sebuah penghasilan dari setiap perorangan. Meski demikian dengan kerja serius, interaksi dan juga kerjasama akan menimbulkan pertemanan yang baik serta suasana nyaman dalam setiap kegiatan dari organisasi tersebut.

Menurut pendapat dari Simon yang mengemukakan tujuan yang ada pada pengertian organisasi menjelaskan jika sasaran dari sebuah organisasi ada pada tingkatan keanggotaan yang berada dibawah. Meski memiliki peran yang penting petinggi dalam sebuah organisasi tidak bisa menyepelekan orang-orang yang dibawahnya. Dalam tercapainya sebuah tujuan dari organisasi dibutuhkan orang-orang yang berada dibawah yang akan melaksanakan semua kegiatan organisasi. Jadi penentu keberhasilan dan kelangsungan tujuan yang dibuat sendiri bergantung pada kinerja orang yang dibawah. Tujuan dari organisasi sendiri biasanya dirumuskan dan disatukan dalam sebuah visi dan misi yang dimiliki orang tersebut. Sedangkan urusan sasaran dari tujuan organisasi tersebut biasanya akan dirumuskan dalam sebuah rapat organisasi.

Baca Juga : Pengertian Negara Sifat dan Fungsinya

Organisasi adalah sebuah media penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Baik organisasi yang ada pada sebuah sekolah atau kampus hingga organisasi yang bersifat ekonomis memiliki andil yang penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Dengan adanya organisasi yang ada di sekolah ataupun kampus akan bisa membentuk mental dan sosial yang dimiliki oleh setiap anggota organisasi. Sedangkan pada sebuah organisasi yang bersifat ekonomi seperti perusahaan tentunya tujuan akhir dari organisasi ini selain untuk memenuhi kebutuhan sosial juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk mengikuti sebuah organisasi dan setelah ia bisa masuk sebuah organisasi haruslah bertanggung jawab dengan tugas yang dimiliki. Dengan demikian semua pengertian organisasi dan tujuan dari sebuah organisasi nantinya bisa tercapai.

Advertisement