Pengertian Pemanasan Global

1710

Pengertian pemanasan global atau biasa disebut dengan global warming adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer di bumi dan di laut. Selama seratus tahun terakhir ini telah suhu telah meningkat suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat sekitar 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F). Inilah yang menjadikan pemanasan global selalu menjadi perbincangan di seluruh dunia, termasuk pada pertemuan para pemimpin negara di seluruh dunia. Di masyarakat sendiri gerakan Go Green juga semakin digalakkan untuk mengurangi pemanasan global supaya kelangsungan hidup tetap terjaga.

Dari pemanasan global tersebut, tentunya ada hal yang bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global. Faktor yang paling utama adalah karena efek rumah kaca atau pemanasan yang terjadi pada permukaan benda langit (planet dan satelit) karena komposisi dan keadaan atmosfer. Pengertian efek rumah kaca sendiri adalah efek rumah kaca dapat terjadi karena adanya peningkatan konsentrasi gas CO2 atau karbon dioksida serta gas-gas lain di atmosfer karena aktivitas manusia yang melakukan pembakaran bahan bakar minyak, pembakaran batu bara, dan bahan bakar organik lain yang tak terkendali jumlahnya sehingga tumbuhan dan laut tidak mampu lagi menyerapnya. Itulah penyebab pemanasan global yang selama ini semakin parah.

Dalam Berita Aktual hari ini, Terjadinya peningkatan suhu rata-rata atmosfer secara global dapat menyebabkan perubahan lain di bumi ini yang begitu berbahaya. Dampak tersebut di antaranya permukaan air laut meningkat, terjadinya cuaca ekstrem, gletser mencair sehingga lama-lama bisa punah, hasil pertanian mengecewakan akibat cuaca eksterm, dll. Cuaca eksterm juga bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan. Padahal kita tahu kalau hutan itu adalah paru-paru dunia yang menetralisir karbondioksida dan menyediakan oksigen untuk kita. Kalau gas CO2 dan gas-gas lain seperti semakin banyak, polusi udara akan semakin menjadi bukan? Terlebih adanya gas-gas efek rumah kaca lain seperti belerang dioksida, CFC, metana, nitrogen monoksida, dan nitrogen dioksida semakin membuat pemanasan global parah. Ternyata dampak pemanasan global begitu menyeramkan dan mengancam kelangsungan hidup makhluk hidup.

Pengertian Pemanasan GlobalMengingat begitu bahayanya dampak dari pemanasan global untuk kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya, penting bagi kita untuk ikut menjaga lingkungan supaya pemanasan global tidak semakin parah. Aktivitas manusia yang kurang menjaga lingkungan seperti penebangan hutan yang semakin menjadi, penggunaan bahan bakar yang tak terkontrol sehingga menyebabkan polusi, penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan, dll, sangat berpengaruh terhadap pemanasan global yang semakin lama semakin parah.

Baca Juga : Kode Bank BRI dan Syarat Sah Nikah

Demikianlah ulasan singkat tentang pengertian pemanasan global dan penyebab serta dampaknya. Semoga bermanfaat.