Pengertian Ovulasi

1786
Advertisement

Pengertian Ovulasi yaitu proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari rahim yang berjalan menuju sebuah tempat yang disebut sebagai tuba falopi untuk dibuahi.

Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu Ovulasi yang terjadi pada wanita. Sebagai wanita, Anda harus membaca ulasan berikut ini untuk menambah wawasan Anda. Yang dimaksud dengan ovulasi yaitu proses pelepasan sel telur yang sudah matang. Pelepasan sel telur ini dari dalam rahim yang kemudian berjalan menuju sebuah tempat yang disebut sebagai tuba falopi. Dimana di bagian ini sel telur wanita akan dibuahi. Ovulasi ini umumnya terjadi 16 hari setelah siklus menstruasi ataupun 14 hari sebelum dari haid itu sendiri.

Advertisement

Itu adalah #Pengertian ovulasi pada wanita secara umum. Seorang wanita dapat dikatakan subur setelah melepaskan sel telur yang sudah matang untuk dibuahi oleh sperma. Kemampuan sel telur atau masa subur pada wanita ini hanya berlangsung sekitar 24 sampai 48 jam. Lebih singkat dibanding kemampuan sel sperma yang dapat bertahan sekitar 48 sampai 72 jam. Untuk kemampuan terbaik dari sel telur sendiri yaitu pada jam-jam pertama ketikan wanita melakukan pelepasan sel telur. Dari pengertian ovulasi yang sudah dibahas ini tentu Anda dapat membayangkan proses kehamilan bisa terjadi.

Jadi waktu terbaik untuk berhubungan intim yaitu 1 sampai 2 hari sebelum masa ovulasi. Atau Anda juga dapat melakukannya pada masa ovulasi. Pada saat itu Anda dapat melakukan hubungan intim agar cepat hamil. Begitu juga sebaliknya, jika Anda tidak ingin hamil sebaiknya jangan melakukan hubungan intim tanpa pengaman di masa itu. Untuk mengetahui masa ovulasi yang terjadi pada wanita dapat dilihat dari suhu panas badan. Pada masa ovulasi wanita yang sehat akan mengalami kenaikan suhu tubuh sekitar 1,5 sampai 1 derajat celcius. Itulah pengertian ovulasi dan kapan terjadinya yang dapat disampaikan.

Baca Juga : Pengertian Lembaga Sosial

Ada baiknya jika Anda sebagai wanita selalu melakukan pembukuan atau mencatat siklus haid Anda setiap bulannya. Anda akan lebih mudah mengetahui siklus haid Anda setiap bulannya. Dengan begitu Anda dapat menghitung secara pasti kapan haid akan dimulai dan kapan akan berhenti. Hal ini dapat membantu Anda untuk merencanakan kehamilan, baik untuk segera hamil atau untuk menghindari kehamilan. Itulah pengertian ovulasi yang terjadi pada wanita.

Advertisement