Pengertian Perkembangan

1346
Advertisement

Pengertian Perkembangan yaitu sebuah proses mutlak yang akan dialami oleh makhluk hidup. Namun tidak hanya makhluk hidup, banyak juga hal lain yang dapat berkembang atau berubah seiring perubahan waktu. Bicara mengenai perkembangan, perkembangan juga dapat terjadi misalnya pada suatu karir, usaha dan masih banyak lagi. Perkembangan merupakan salah satu wujud perubahan yang terjadi karena perputaran waktu.

Perkembangan berbeda dengan perubahan. Namun dapat dikatakan dalam setiap definisi perkembangan terjadi perubahan. Walaupun tidak semua perubahan berupa perkembangan, misalnya pada makhluk hidup. Manusia tubuh dan mengalami perkembangan. Perkembangan pada manusia terjadi sejak manusia berada di dalam kandungan. Perkembangan semacam ini juga terjadi pada proses perjalanan hidup makhluk hidup lain. Contoh lainnya pada tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan mengalami perkembangan dari awalnya hanya sebuah bibit hingga dapat berbunga atau berbuah. Dari penjabaran barusan, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian perkembangan adalah semacam perubahan positif berupa kemajuan.

Advertisement

Perkembangan pada makhluk hidup dapat di definisikan sebagai proses tumbuh yang merupakan hasil dari perubahan genetik menuju kematangan. Tanda-tanda perkembangan secara fisik pada makhluk hidup dapat dilihat dari ukuran yang bertambah besar. Pada tumbuhan pun demikian. Adapun ciri-ciri lain perkembangan dan pertumbuhan pada makhluk hidup, misalnya pada manusia terjadi kematangan genetik dan kedewasaan pola pikir. Namun perkembangan secara fisik pada makhluk hidup dapat di sebut sebagai proses tumbuh atau pertumbuhan.

Pengertian perkembangan pada makhluk hidup sebenarnya memiliki beberapa perbedaan dengan pertumbuhan. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan secara fisik. Tanda-tandanya dapat dilihat secara langsung, misalnya berupa perubahan ukuran dari kecil menjadi besar. Sedangkan perkembangan dapat diartikan sebagai wujud dari perubahan secara berkesinambungan. Dari penjabaran tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pertumbuhan merupakan bagian dari perkembangan. Pertumbuhan merupakan perubahan yang berhubungan dengan kuantitas, sedangkan perkembangan dapat meliputi hal-hal yang berhubungan dengan kualitas juga kuantitas dari sebuah objek.

Advertisement